Search Suggest

Merubah Warung Biasa saja Menjadi Luar Biasa dengan Software Kledo

Kledo adalah software Akuntansi dengan fitur yang menarik dan sangat cocok untuk jenis dan skala bisnis.

Table of Contents

Motivasi dalam berbisnis tentunya sangat berbeda antara satu dengan yang lain, biasanya motivasinya diantara berikut ini:.

  1. Ingin Mencari Uang
  2. Ingin mendapatkan Pengalaman
  3. Karena Iseng-Iseng
  4. atau Karena Hobi bisnis
  5. Mandiri Finansial
Menjadi anak muda yang mandiri
Kalau saya pribadi berkeinginan ingin lebih mandiri secara finansial belajar untuk menghasilkan uang sesuai bidang yang saya tekuni dan senangi.

Perkuliahan saya masih dilaksanakan online sehingga di waktu senggang saya mencoba berbisnis. Keluarga saya membuat bisnis kecil - kecilan berupa warung.

Warung itu  adalah  usaha kecil milik keluarga yang berbentuk kedai, kios, toko kecil, atau restoran sederhana.

Bisnis yang dijalankan Warung Makmur



Di warung tersebutlah kami menjual beberapa hal mulai dari bisnis Sembako , Agen Jasa pembayaran hingga kami mencoba Bisnis Percetakan. Warung makmur berlokasi di Dusun tembakur, Kab, Banyuwangi, Jawa timur.

Kalau dihitung dari sekarang warung kami masih berumur sekitar satu tahun lebih. berikut ini adalah beberapa bisnis yang kami lakukan di warung makmur.

Percetakan 

Mengenai percetakan sendiri saya hanya bermodalkan  Printer Epson versi L3110 yang sudah termasuk didalamnya untuk fotocopy sehingga saya tidak perlu lagi membeli mesin fotokopi.

Menurutku untuk mesin fotokopi  kurang efisien jika dibeli karena di dusun saya biasanya hanya untuk keperluan fotocopy KTP atau Kartu keluarga.

berikut ini adalah bisnis percetakan saya diantaranya:

  • Fotocopy
di Printer Epson sudah tersedia untuk fotocopy sehingga bisa saya pergunakan untuk menjual jasa fotocopy untuk harganya sendiri saya masih membandrol sekira Rp1000,- untuk 3 lembar.

  • Cetak Document
Selanjutnya adalah Jasa untuk Cetak dokumen untuk harganya sendiri biasanya saya banderol untuk 1 lembar berwarna hitam putih sekitar Rp 500, Kalau berwarna saya naikkan menjadi Rp1000,- 

  • Cetak Undangan
Di dusun saya banyak hajatan - hajatan seperti telon - telon, Tingkeban, dsb. disitu saya menemukan peluang untuk membuat sekalian jasa untuk buat undangan sekalian untuk mencetak.

  • Cetak Angpau Lebaran

Pada ramadhan kemarin saya mencoba mencetak Angpau ternyata di dusun saya antusias dari masyarakat cukup banyak yang berminat.

sehingga terkadang sampai kehabisan kertas untuk mencetak. untuk kertas sendiri saya membeli lewat online karena untuk di daerah saya kertas Art paper masih belum tersedia.

Agen Jasa Pembayaran

Mengenai Bisnis Agen Pembayaran sebenarnya sudah ayah saya lakukan sebelum berdirinya warung. Dulu hanya melayani seperti pembayaran Listrik Pasca Bayar dan Pulsa HP

Pembayaran Listrik Pascabayar menggunakan sistem berlangganan sehingga untuk orang yang jauh tidak perlu datang ke rumah kami untuk membayar tagihan PLN karena biasanya ayah saya yang akan datang.

Untuk saat ini bukan cuma Listrik Pasca bayar dan Pulsa Hp. melainkan merambah ke bidang - bidang yang lain seperti menerima jasa pesanan online di marketplace atau isi E-wallet.

Berikut adalah beberapa yang kami layani di warung makmur, antara lain:

  1. Pembayaran pulsa listrik,
  2. Pembelian Token Listrik
  3. Transfer antar bank
  4. Voucher Game
  5. Transfer E-Wallet
  6. Pulsa 
  7. Paket Data
  8. Pesan Barang Online
  9. Kereta Api
  10. dsb

Warung Sembako

 Warung sembako ini sangat baru berdiri. sebelum warung sembako ayah saya cuma melayani Agen Pembayaran seperti pulsa dan Pembayaran Listrik Pasca- Bayar.

untuk warung makmur menjual beberapa kebutuhan pokok seperti:

  1. Beras
  2. Minyak Goreng
  3. Tepung terigu
  4. Galon 
  5. Gas
  6. dsb

Menjadi Pejuang Cuan dengan Maksimalkan Potensi Online


itu tadi adalah beberapa bisnis yang kamu lakukan di warung makmur. namanya bisnis menurut saya harus terdapat inovasi.

menjadi pejuang cuan di era sekarang harus selalu beradaptasi dengan zaman, dengan kita beradaptasi pastinya kita akan tidak tertinggal dengan yang lain atau istilahnya keluar dari zona nyaman.

