Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Teknik Belajar Cara Belajar yang Efektif, Terbukti!



Apa sih teknik belajar? Apa penting?  


Teknik belajar atau yang lebih sering dikatakan Learning How to learn (Belajar cara belajar) ,Teknik belajar adalah cara yang dilakukan untuk  mengimplementasikan suatu metode secara spesifik singkatnya semua orang mempunyai cara yang berbeda untuk menangkap suatu pelajaran.


Ketika saya membicarakan teknik belajar ada banyak banget versinya sekitar 50-an lebih. Untuk itu saya mencoba untuk merangkum setidaknya cocok buat kalian gunakan untuk persiapan ujian.


Sebelum itu kalian bisa membaca list berikut ini untuk mendalami Learning How to learn


  1. HUTATA ( Learning How To learn)

  2. Zenius   (Belajar Efektif)


Btw, kalian bisa baca-baca artikel di blog zenius karna banyak hal-hal menarik disana.  Banyak bacaan-bacaan yang berbobot yang bisa merubah cara pandang otak kita.


Sebelum saya menyebutkan Teknik belajar, pastikan kalian mengerti mengenai 3 hal penting dalam belajar,yaitu:


  1. Rasa Takut


Rasa Takut itu penting meskipun hal ini dianggap sepele oleh banyak orang . Kamu bisa memulainya dengan takut Gagal, takut Gak lolos dll kalian bisa mengembangi diri sendiri.


  1. Ada Teori


Manusia sudah tinggal di bumi sekitar 100.000 tahun yang lalu, dan sudah mengenal mengenai alat tulis sekitar 5.000-10.000 tahun yang lalu. Sepanjang perjalanan manusia pasti ada yang bisa dipelajarin.

 

Kalian bisa mempelajari lewat buku, pod cast, audio, dan media internet. Muhammad al-fatih bisa menjebolkan konstantinopel karena telah mempelajari kesalahan orang terdahulu.


  1. Ada Action


Selain mempelajari teori kalian juga harus action, ketika kamu mempelajari teori berenang seperti  cara bernapas, teknik dalam berenang dan hal-hal lainnya apakah sudah dikatakan sudah bisa berenang?


Pasti belum kan untuk itu kamu harus bangun “Wake Up!!” dan praktekan apa yang telah kamu pelajari dari teori tersebut.


Itulah 3 tips hal penting dalam belajar kamu bisa membaca lebih lengkap di artikel zenius 


3 CARA  BELAJAR YANG EFEKTIF


  1. DELIBERATE PRACTISE (DP)


Buat kalian yang sering membaca di blog zenius pasti sudah tahu apa itu namanya Deliberate practise. Kalian bisa dengar pod cast ini atau kalian bisa melihat video hutata mengenai Deliberate practise (DP).


Kamu pasti pernah mendengar ada orang yang mengatakan sungha jung bakat bermain gitar, Ronaldo dan Messi  bakat Bermain bola. Ternyata riset yang ada membuktikan bahwa bakat tidak memengaruhi orang untuk mendapatkan Performance.


Lalu apakah pengalaman? Pengalaman atau experience juga tidak terlalu mempengaruhi. Lalu apa yang mempengaruhi? Yaitu, DELIBERATE PRACTISE.


Apa itu Deliberate Practise? Deliberate Practise (DP) adalah belajar dan latihan terus menerus secara benar.


Untuk lebih mudah mencernanya saya akan memberikan sebuah contoh sebagai berikut:


Menjadi bakat (superior performer) bermain sepak bola kamu harus membutuhkan setidaknya 20 sub skills diantaranya cara mengoper, cara menggiring bola, daya tahan dll. Untuk itu kamu harus berlatih secara terus-menerus sampai benar-benar paham, mengerti dan juga lancar.


