Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencoba Bisnis Cetak Undangan Pernikahan, Fotocopy dan Alat ATK di Usia Muda


Halo sahabat Pembisnis? setelah kemarin - kemarin saya membuat artikel sbmptn saat ini saya akan membuat artikel bisnis. Setelah saya melaksanakan SBMPTN tinggal menunggu hasil besok bulan juni tanggal 14. menunggu itu sesuatu hal yang jenuh untuk itu saya mencoba untuk peluang bisnis dan mencoba untuk berwirausaha di rumah. memang saya masih muda dan belum banyak pengalaman berjualan untuk itu saya membuka usaha ini agar mempunyai pengalaman dan tentunya ingin punya penghasilan dari usaha sendiri.

Usia muda itu masa yang paling tepat untuk mencoba berbagai hal termasuk ingin merintis usaha. Tenaga yang dimiliki juga berlebih sehingga sanggup melakukan banyak hal sekaligus. alasan inilah yang menjadi motivasi saya untuk berwirausaha meskipun dengan skala Mikro/kecil.

Saya juga termasuk ingin membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang. sehingga dengan membuka wirausaha ini ingin saya, ikut ambil dalam penyerapan pengguran di indonesia.


Keuntungan dan manfaat Berwirausaha ,Selain uang
memang sukses masing-masing orang itu berbeda-beda, tetapi berusaha mandiri di usia muda bukanlah hal yang salah. kita bisa mencoba peruntungan  dengan memulai sesuatu hal yang menghasilkan.

Mungkin ketika kita ingin memulai sesuatu usaha pasti kita akan membutuhkan modal, tetapi sebenarnya modal itu bisa dicari. tidak ada salahnya meminta modal kepada orang tua asalakan kamu bisa menggunakannya dengan tanggung jawab dan serius dalam melakukan usaha.

Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dalam berwira usaha,yaitu:

  • Lebih Mandiri

Dengan Berwirausaha ketika masih muda biasanya akan lebih mandiri karena mereka berhadapan dengan berbagai tantangan. mungkin saat kita mulai diawal hasilnya tidak seberapa, tetapi hasil yang tidak seberapa itu suatu saat akan bertambah jika mereka terus rajin berusaha setiap saat.

Usaha tidak akan mengkhianati hasil itulah kata pepatah bilang. maka teruslah berusaha dan tekad yang kuat dalam menjalankan usaha,


  • Menghabiskan Jatah mengalami Kegagalan

masa muda adalah waktu yang tepat untuk belajar, nantinya kita akan semakin mengerti dan semakin banyak belajar. Berwirausha memang butuh komitmen dan kerja keras.

Kegagalan  yang terjadi pada kita. akan menjadi pelajaran yang sangat berharga, yang tidak akan kalian dapatkan ketika melakukan hal lain.

  • Lebih Percaya Diri

Pada Saat berwirausaha sangat mungkin pada awalnya adalah seorang pemalu dan tidak terbiasa berbicara dengan orang banyak. namun, ketika mereka terjun lansung di dunia usaha, banyak hal yang akan berubah dari dirinya.

Mereka yang berwirausaha bisa menjadi motivator yang memberikan semangat kepada orang lain untuk tidak menyerah dalam membuka usaha. mereka akan menjadi sosok yang lebih berani dalam setiap pengambilan keputusan.

  • Masa Tua bisa Memupuk Kesuksesan

Ketika kamu melakukan wirausaha di umur 20 tahun, bisa jadi kamu akan memiliki segalanya ketika berumur 40 tahun dan itu adalah pencapaian yang sangat bagus. mereka yang melakukan usaha lebih awal biasanya akan mengalami kesuksesan di awal juga.

  • Islam Menganjurkan untuk berwirausaha


Dapat kita ketahui bersama bahwa Nabi muhammad pada awalnya adalah seorang pedagang. semenja menjadi Nabi, tentu saja pekerjaan tersebut tidak difokusi karena nabi lebih berfokus untuk mengembangkan islam dan dakwah. akan tetapi, Rasulullah sendiri juga menganjurkan agar seorang muslim dapat memiliki wirausaha.

QS. Al-Jumu'ah Ayat 10

Apabila salat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi; carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung.

Mencari kurunia tersebut berarti manusia harus berusaha. karunia dan rezeki dari Allah tidaklah datang dan turun beitu saja.

Kehidupan manusia di dunia adalah untuk melakukan suatu usaha agar sukses Dunia menurut islam, sukses menurut islam, sukses Dunia akhirat menurut islam dan cara sukses menurut islam.

Ada banyak sahabat Nabi Muhammad saw yang melakukan berwirausaha salah satunya adalah ustman bin affan. beliau pernah menggratiskan pemakaian sumur Raumah yang diwakafkan kepada umat.

usaha menurut islam yang ideal adalah sebagaimana yang dilakukan oleh sahabat-sahabat terdahulu. kesuksesan mereka tidak semakin membuat mereka jauh dari islam, sosial dan misi akhirat.


Diatas adalah sedikit mukodimah hehehe. untuk usaha yang saya rintis ini hanya membutuhkan beberapa alat dan skill, yaitu:
  • Komputer
  • Printer
  • Alat Tulis ATK.

Lalu beberapa skillnya, yaitu:

  1. Jasa Cetak Foto ( 3x4, 4x6 dll)
  2. Jasa Print Document
  3. Jasa Fotocopy
  4. Jasa Cetak Undangan (Pernikahan, Khitanan dll)
  5. Jasa Pengetikan
  6. Jasa Pembuatan Surat
  7. Jasa Menghilangkan Background Foto

Dan nantinya di usaha saya ini akan saya jual juga seperti Alat Tulis kantor seperti buku gambar, Polpen, pensil, buku, alat sekolah dan keperluan alat tulis kantor lainnya.
Nantinya Wirausaha saya hanya berfokus untuk percetakan undangan sehingga saya membutuhkan banyak katalog undangan.

Untuk harga saya akan riset pasar terlebih dahulu agar saya tahu berapa harga di sekitar daerah saya.

Nantinya wirausaha ini akan saya buatkan Blog atau website dan ditambah teknik Seo agar mendapat peringkat Google, Lalu saya daftarkan ke Google Busines nantinya alamat dari usaha saya akan muncul di Google map. Lalu selanjutkan agar lebih mengenalkan di Google saya akan menggunakan Google ads dan Facebook ads dengan target umur berkisar 23-30 tahun. dimana Usia tersebut sangat banyak kemungkinan untuk menikah.

Usaha ini insyallah saya buka setelah Hari Raya Idul Fitri 2021. Mungkin cukup sekian artikel hari ini. untuk kalian yang berwirausaha kuatkan tekad dan terus berusaha. Dunia Sukses dan Akherat Sukses.

irhan hisyam
irhan hisyam Saya Irhan Hisyam. Seorang Blogger, Suka membaca, dan Menulis Semoga memberikan manfaat luas.

Posting Komentar untuk "Mencoba Bisnis Cetak Undangan Pernikahan, Fotocopy dan Alat ATK di Usia Muda"