Berikut ini adalah beberapa inovasi yang saya lakukan di warung makmur, antara lain:

 Membuat Website Warung Makmur


Pertama saya membuat website di warungmakmur.biz.id website tersebut bisa diakses dimana saja baik itu di laptop maupun di HP.

Jadi menurutku Pelanggan ketika ingin berbelanja tidak harus datang ke warung kami mereka dapat memesan secara online melalui website kamu lalu bisa kami antar sistem COD. tapi hal tersebut saya batasi hanya di dusun saya saja.

di website tersebut terdapat harga tiap - tiap produk, jika produk tersebut habis maka ada notifikasi kalau barang itu habis.

dengan adannya website menurutku barang yang ada di warung kami lebih transparan bisa dilihat oleh pelanggan dari mana saja serta mempermudah dalam pemesanan.

 Buat Akun Media Sosial 

Buat akun media sosial ini saya hanya fokuskan di platform Instagram. tidak menutup kemungkinan saya juga akan membuka di lain platform.

di intagram saya hanya menjual mengenai percetakan seperti Angpao lebaran dan cetak undangan.

Memaksimalkan Google Bussiness


untuk lebih memaksimalkan saya juga membuat Googl My bussiness sehingga warung makmur dapat dilihat lewat Google Maps mereka dapat menilai warung kami lewat Google Bussiness.

Buat  Toko Online di Marketplace

Saya berencana akan membuat Toko Online Marketplace di Tokopedia dan Shopee. tetapi saya hanya menjual untuk beberapa percetakan seperti:

  1. Jasa Cetak undangan
  2. Angpo Lebaran
  3. Jasa cetak dokumen
  4. dsb

Atur Marketing

Bisnis bukan cuma mengurusi operasional, urusan marketing menurutku adalah urusan yang sangat penting. dengan Marketing kita bisa memperkenalkan kepada pelanggan dengan lebih banyak.

adapun mengenai strategi marketing saya, antara lain:

 Mendatangkan Traffic dengan Beriklan

Banyak Platform untuk beriklan tetapi untuk saat ini saya mencoba untuk mempelajari beberapa platform yang sekiranya maksimal digunakan untuk marketing.

seperti Facebook Ads dan Google Ads selain kedua tersebut beriklan di marketplace secara lansung juga bisa saya terapkan. disini saya masih tahap mencoba-coba bagaimana komposisi yang pas untuk beriklan.

Memaksimalkan Potensi di SERP (Search Engine Result Page)

Memaksimalkan SERP artinya harus memaksimal mesin pencari supaya website kita minimal bisa berada di halaman pertama.

mencapai peringkat teratas di google harus mempunyai basic yang kuat mengenai Seo On Page dan Seo Off Page.

tentu dengan mendapatkan ranking di halaman pertama pengunjung akan banyak berdatangan ke halaman website kami.

Permasalahan Keuangan di Makmur cell


Berikut ini adalah beberapa permasalahan keuangan yang dihadapi oleh warung makmur.

Pencatatan Hutang masih Tradisional

Pencatatan seperti hutang menurut saya sangat penting disini karena memang manusia memiliki ingatan yang mudah lupa. mengenai Pencatatan Hutang masih dilakukan di kertas sehingga rentang terkena Air, Robek atau malah hilang. 

Cash Flow Uang tidak terkontrol

Maksudnya Cash Flow adalah perputaran uang yang tidak tearah. sehingga terkadang antara modal sembako dengan modal Agen Pembayaran tercampur. Tentu ini sangat membingungkan.

Apalagi ketika akan melakukan Peluanasan PLN di setiap tanggal 20 kadang terjadi kekurangan modal karena memang modal dari Agen Pembayaran digunakan untuk belanja di keperluan Warung Sembako. akibatnya kadang terkena denda Rp3000,- per transaksi.

Stock Produk tidak terkontrol

Terkadang karena semakin banyak barang di warung kami sering lupa untuk mengkontrol stok barang atau kadang barang lama tidak pernah ada yang beli sehingga kalau penjual tidak mengecek barang tersebut bisa kadaluarsa. tentu ini bisa mengecewakan beberapa pelanggan yang ingin membeli. 