Jadi, yang paling  penting saat menerapkan metode belajar ini yang kamu butuhkan adalah KETAHANAN DIRI (Endurance) yang kuat. Ada yang bilang Learning  is fun.Disatu sisi memang bener, di lain sisi memiliki endurance yang tinggi banget itu penting banget.  


Di teknik ini memang gak enak sekali kamu tidak akan tahu namanya Learning is fun Kamu harus paksa dirimu sampai benar-benar Perfect. Ketika kamu ingin menjadi berbakat pada suatu bidang kamu harus bersusah-susah terlebih dahulu.


  1. TEKNIK POMODORO


Pomodoro sendiri pertama dikembangkan oleh Francesco Cirillo pada tahun 80-an. Beliau mengembangkan ini karena manusia itu memiliki Short attention span atau perhatian yang terbatas.


Cara kerja Teknik Pomodoro


  1. Tentukan pekerjaan yang dilakukan

  2. Atur timer Pomodoro ( normalnya 25 menit)

  3. Kerjakan secara fokus pada tugas atau pekerjaan.

  4. Istirahat singkat (Normalnya 5 menit)

  5. Lakukan pomodoro selama 4 kali


Bagi pengguna android kalian bisa menggunakan aplikasi Focusmeter untuk komputer kalian bisa membuka di web namanya pomodoro online.


Banyak orang menggunakan cara ini termasuk saya dan memang sangat membantu saat belajar.


  1. TEKNIK FEYNMAN

sumber: zenius Education


Teknik belajar ini diciptakan oleh Richard Feynman seorang peraih Nobel fisikawan terkenal. Cara belajar beliau pertama kali terdapat dalam buku “
Genius: The lief and science of Richard Feynman” Pada tahun 1993.


Cara teknik belajar Feynman


  1. Pilih sebuah topik

  2. Catat Poin-poin Penting

  3. Coba ajarkan materi tersebut menggunakan Bahasa Sederhana

  4. Evaluasi mana yang kamu kuasai dan yang belum

  5. Coba ajarkan kembali materi yang tadi kabu belum Kuasai


Ketika kalian menggunakan teknik belajar ini kalian bisa mengetahui letak kelemahan pada suatu materi dan juga mengasaj kemampuan mengajar kamu.


Saya Berasumsi bahwa kalian sudah belajar cara belajar. lalu bagaimana kita bisa menilai bahwa kita paham materi tersebut?


Ada sebuah perkataan Albert Einstein di dalam buku “Belajar cara Belajar”. Bahwa indikator kita paham suatu materi dengan baik apabila kita dapat menjelaskan ulang materi tersebut kepada orang lain dengan menggunakan Bahasa yang sederhana sehingga mudah dimengerti. 


Untuk kalian yang sedang mempersiapkan ujian sbmptn kalian bisa membagi kedalam 4 kuadran mana yang mudah tapi sering muncul. klik disini

Ada lima poin penting pada saat belajar, yaitu:


1. Cari tahu kenapa harus belajar cara belajar? 

2. Tentukan apa tujuan yang diinginkan? 

3. Pasang pola pikir untuk maju 

4. Bangun sistem yang mendukung belajar 

5. Gunakan teknik belajar yang pas


Dalam belajar kita juga jangan terlalu memaksakan diri hingga lupa tidur, otak kita juga butuh namanya istirahat karena kita bukanlah mesin yang harus dituntut untuk terus-menerus belajar.


Jadi, Yang paling penting adalah belajar secara rutin, istirahat cukup dan berlatih


Buat kalian yang ingin mengirimkan kritik, saran atau komentar kalian bisa tambahkn dibagi apabila artikel ini bermanfaat kamu bisa share Terimakasih.


irhan hisyam
irhan hisyam Perkenalkan guys nama saya irhan hisyam suka nonton film dan bermain game tapi untuk saat ini fokus buat kebahagiakan orang tua :)

Posting Komentar untuk "3 Teknik Belajar Cara Belajar yang Efektif, Terbukti!"