Search Suggest

RajaBackLink.com

Berbagai Produk Inovasi Unair dalam Penanganan dan Pengendalian Covid-19 di Tanah Air

Sekitar 1 tahun yang lalu, masih jelas di telinga saya, yang tiba - tiba sekolah diliburkan karena wabah Covid-19, waktu itu masih teringat dengan jelas pada tanggal 15 maret 2020 dengan pagi hari yang bersiap - siap untuk pergi bersekolah, saya mengecek Whatsapp yang masuk dari grup sekolah yang mengatakan bahwa, sekolah akan libur selama 2 minggu. 

Pikiran merasa binggung seperti mengatakan ,"ada apa ini?"

dari libur 2 minggu diperpanjang hingga seterusnya karena pandemi covid-19 belum berakhir. Sekolah saya yang biasanya mengadakan UN (Ujian Nasional) dan Wisuda terpaksa dihapuskan.

Biasanya Lulusan SMA diwarnai antusiame yang tinggi, dan terpaksa dilulusan saya hanya sebuah PDF dari whatsapp yang mengatakan selamat anda lulus.

dan sekarang saya sudah memasuki semester awal di salah satu perguruan tinggi negeri.

Dunia seakan - akan memaksa kita untuk membuat terobosan/inovasi di dunia digital, dan mengubah cara interaksi yang biasanya bertatap muka digantikan dengan bertatap maya.

Inovasi Digitalisasi

Inovasi digital di indonesia


Inovasi digitalisasi hampir terjadi di berbagai bidang kehidupan, dari dunia bisnis, pendidikan, komunikasi dan lain sebagainya.

Dari semua kalangan Pendidikan Civitas Akademika di universitas mulai berlomba-lomba dalam memberikan sederet inovasi digital yang dapat membantu masyarakat khususnya

Tak terkecuali Universitas Airlangga (Unair) yang ikut serta dalam menciptakan berbagai inovasi dalam rangka penanganan Pandemi Covid-19 di indonesia

Beberapa produk inovasi yang telah dibuat Unair untuk penanganan serta pengendalian Covid-19 di indonesia, diantaranya sebagai berikut:

1.  Robot Raisa

Universitas Airlangga (Unair) Berkolaborasi dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dalam pembuatan Robot medical Assistant ITS-Unair (RAISA).

Di dalam robot Raisa terdapat banyak value contohnya, nilai kemanusiaan yang biasanya perawat atau tenaga medis yang harus berinteraksi dengan pasien sekarang dapat digantikan dengan robot Raisa.sehingga dapat meringankan beban para perawat dan tenaga medis.

Robot raisa dikendalikan oleh remote control dari jarak jauh dengan menggunakan Joystick. Robot ini memiliki monitor yang berfungsi untuk berkomunikasi antara tenaga medis dengan pasien.

2.  Robot Ultra Violet 

Institut teknologi sepuluh november (ITS) berkolaborasi dengan Universitas Airlangga (Unair) untuk menciptakan Ultra Violet ITS-Airlangga (Violetta).

Violetta berguna untuk memudahkan dalam proses sterilisasi ruangan perawatan pasien covid-19 serta menghindari kontak fisik dengan paparan sinar UV karena sangat berbahaya jika terkena manusia secara lansung.

Robot ini memiliki berat sekitar 30 Kg dengan menggunakan Platform dasar seperti yang digunakan robot Raisa sebelumnya .


3. Robot ARTA-1


Tidak bosan - bosan Unair menciptakan inovasi kembali, untuk mempermudah dalam penanganan covid-19.

Dosen Teknik elektro ciptakan robot Airlangga Robotic Triage Assistant (ARTA-1) yang di gunakan untuk asisten medis dalam penanganan pasien yang sudah terpapar COVID-19.

Robot ARTA-1  berfungsi untuk apabila ada orang yang didugaa terpapar virus COVID-19 A[akah harus mendapatkan pananganan khusus atau tidak.

Operasional dari ARTA - 1 beberapa tahapan
  1. melakukan pemindaian E-KTP
  2. Memeriksa Kondisi tubuh dengan mengukur suhu, berat badan, dan tinggi badan
  3. Tes anamnesisi melakukan konversi biner hasil tes tersebut.
  4. Menampilkan Hasil triase dan membuat dokumen dan mengirimkan ke paramedis


4.  Mobile Robot Isyana


Mobile robot Isyana memiliki fungsi utama untuk menyemprotkan cairan disinfektan pada area mana saja bisa outdoor maupun indoor.

Dengan menggunakan robot satu ini dapat mengurangi resiko dalam penularan virus COVID-19. kerangka dalam robot ini terbuat dari aluminum alloy dengan ketebalan 4mm.

Mobile Robot ini di operasikan dari jarak jauh dengan menggunakan alat remote control RF.

Produk inovasi unair


Mengenal Universitas Airlangga (Unair)


Unair adalah salah satu Universitas Terbaik di indonesia nomer 4 Menurut pemeringkatan yang dilakukan THE World University Rankings 2022.

Dan unair telah berupaya sebaik mungkin agar indonesia dapat mencapai SDGs di tahun 2030 seperti mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.

Supaya lebih jelas, anda juga bisa menonton mengenai Profil Universitas Airlangga:


***
Itulah tadi mengenai berbagai produk inovasi yang berasal dari Universitas Airlangga dalam bidang penanganan dan pengendalian Covid-19.

Semoga Universitas Airlangga  terus berkarya dan menciptakan inovasi - inovasi terbaru guna membantu indonesia dalam dampak convid-19 dan menci
Perkenalkan Nama saya irhan hisyam dwi nugroho saat ini menjadi mahasiswa di program studi Sistem Informasi di Universitas Pendidikan Ganesha

Posting Komentar