Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Makanan Kambing agar Cepat Gemuk dan Besar


Rahasia Makanan Kambing agar Cepat Gemuk dan Besar - Halo sahabat Peternak, Seorang peternak pasti menginginkan Kambing agar cepat gemuk dan Besar oleh karena itu kami akan menjelaskan jenis pakan  apa saja yang dapat membuat kambing cepat besar dan gemuk.

Sebenarnya jenis makanan Kambing  agar cepat gemuk dan besar adalah pakan yang cocok diberikan kepada kambing.

pakan yang cocok diberikan kepada kambing adalah makanan yang mempunyai kandungan gizi yang melimpah, sehingga menunjang pertumbuhan kambing.

kambing termasuk binatang herbivora, sehingga kambing hanya memakan makanan yang berbau tumbuhan, seperti dedaunan dan rumput-rumputan. tetapi tak menutup kemungkinan kambing juga mau makan buah-buahan.

Berikut adalah beberapa tips dan jenis makanan yang bagus untuk kambing agar cepat gemuk dan Besar:


Pakan Harus disesuaikan dengan umur dan kondisi Kambing

contoh pakan kambing
    
    Pakan  yang di berikan kepada kambing harus disesuaikan dengan umur dan juga kondisi hewan ternak. pakan yang diberikan harus mencukupi untuk protein, vitamin, karbohidrat dan juga mineral.

kita juga harus tahu mana makanan yang mudah di cerna, tidak beracun, murah dan mudah di dapat, dan pastinya di sukai oleh kambing.

Pada dasarnya kambing ada 2 jenis makanan yaitu:

  1.  Hijauan terdiri dari rumputan
  2. makanan tambahan yang bisa berasal dari kacang-kacangan, tepung ikan, vitamin, bungkil kelapa dan juga mineral
Berikut adalah jenis pakan kambing yang bagus untuk tubuh:


1. Pakan Hijauan Segar

Pakan Hijauan segar , memiliki beberapa kandungan nutrisi yang memang berfungsi untuk proses pertumbuhan kambing.

Pakan hijau menjadi asupan utama dari kambing, jenis pakan dari rumput - rumputan adalah jenis pakan terbaik yang diberikan sebagai pakan jenis hewan herbivora

contoh dari pakan hijauan segar seperti:
  1. Rumput Odot
  2. Rumput Raja
  3. Rumput Brachiaria
  4. Daun Singkong
  5. Daun Nangka
  6. Daun Mangga
  7. Kulit Jagung
  8. Daun ketul Sapi
  9. Daun Waru
  10. Daun Sengon
  11. Kaliandra dadap
  12. Turi
  13. Gamal
  14. Glagahan, dll
dalam hijauan segar terdapat banyak sekali kandungan karbohidrat dalam bentuk pati, gula, dan fruktosa yang memiliki peran penting dalam memberikan energi serta nutrisi bagi kambing kesayangan anda.

2. Rumput

Rumput yang dapat diberikan pakan kambing adalah sebagau berikut:

  1. Rumput Gajah
  2. Rumput setaria
  3. Rumput benggala
  4. Rumput Kolonjono
  5. Rumput Australia
  6. Sentro
  7. Rumput Lulangan, Dll.
Pada umumnya para peternak menggunakan rumput liar yag tumbuh pada tanah kosong atau sawah. Namun alangkah baiknya  para peternak di usahakan untuk menanam rumput sendiri bisa rumput odot atau yang lainnya sehingga bisa untuk memperkuat ketahanan pada kambing, terutama saat musim kemarau tiba yang susah dalam mencari rumput.

3. Konsentrat (Pakan Penguat)

Pemilihan pada pakan konsentrat dapat meningkatkan dalam produksi kambing, baik dalam pertambahan berat badan maupun susu kambing.

untuk peternakan kambing, bisa memakai konsentrat lokal dan limbah pertanian, seperti:
  • Dedak Padi
  • Jagung giling
  • Bungkul Kelapa 
  • Singkong
  • Garam 
  • dan Air Mineral

4. Singkong Taun (Singkong Karet)

Ciri - ciri pada singkong taun adalah Mempunyai daun yang lebar dan tebal, batang yang besar. meskipun batangnya terlihat besar, tetapi umbi berbentuk kecil dan akar menggembung di tanah.

bedanya singkong taun dengan singkong biasa adalah singkong taun hanya dimanfaatkan daun untuk dibuat sayur, karena umbinya tidak bisa di konsmsi.

Jumlah kandungan nutrisi protein pada singkong taun sangat tinggi sehingga baik untuk ternak kambing.

5. Suase

Suase adalah pakan ternak hijau - hijauan yang disimpan dalam bentuk segar. bedanya dengan silase , silase disimpan dalam keadaan kering sehingga pakan dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. 

Kalau suase disimpan dalam waktu jangka pendek saja. yaitu hanya untuk beberapa hari dengan tujuan untuk efisiensi tenaga. biasanya pakan suase berasal dari tananaman seperti padi padian, dan rerumputan. 

dengan adanya pakan suase dapat membuat ketersediaan makanan kambing bertambah lebih banyak dan dapat diberikan kapan saja.

Kapan Pemberian Pakan Kambing yang baik?

Pemberian pakan kambing bisa kita jadwalkan. perbedaan cukup signifikan akanterletak pada jumlah porsi makan dari jenis kambing.

Biasanya peternak kambing memiliki prinsip dan aturan masing-masing terkait jumlah yang tepat yang akan diberikan kepada pakan kambing.

Pakan kambing dapat kita berikan sebanyak 2 kali sehari yaitu pagi hari jam 8 dan sore haro jam 3 sebelum matahari tenggelam.

***
Itulah Jenis Pakan atau Makanan Agar Kambing Cepat gemuk dan Besar, apabila artikel ini bermanfaat silahkan share ke media sosial. terimakasih.
irhan hisyam
irhan hisyam Saya Irhan Hisyam. Seorang Blogger, Suka membaca, dan Menulis Semoga memberikan manfaat luas.

Posting Komentar untuk "Rahasia Makanan Kambing agar Cepat Gemuk dan Besar "