Laporan Keuangan tidak tertata

Laporan Keuangan dari warung makmur masih kurang terkontrol mengenai berapa penghasilan warung per bulan. 

Itu benar - benar tidak bisa di ketahui. Menurut ku sebuah bisnis kuncinya berada di pencatatan keuangan. kalau kita tidak bisa menguasai seperti Laporan keuangan dalam bisnis ini sangat bentuk yang merugikan.

Solusi dari permasalahan tersebut adalah menggunakan Aplikasi akuntansi. 
Apa itu Aplikasi Akuntansi?
Aplikasi akuntansi dapat disebut juga dengan software akuntansi yang dapat kita artikan sebagai sebuah perangkat lunak yang melakukan berbagai tugas akuntansi dan pembukuan bisnis.

dengan menggunakan Aplikasi Akuntansi bisnis yang dijalankan akan lebih lancar serta lebih efisien. Salah satu rekomendasi Software akuntansi adalah Software Kledo.

Berikut ini adalah penjelasannya,

Kledo Software Akuntansi Online Terbaik



Buat teman - teman yang belum tahu , Kledo adalah software Akuntansi online dengan fitur yang menarik dan sangat cocok untuk jenis dan skala bisnis. 

Lebih dari 10 ribu pemilik usaha yang sudah menggunakan aplikasi kledo. dengan menggunakan software ini tentunya Pencatatan keuangan akan menjadi lebih rapi serta sistematis.

Software Kledo ini sudah berbasis Cloud sehingga kamu bisa membaca laporan dari mana saja bisa yang terpenting terdapat Akses internet.

Software Kledo buka cuma tersedia versi Desktop kamu bisa menginstal Aplikasi Kledo lewat Play Store. tentu ini sangat mempermudah kamu dalam mengelola keuangan bisnis dari mana saja.

Fitur yang terdapat di Software Akuntansi Kledo

Berbicara mengenai Fitur, Di software Kledo memiliki banyak sekali fitur yang tersedia yang bisa kamu coba

Invoice

Kamu bisa nih membuat invoice dengan lebih praktis dan Cepat. Jenis Apapun entah itu produk ataupun jasa kamu bisa menggunakan Kledo.

Mengapa Harus menggunakan Invoice Software Kledo?
  • Invoice dengan desain elegan dan Profesional
  • Invoice bisa digunakan berbagai Jenis Usaha Jasa ataupun dagang 
  • Laporan Penjualan detail dan mendalam
  • Membuat penawaran penjualan & Melacak statusnya
  • Membuat invoice dari penawaran dengan mudah
  • Menerima pembayaran Invoice bertahap
  • Perhitungan Pajak Otomatis
  • Mengimpor data Invoice dan Penawaran dalam jumlah besar
  • Stok dan Gudang tercatat otomatis
Bagaumana banyak bukan? penggunaan dari Invoice dari software kledo ini bukan cuma fitur invoice saja melain ada lagi fitur lainnya seperti dibawah ini.

Purchasing

Kamu bisa membuat Purchase Order dengan lebih cepat dan konversi purchase order menjadi faktur pembelian.

Kenapa harus menggunakan Purchasing di Software Kledo?

  • Kamu dapat mencata semua detail order
  • Membuat faktur pembelian dari purchase order 
  • Melampirkan Foto atau scan dokumen
  • Mendapatkan informasi dan statistik pembelian
  • Lakukan Pembayaran bertahap
  • Perhitungan pajak otomatis
  • Stok dan Gudang yang tercatat otomatis

Biaya

Dengan Fitur Biaya kamu bisa mengatur dan Melacak biaya bisnis dengan lebih mudah.

Kenapa harus menggunakan fitur Biaya di software Kledo?

  • Mencatat Pengeluaran dengan mudah
  • Memantau pengeluaran bisnis secara realtime
  • Melacak status pembayaran tiap transaksi
  • Saatnya Paperless, simpan bukti pembayaran di kledo
  • Kustomisasi dan kategorikan biaya sesuai kebutuhan
  • kamu dapat mengimpir semuannya denganEcel
  • Melacak Biaya Per vendo

Laporan

Kalau berbicara laporan keuangan Software Kledo memang terbaik karena menyediakan 35+ Laporan Bisnis dan keuangan sehingga kamu akan lebih mudah dalam membuat keputusan bisnis kedepannya.

Kenapa harus menggunakan Fitur Laporan di Software Kledo?

