Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Pengertian dan Fungsi dari NFC pada Smartphone



    Kenali Pengertian dan Fungsi dari NFC – Barangkali kalian pernah mendengar istilah NFC. Istilah ini sudah ada sejak lama, tetapi mulai memuncak lagi setelah fitur ini terpasang di banyak smartphone masa kini. 


Dan bisa jadi, kalian pernah melihat fitur ini ada pada smartphone kalian masing-masing.

Tetapi karena belum mengetahui fungsinya, kalian sempat tidak memedulikan keberadaannya, padahal fitur ini sangat bermanfaat.

Apa itu NFC? NFC merupakan kependekan dari Near Field Communication atau bisa juga berarti Komunikasi Media Dekat. 

Dari namanya saja kalian sudah mengetahui bahwa fitur ini tidak bisa dilakukan dari jarak jauh. Harus dilakukan secara dekat dan bahkan menempel satu sama lain. 

Untuk lebih mudah membayangkan cara kerja dari NFC ini, kalian bisa membayangkan cara kerja Bluetooth yang fungsinya hampir sama dengan NFC.

Lalu, apa fungsi dari NFC ini?


 Barangkali kalian pernah melihat seseorang menempelkan kartu toll di smartphonenya. Terlihat unik, tetapi itulah fungsi dari NFC

NFC bisa mengolah data yang ia terima dari obyek lain yang sepadan. Dan untuk kartu toll, melalui fitur NFC ini, user dapat melihat sisa saldo tanpa harus mencari alat khusus lainnya.

Cukup aktifkan NFC, tempelkan pada sisi belakang smartphone dan saldo pun muncul di layar smartphone.

Untuk memahami cara kerja NFC, silakan simak penjelasan berikut ini. NFC menggunakan teknologi bernama RFID atau Radio Frequency Identification . 

RFID pada NFC menggunakan model transfer elektromagnetik untuk mengirim atau transfer informasi dan data yang ada pada sebuah komponen pasif. 

NFC dapat digunakan guna mentransfer atau mengirim arus elektrik dari komponen pasif untuk mengirim data yang akan diolah oleh komponen aktif.

Nah, dalam kasus kartu toll tadi, kartu toll tersebut bertindak sebagai komponen pasif. 

Hal ini membuat kartu toll tidak perlu memiliki daya apapun agar NFC dapat mendeteksi isi saldo dan informasi yang ada di dalamnya. 

Nah, smartphone yang memiliki fitur NFC aktif berperan sebagai komponen aktif yang perlu memiliki daya atau power agar mampu mengolah informasi yang ada di dalam kartu toll atau jenis komponen pasif lainnya.

***

Itulah penjelasan agar kalian dapat mengenali pengertian dan fungsi dari NFC. Apabila artikel ini bermanfaat kalian bisa share artikel ini kepada banyak orang.

Terimakasih
irhan hisyam
irhan hisyam Saya Irhan Hisyam. Seorang Blogger, Suka membaca, dan Menulis Semoga memberikan manfaat luas.

Posting Komentar untuk "Kenali Pengertian dan Fungsi dari NFC pada Smartphone"