Search Suggest

Awal Mula Bahasa Indonesia dan Penemunya (Jasmerah)

Bahasa indonesia adalah bahasa nasional bangsa indonesia. Bahasa indonesia sendiri lahir pada tanggal 28 oktober 1928 yaitu pada sumpah pemuda.

Irhanhisyam.com - Bahasa indonesia adalah bahasa nasional bangsa indonesia. Bahasa indonesia sendiri lahir pada tanggal 28 oktober 1928 yaitu pada sumpah pemuda.

Ada 3 poin penting dalam sumpah pemuda 28 oktober 1928 yang harus kita tahu, yaitu:

1) bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia, 
2) berbangsa yang satu, bangsa Indonesia, dan 
3) menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Pada Saat penjajahan jepang tahun (1942-1945), Bahasa belanda dilarang digunakan untuk percakapan sehari-hari, oleh karena itu bahasa indonesia memiliki peran penting di indonesia.

Menurut Badan bahasa.kemendikbud Bahasa indonesia dinyatakan kedudukanya sebagai bahasa nasional bangsa indonesia pada 18 agustus 1945.

karena pada saat itu UUD 1945 disahkan sebagai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia.  Dalam UUD 1945 disebutkan Bahwa Bahasa negara ialah bahasa Indonesia (Bab XV, Pasal 36).

Pada  16 agustus 1972, Ditetapkanya ejaan baru, Yakni Ejaan Yang Disempurnakan (Eyd) oleh Presiden Republik Indonesia. Dengan ditetapkanya Eyd bahasa indonesia menjadi semakin sempurna dan semakin pesat penggunaanya.

Pada 26 November 2015, Eyd sudah tidak berlaku lagi dan Digantikan Oleh Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (Puebi), Dikarenakan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan untuk itu ejaan digatikan ditambah Kbbi Melakakukan Percetakan kelima (V).

kamu bisa mengakses secara daring (dalam jaringan) di kbbi.kemendikbud.go.id Lalu untuk android bisa mengunduh di Aplikasi KBBI V Bahasa indonesia di playstore.

Bahasa indonesia sendiri banyak diujikan di psikotest dan masuk perguruan tinggi jadi mulai sekarang buat kamu yang mau jadi pns atau masuk PTN bisa belajar bahasa indonesia lagi.

Lalu Siapa Penemu Bahasa Indonesia?


Kalau saya bilang penemu kesanya malah kayak menemukan barang tapi gak papalah mungkin kalian tahu. Mungkin nanti ada koreksinya hehehe.

Dikutip Dari kemendikbud,  Kemunculan bahasa indonesia tidak lepas dari peran Mohammad Tabrani Soerjowitjitro.

Beliau menerbitkan tulisan berjudul Kasihan pada 10 Januari 1926 sebagai gagasan awal untuk menggunakan nama "Bahasa Indonesia"

M. Tabrani tetap bersikukuh terhadap pendapatnya untuk menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa nasional Republik indonesia. pada mulanya Muh. Yamin Berpendapat menggunakan Bahasa Melayu .

M. tabrani menolak usulan dari Muh. yamin, maka keputusan ditunda sampai Kongres Pemuda Indonesia Kedua pada 1928.

Penerbitan bahasa Indonesia itu bertujuan agar pergerakan persatuan anak-Indonesia akan bertambah keras dan cepat.

Dari Mana Bahasa Indonesia Berasal?


Bahasa Melayu Merupakan Akar dari Bahasa indonesia. Ketika Bangsa Belanda Datang ke indonesia bahasa melayu sudah digunakan secara resmi kedua dalam korespodensi dengan orang lokal, akhirnya Bahasa Melayu dan Bahasa Belanda Bersaing Secara ketat.

Sebenarnya Bahasa Indonesia Sendiri Terbentuk dari beraneka ragam bahasa. Dari Bahasa Belanda, Inggris, Arab, China, Portugis, Persia, Hindi, Tamil, Sanskerta Dan lain-lain.

Untuk lebih jelas ini adalah beberapa kata serapan diambil dari Bahasa Arab, Yaitu:
  1. abad, abadi, abah, abdi, adat, adil
  2. hikayat, hikmah, halal, haram, hakim, haji,
  3. khas, khianat, khidmat, khitan, kiamat, (al)kitab, kuliah, kursi, kertas,
  4. syariat, salat,
  5. ilmu, insan,
Beberapa Kata Serapan Berasal dari Portugis, Yaitu:

  1. bangku (banco) 
  2. banjo (banjo) 
  3. batako (bataco) 
  4. Belanda (holanda) 
  5. beledu (veludo) 
  6. beranda (varanda) 
  7. bendera (bandeira) 
  8. biola (viola) 
  9. bola (bola) 
  10. bolu (bolo) 
  11. boneka (boneca) 
  12. botol (botelha)


Oh ya untuk next artikel saya akan berbicara mengenai, bagaimana asal mula orang menemukan bahasa? karna saya sendiri juga penasaran, 

Dan  Kebanyakan Artikel disini menjawab rasa penasaran saya. 😊

Saya akan memasukan artikel tersebut di label opini tunggu terus artikel selanjutnya insyallah sangat bermanfaat. 

Buat kalian jangan lupa buat like fanspage kami dan ikuti terus perkembangan website kami terimakasih.
Undergraduate at Sistem Informasi | Personal Finance | Business Development | SEO Specialist | S1 Sistem Informasi, Undiksha

Posting Komentar