Search Suggest

Apa itu Raidforums? dan Penjelasan Kenapa Tokopedia Bocor?

pada tahun 2020, Tokopedia sempat mengalami kebocoran data. Isi pada data-data yang bocor tersebut tentunya berisi hal-hal yang sangat penting.

Apa itu Raidforums? – pada tahun 2020, Tokopedia sempat mengalami kebocoran data. Isi pada data-data yang bocor tersebut tentunya berisi hal-hal yang sangat penting. 

Dan tentu saja, hal ini membuat berbagai pihak resah dan bahkan merasa marah. Banyak orang menyayangkan bahwa situs sebesar Tokopedia dapat mengalami kebocoran data-data user yang notabene sangat penting.

Lalu, bagaimana informasi ini dapat tersebar? Informasi kebocoran data ini mulai tersebar saat diketahui bahwa data-data dalam Tokopedia dijual secara bebas di sebuah situs web. 

Karena situs ini dapat diakses khalayak umum, maka siapa pun dapat melihat dan mengecek kebenarannya. 

Dan benar saja, data-data tersebut memang data-data user yang terdaftar di platform marketplace Tokopedia.

Apa nama situs web tersebut? Situs web itu bernama Raidforums. 

Barangkali banyak dari kalian yang masih merasa asing dengan situs web ini dan memang situs web ini tidak biasa diobrolkan di antara orang-orang biasa.

 Nah, maka dari itu, artikel ini akan membahas sedikit tentang apa itu Raidforums dan kenapa situs web ini sangat terlarang.


Apa itu Raidforums?

Raidforums merupakan situs web berbasis forum yang berlokasi di Amerika Serikat, tepatnya di Kota San Fransisco, California, Amerika Serikat. Itu berarti, penampakan dan kegunaan dari website ini mirip seperti Kaskus dan Ads.id. 

Tetapi, Raidforums ini merupakan forum dimana para hacker dan penjual data terlarang berkumpul.

 Mereka yang berkumpul di sini memiliki tujuan untuk membeli ataupun menjual data-data penting, salah satunya adalah data-data rahasia pengguna Tokopedia.

Apakah Raidforums sama seperti Darkweb? Tentu saja berbeda. Perbedaan yang paling mencolok adalah bahwa Raidforums merupakan situs web yang berada pada bagian Surface Web atau dengan kata lain, website ini dapat dijangkau oleh semua orang tanpa tools khusus.

Berbeda dengan Dark Web yang memerlukan browser dan tools khusus untuk menjangkau darkweb.


Kenapa Data-data Tersebut Dijual?

Kenapa data-data rahasia seperti yang terjadi pada Tokopedia dijual? Tentu saja hal ini karena harga dari data-data tersebut sangatlah mahal. 

Sebagai  contoh, data-data yang berhasil dicuri dari marketplace Tokopedia saja dapat mencapai harga sebesar USD 5.000 atau sekitar 74,3 Juta Rupiah. 

Hal semacam ini yang membuat banyak orang tertarik untuk menjadi pencuri data penting dan menjualnya di Raidforums dan juga Dark Web.



***

Nah, itulah penjelasan tentang Raidforums. Jangan lupa untuk ikuti terus blog kami, karena kami akan update setiap minggu,terimakasih.

Semoga bermanfaat.

Undergraduate at Sistem Informasi | Personal Finance | Business Development | SEO Specialist | S1 Sistem Informasi, Undiksha

Posting Komentar