Search Suggest

RajaBackLink.com

√10+ peran dan fungsi mahasiswa dalam kehidupan di masyarakat

peran dan fungsi mahasiswa dalam kehidupan di masyarakat,Mahasiswa adalah seseorang yang tengah menimba ilmu di perguruan tinggi.
Table of Contents

Apakah Kamu Seorang Mahasiswa?

Jika iya, Mahasiswa harus memahami mengenai peran dan fungsi mahasiswa di masyarakat, sebelum membaca lebih lanjut alangkah baiknya kita harus memahami apasih yang disebut dengan mahasiswa?

Menurut Hartaji (2012), Mahasiswa adalah seseorang yang tengah menimba ilmu atau belajar dan terdaftar pada salah satu bentuk perguruan tinggi, yang terdiri dari akademi, politeknik, sekolah tinggi, institut, hingga universitas.

Jika kita melihat lebih jauh pada tatanan masyarakat mahasiswa memiliki status tertinggi dan dianggap sebagai orang yang intelek. mungkin kita masih teringat dengan peristiwa yang terjadi 1998 pada peristiwa reformasi.

Begitu besar peran mahasiswa dalam pembangunan negara. hampir kebanyakan anspirasi masyarakat tertuang di Mahasiswa. lalu sebenarnya apasih peran dan fungsi mahasiswa itu?

Berikut ini adalah informasi mengenai peran dan fungsi mahasiswa di kehidupan masyarakat:

Peran dan fungsi mahasiswa di Kehidupan Masyarakat

Mahasiswa sendiri memiliki peran dan fungsi di kehidupan masyarakat. kita sebagai mahasiswa harus tahu beberapa peran yang dijalankan oleh mahasiswa sendiri.

Berikut ini adalah beberapa peran dan fungsi di masyarakat, sebagai berikut:

Peran Mahasiswa di kehidupan masyarakat


Mahasiswa adalah kalangan akademis yang memiliki tingkat tersendiri didalam masyarakat. Potensi, kelebihan dan kemampuan yang dimilikika tidak bisa disamakan dengan rakyat lain karena kontribusinya terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara tidak bisa di anggap remeh.

Apa itu Peran ?

Peran ,menurut KBBI Edisi Keempat,  berarti sesuatu yang dimainkan atau dijalankan. peran didefinisikan sebagai sebuah aktivitas yang diperankan atau dimainkan oleh seseorang yang mempunyai kedudukan atau status sosial dalam oraganissasi.

Peran mahasiswa berarti sebuah aktivitas yang diperankan kepada mahasiswa. sehingga mahasiswa memiliki sebuah tanggung jawab untuk menjalankan peran tersebut.

Inilah beberapa peran mahasiswa di Kehidupan masyarakat:

a. Menyampaikan anspirasi dari masyarakat kepada pemerintahan

Mahasiswa adalah kaum intelektual yang tinggal bersama berbagai lapisan masyarakat. mahasiswa sering melakukan interaksi dengan masyarakat, sehingga mahasiswa lebih memahami permasalahan yang terjadi.

Mahasiswa dalam konteks ini berperan untu menganalisis masalah - masalah tersebut ,kemudian menyampaikan realita serta solusinya kepada pemerintah.

b. Pengontrol Politik

Mahasiswa dengan idealisme yang masih kuat dan pemikiran yang masih belum terpengaruh oleh kepentingan politik.

Membuat peran mahasiswa sebagai kontrol politik hal yang tepat. mahasiswa sebagai pengawas dan partisipan dalam membahas segala hal mengenai politik yang terkait dengan pengambilan keputusan masyarakat.

c. Penyambung Informasi Pemerintah 

Terkadang masyarakat kurang update mengenai peraturan baru yang terdapat di pemerintahan. bahkan antara pemerintahan da masyarakat terdapat gap. Nah disinilah Peran masyarakat untuk menjambatani antara masyarakat dan Pemerintahan.

Mulai dari aspirasi masyarakat kepada pemerintahan dan Informasi pemerintahan kepada masyarakat. mahasiswa diharapkan untuk mampu melakukan sosialisasi mengenai kebijakan pemerintah kepada masyarakat.

Selain ketiga hal diatas, secara garis besar mahasiswa setidaknya memiliki tiga peranan serta fungsi yang dapat dinilai bagi mahasiswa maupun masyarakat umum.

  • Mahasiswa Peranan Moral

Maksud dari peranan moral adalah mahasiswa dituntut untuk bertanggung jawab terhadap moral dari diri masing - masing sebagai seorang individu yang memiliki ilmu dan wawasan.

agar mampu menjalakan kehidupan dengan bertanggung jawab serta sesuai dengan moral yang ada dan hidup di dalam masyarakat.

  • Mahasiswa Peranan Sosial

Peran sosial adalah suatu peran yang sangat penting dalam suatu masyarakat karena mengatur perilaku seseorang yang berada di dalam masyarakat berdasarkan norma berlaku di dalam masyarakat.

Selain bertanggung jawab dengan diri - sendiri, mahasiswa memiliki peran sosial, artinya bahwa kehadiran mahasiswa serta segala sesuatu yang diperbuat dapat membawa manfaat bagi lingkungan di sekitarnya, masyarakat sekitar dan tidak hanya membawa manfaat untuk dirinya sendiri saja.

