Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan EYD dan PUEBI dengan Penjelasan Lengkap


Irhanhisyam.com - Halo semua, Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang perbedaan EYD dan Puebi karena beberapa yang masih belum mengerti sebenarnya kita menggunakan Eyd atau Puebi. sebagai mahasiswa tentu sering di hadapkan dengan pembuatan Karya tulis ilmiah.

Apa itu bahasa?

Bahasa adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda. misalnya kata dan gerkan. Kajian ilmiah bahasa disebut ilmu linguistik.

Bahasa selalu kita gunakan untuk kehidupan sehari-hari karena fungsi yang paling utama dalam bahasa adalah sebagai alat komunikasi.

Kalau kaita berbicara sehari-hari dan Penulisan karya ilmiah itu pasti berbeda. Pembuatan karya tulis ilmiah harus sesuai aturan Ragam tulis Baku. 

Ragam Baku  adalah ragam yang dilembagakan dan diakui sebagai sebagian besar warga masyarakat pemakainnya sebagai bahasa resmi da sebagai kerangka rujukan norma bahasa dalam penggunaanya (Arifin dan Tasai,2010).


Apa yang kita Gunakan EYD atau PUEBI?

Sebagian dari kita mungkin masih mendengar bahwa standar bahasa penulisan di indonesia adalah EYD (ejaan yang disempurnakan).

Sekedar informasi aja Bahwa Perubahan sistem ejaan terutama penulisan bahasa indonesia sudah terjadi beberapa kali, pada 1947 menggunakan Ejaan Soeswandi, kemudia digganti dengan ejaan Melindo pada 1959 dan EYD (Ejaan yang disempurnakan) pada 1972 hingga 2015

Namun. pada tahun 2015, di ganti menjadi PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). perubahan ini ditetapkan di dalam peraturan menteri dan kebudayaan.

Kenapa Ejaan Perlu di ganti ?

Kalau pertanyaan nya seperti itu pasti jawabnya ada yang melatar belakanginya, (Permendikbud) RI  Nomor 50 tahun 2015 tetang PUEBI. adapun latar belakang perubahan ini antara lain:

  1. Adanya kemajuan dalam berbagai ilmu
  2. Memantapkan Fungsi Bahasa indonesia 
  3. Penulisan huruf tebal tidak dipakai dalam cetakan un menegaskn atau mengkhususkan Huruf, bagian kata, kata atau kelompok kata. di Puebi di ganti menggunakan huruf miring.
  4. Penggunaan Partikel pun pada EYD ditulis terpisan kecuali yang sudah lazim.

Apa Penting Kita mempelajari Ejaan?

Bagi Mahasiswa mengetahui adanya perubahan EYD menjadi Puebi sangat penting karena dengan mempalajari hal tersebut. bisa mempermudah saat pembuatan karya tulis ilmiah.

Apa Perbedaan Puebi dengan Eyd?

PUEBI, terkadang juga disingkat senagai Ebi, Berikut adalah perbedaanya

  1. Dalam PUEBI, terdapat penambahan huruf diftong "ei"
  2. Dalam PUEBI,Huruf kapital digunakan pada awal huruf unsur julukan
  3. Menurut Puebi, terdapat penabahan pedoman menggunakan huruf tebal/Bold.
  4. Menurut PUEBI, terdapat aturan penambahan kata "dan" pada perincian
  5. Dalam Puebi, terdapat aturan penulisan bilangan dengan huruf unsur nama geografi
  6. Dalam PUEBI, terdapat tambahan penggunaan tanda elipsis (...) untuk ujaran yang tidak selesai dialog
  7. Dalam Puebi, terdapat tambahan penggunaan tanda hubung (-) untuk bentuk terikat yang menjadi objek bahasan dan penghilangan tanda hubung diantara angka dan huruf dalam singkatan apabila melanmbangkan jumlah huruf.
  8. Dalam Puebi, partikel "Pun" tidak disambung dengan kata lain, kecuali untuk bentuk terikat pada kata penghubung atau disebut konjungsi
  9. Dalam PUEBI, terdapat aturan penggunaan tanda kurung untuk mengapit huruf atau angka sebagai penanda perincian yang tersusun ke bawah.
Sebenarnya ada 2 infografik mengenai perbedaan Eyd dan puebi silahkan kunjungi link pinterst saya karena file saya taruh disitu  (Pinterest ).

Mungkin cukup sekian artikel kali ini apabila ada sebuah pertanyaan silahkan kirimkan ke komentar insyallah akan saya jawab Terimakasih

irhan hisyam
irhan hisyam Perkenalkan nama saya irhan hisyam suka Menulis mengenai Teknologi dan Ilmu Pengetahuan buat kalian jangan pernah bosen mampir di irhanhisyam.com Terimakasih

Posting Komentar untuk "Perbedaan EYD dan PUEBI dengan Penjelasan Lengkap"