  • Mendapatkan Ringkasan Performas dari Dashboard
  • Dapat Membuat keputusan bisnis berdasar data aktual
  • Melihat Laporan Bisnis bisa dari rumah, tempat kerja atau lagi di perantauan

Aset Tetap

Dengan Software Kledo kamu dapat melacak aset tetap secara otomatis dan mendapatkan laporan secara realtime.

Kenapa Harus menggunakan fitur Aset Tetap di software Kledo?

  • Kamu dapat mencatat dan melacak aset dengan mudah 
  • Perhitungan Depresiasi otomatis
  • Mengatur Pelepasan dan penjualan aset dengan mudah
  • Terhubung dengan fitur purchasing
  • Laporan aset realtime

Inventori

Permasalahan sebelumnya di warung makmur adalah dalam pengelolaan stok. solusi yang ditawarkan di Software Kledo adalah dengan menggunakan fitur Inventory.

dengan fitur tersebut kamu dapat memantau stok dari banyak gudang secara realtime, membuat stok opname  buat surat jalan dan integrasi lansung dengan penjualan serta pembelian.

Kenapa harus menggunakan fitur Inventori dari software Kledo?

  • Memantau Produk yang laris
  • Import Dari Excel
  • Penyimpanan Multi Gudang
  • Produk Paket
  • Penyesuaian Stok
  • Stok Opname
  • Laporan Gudang Realtime
  • Perhitungan HPP Otomatis
  • Surat Jalan Terintegrasi
  • Terintegrasi dengan Fitur Invoice
  • Trnasfer Gudang
  • Kamu dapat memantau dari mana saja

Mengapa harus menggunakan Software akuntansi Kledo?




Fitur yang disediakan oleh Software Kledo sangat Lengkap. Selain fitur yang disediakan oleh Kledo ada beberapa keunggulan nih jika kamu memilih Software ini sebagai Software Akuntansi kamu.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan jika kamu memilih software Kledo, antara lain:

1 . Berbasis cloud

Kamu Bisa membuka software akuntasi dari berbagai Sistem Operasi yang berbeda contohnya kamu membuka Software Kledo dari iOS, Android, Mac, Windows, Linux dsb yang terpenting bisa mengakses internet lewat browser.

Meskipun kamu membuka Software Kledo dari berbagai sistem operasi Data dari Software Kledo itu sama karena menggunakan sistem Cloud.

2. Invoicing

Keunggulan lain adalah terletak pada invoice kamu bisa mulai meninggalkan cara lama dalam membuat invoice dengan menggunakan fitur ini. tentu kamu akan dipermudah dalam mengatur invoice.

Prosesnya dalam membuat invoice pada Software Kledo lebih cepat, praktis dan kamu dapat membuat laporan secara otomatis.

3. Purchasing

Selanjutnya kamu bisa membuat Purchase order dengan lebih cepat dan konversi menjadi faktur hanya dengan sekali klik.

4. Pencatatan biaya

Hal lain kamu dapat mencatat Pengeluaran, lacak Pos Pengeluaran dan kamu akan mendapatkan Laporan Pengeluaran secara lebih rinci.

Sehingga tidak terjadi lagi nih Boncoss... Karena Catatan Keuangan kurang teratur. 

5. Stok dan inventori

Selain itu kamu dapat melacak Stok dan Inventori Produk. melakukan Opname. bisa juga lho kamu melakukan multi gudang dan Multi cabang tentu ini sangat membuat Praktis dalam penggunakan Software Kledo.

6. Aset tetap inventori

Melacak Aset tetao dengan mudah, depresiasi aset secara otomatis dan kamu akan mendapatkan Laporan Aset Secara Realtime

7.  50+ Laporan Keuangan

Dengan Laporan Keuangan yang lengkap maka kamu akan lebih mudah dalam melakukan keputusan bisnis selanjutnya.

tentunya dengan seperti itu kamu dapat meningkatkan Proftabilitas bisnis.

Penerapan Software Kledo di Warung Makmur



Dengan Penggabungan antara Warung makmur dan Software Kledo adalah sebuah solusi.Warung Makmur bukan cuma melayani Toko  Offline saja melainkan juga menyediakan Toko Online sebagian barang seperti percetakan saya akan coba untuk dipasarkan di beberapa marketplace.

Tentunya dengan bantuan Software Kledo Bisnis yang saya jalankan di online akan lebih maksimal.

Berikut ini adalah Cara Software Kledo Membantu usaha Online, antara lain:

Auto Sinkronisasi Marketplace

Dengan Software Kledo bisa melakukan sinkronisasi otomatis di berbagai marketplace indonesia seperti Tokopedia, Lazada dan Shopee bahkan tidak cuma itu saja Software ini juga support yang berbasis WordPress atau Woocomerce.