  • Mahasiswa Peranan Intelektual

Mahasiswa sebagai insan intelek dan harus mampu mewujudkan status yang tersemat dalam diri mahasiswa di kehidupan nyata.

mahasiswa harus menyadari fungsi sebenarnya dan dasar ketika menjadi seorang mahasiswa, yaitu mendalami ilmu pengetahuan serta memberikan pengetahuan yang  ia miliki untuk membuat perubahan ke arah yang lebih baik.

Dengan menggunakan intelektualitas atau kecerdasan yang ia peroleh selama mengenyam pendidikan di universitas.

Fungsi Mahasiswa di kehidupan masyarakat

1. Mahasiswa Menjadi Agen Perubahan (Agent of Change)

Mahasiswa memiliki peran dan fungsi sebagai agen perubahan. yang artinya bahwa mahasswa tidak hanya berperan sebagai penggagas dari perubahan. akan tetapi, juga memiliki peran sebagai objek atau pelaku dari perubahan yang ia gagas.

Mahasiswa disebut sebagai agent of change karena diharapkan unruk membuat perubahan yang lebih baik ketika terdapat suatu kejanggalan yang terjadi di lingkungan sosial.

Mahasiswa juga dianggap sebagai kelompok individu yang harus berada di barisan paling depan. melalui Paradigma atau pandangan mahasiswa yang masih netral, yang dianggap mampu melihat kesalahan - kesalahan yang diperbuat oleh negaranya.

2. Mahasiswa menjadi Kontrol Sosial (Social Control)

Fungsi yang kedua ini tidak kalah penting karena mahasiswa menjadi Social Control  maksudnya adalah mahasiswa berfungsi untuk melakukan kontrol kepada hal-hal yang bertentangan dengan nilai keadilan dimasyarakat.

Cara dilakukan dengan memberikan saran, kritik, serta solusi permasalahan sosial di masyarakat maupun bangsa. Mahasiswa adalah bagian dari masyarakat yang tentunya patut peduli dengan apa yang terjadi di lingkungan sekitarnya.

Kepedualian terhadap masyarakat bukan cuma diwujudkan dalam bentuk demo melakukan juga diwujudkan kedalam pemikiran, maupun bantuan moral dan material yang diberikan oleh mahasiswa kepada masyarakat.

3. Mahasiswa menjadi Kekuatan Moral (Moral Force)

Mahasiswa dituntut untuk memiliki suri tauladan atau akhlak yang baik, itulah fungsi dari mahasiswa sebagai Moral Force. 

Segala keputusan dan perilaku yang dibuat oleh mahasiswa akan diamati serta dinilai oleh masyarakat sekitarnya. oleh sebab itu mahasiwa harus memiliki perilaku yang baik.

selain itu, pada era informasi yang sudah kita tahu budaya dari luar mudah sekali masuk kedalam bangsa indonesia. dengan mahasiswa memiliki moral force akan lebih menjaga nilai -  nilai budaya yang berada di indonesia. sehingga tidak mudah terpengaruh dengan budaya luar.

Dengan memiliki Fungsi Moral Force, Mahasiwa harus menjaga akhlak baik sudah tidak ada lagi zaman membully atau mendiskriminasi antar mahasiswa yang berbeda. 

4. Mahasiswa menjadi Penjaga Nilai (Guardian of Value)

Selanjutnya adalah mahasiswa harus memiliki fungsi Guardian of Value  atau sebagai penjaga Nilai. contohnya saja pada era reformasi saat ini banyak sekali budaya asing  yang mulai masuk ke indonesia. dikhawatirkan budaya dari budaya asing ini mengubah budaya dari indonesia.

Oleh sebab itu, sebagai mahasiswa berperan untuk menjaga nilai - nilai baik yang terdapat di indonesia. Mahasiwa haruslah menjadi garda terdepan untuk menjaga nilai - nilai baik dan jangan sampai terkontaminasi budaya asing.

Contohnya saja mulai dari keadilan, empati, gotong royong, silaturahmi serta kejujuran harus dijaga.

5. Mahasiswa menjadi Penerus bangsa (Iron Stock)

Iron stock jika diartikan kedalam bahasa indonesia adalah stok besi. Mahasiwa menjadi Iron Stock maksudnya adalah generasi penerus bangsa serta diharapkan untuk memiliki kemampuan, akhlak yang mulia serta keterampilan untuk mampu menjadi calon pemimpin di masa depan demi bangsa.

Sebagai Iron Stock, Mahasiswa haruslah memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan dan turut mempelajari kesalahan yang sebelumnya pernah terjadi pada generasi tua atau generasi sebelumnya

Penutup

Bagaimana sudah tahukan mengenai Peran dan fungsi mahasiswa, berikut adalah ringkasan dari artikel diatas:

Fungsi Mahasiswa di masyarakat:
  • Menyampaikan anspirasi dari masyarakat kepada pemerintahan
  • Pengontrol politik
  • Penyambung informasi pemerintahan
Peran Mahasiswa di masyarakat
  • Mahasiswa menjadi Agent of change
  • Mahasiswa menjadi Social Control
  • Mahasiwa menjadi Moral Force
  • Mahasiswa menjadi Guardian of Value
  • Mahasiswa menjadi penerus bangsa
Jika Artikel ini bermanfaat silahkan bagikan dan tinggalkan komentar jika terdapat saran, kritik dan pendapat terimakasih.

Perkenalkan Nama saya irhan hisyam dwi nugroho saat ini menjadi mahasiswa di program studi Sistem Informasi di Universitas Pendidikan Ganesha

Posting Komentar