Manajemen Inventori

Dengan fitur ini saat mengelola warung makmur lebuh mudah sehingga pelanggan tidak ada yang kecewa karena kehabisan stok.

Terintegrasi dengan software POS

Software Kledo sudah support Software Kasir atau  POS untuk pencatatan keuangan dan transaksi lebih efisien.

Pada warung makmur kedepannya insyallah akan menggunakan sistem barcode sehingga dengan bantuan Software Kledo akan membantu lebih mudah.

Pantau bisnis dari mana saja

Keunggulan yang dimiliki Software Kledo adalah dapat dipantau dimana saja sehingga kamu bisa memonitoring secara realtime pemasukan dan pengeluaran sehingga nantinya dalam laporan keuangan akan membaik.

Laporan keuangan

Melihat Laporan Keuangan akan lebih mudah tidak seperti dulu yang harus mengecek lewat kertas kadang kertas tersebut hilang.

Dengan adanya software kledo kami dapat mengecek laporan keuangan dengan mudah dalam hituangan detik.

Solusi yang ditawarkan Software Akuntansi online Kledo

Dengan Beragam Fitur dan Keunggulan pada Software Kledo tentu akan mempermudah bisnismu dan  tentunya meningkatkan profitablitas dari bisnis.

Software Kledo menjadi Solusi dari lebih dari 13 Jenis Bisnis sebagai berikut:

  • Binis Retail 
  • Jasa Manufaktur 
  • Restoran 
  • Kontraktor 
  • Trading 
  • Distributor 
  • Online Shop 
  • Bengkel 
  • Koperasi 
  • Yayasan 
  • Konsinyasi 
  • Logistik

Paket yang tersedia di Kledo


Pada Software Kledo membagi kedalam 3 kategori yang Gratis, Pro dan Elite masing - masing memiliki kelebihan tersendiri.

untuk Paket Free tentunya biaya gratis untuk tiap bulan kamu sudah bisa menggunakan Software Kledo tetapi dalam penggunaan fitur masih terbatas. Versi gratis ini cocok untuk Bisnis yang baru berdiri sehingga kamu bisa memonitoring Penjualan dan Pembelian.

Paket Pro di hargai sekitar Rp139.900/bulan kamu akan mendapatkan Akses ke beragam fitur dan kamu di support oleh layanan kledo 24/7.  selain itu ada  Keunggulan lain seperti Auto backup yang berfungsi Data kamu akan diamankan sehingga tidak hilang.

Selanjutnya adalah Paket Elite yang di banderol sekitar Rp219.900/bulan kamu akan mendapatkan semua fitur pro ditambah kamu bisa lho menambah sampai 5 user tentu ini sangat mempermudah kamu dalam mengoperasikan Software Kledo.  ditambah ada Fitur Custom Template Invoice kamu bisa merubah Invoice sesuai dengan keinginan kamu.

Kamu Bisa Coba Gratis Software Kledo

Nah.. Kebetulan banget nih Kamu bisa mencoba Paket Pro dan Paket Elite secara Gratis Selama 14 Hari. dengan waktu sekitar 2 minggu tersebut kamu bisa menentukan Bisnis kamu cocok di Paket yang mana.

Penutup:

Pada Era sekarang kita dapat mulai meninggalkan pencatatan keuangan lama seperti menggunakan kertas. tentu hal ini disamping menghemat pengguaan kertas tentu akan Lebih aman,

Kita bisa mulai bermigrasi ke dalam Pencatatan Keuangan yang lebih efisien. salah satu Pencatan Keuangan terlengkap yang pernah saya temui adalah Software Kledo.

Pada Software Kledo terdapat beragam fitur dan keunggulan yang bisa kamu manfaatkan. selain hal tersebut kamu dapat mengakses Software kledo dari beragam Operation System (OS) bisa lewat Windows, Linux, Mac, Android dan iOS.

Dengan menggunakan Software KlEDO Bisnis yang kita jalankan dapat di monitoring secara lebih realtime. kamu dapat mengakses dari tempat mana saja.

Itulah tadi Artikel mengenai cara saya merubah warung biasa menjadi Luar biasa apabila artikel ini bermanfaat silahkan bagikan kepada teman kalian.

Terimakasih.

Source:
www.kledo.com
https://kledo.com/blog/

Undergraduate at Sistem Informasi | Personal Finance | Business Development | SEO Specialist | S1 Sistem Informasi, Undiksha

Posting Komentar