Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hasil Belajar Selama ini pada UTBK 2020, Gagal bukan akhir segalanya

 

Assalamualaikum,

Sebelumnya perkenalan dulu ya gaes. di halaman about sebenarnya saya sudah berkenalan tapi ini beda dan spesial jadinya saya perkenalan lagi hehehe.

Nama Saya Irhan mungkin dari kalian ada yang bertanya ini blog sejarah tapi kok ada catatan pribadi ? saya pikir juga aneh sih. tetapi saya membuat blog ini memang karena gak ada kerjaan aja sih dirumah. (terlalu gabut buat diceritain).

Daripada cuma malas-malasan atau cuma maen game lebih baik saya buat blog ini. karena dengan blog saya bisa share pengalaman, informasi dan lain sebagainnya.

Saya menulis ini agar kalian tidak mengulangi apa yang saya lakukan. Saya membedakan orang menjadi 3 ini menurut bang sabda ceo zenius.

Orang bodoh adalah orang yang tidak bisa belajar dari kesalahanya.

Orang pintar adalah orang yang bisa belajar dari kesalahanya.

Dan orang Bijak adalah orang yang bisa belajar dari kesalahan orang lain.


Bagaimana ? coba deh dipikirkan secara pelan-pelan. kalau sudah dipikirkan lanjut membacanya.

Masa-Masa Perjuangan


Dari sebuah keberhasilan masa-masa perjuangan adalah masa-masa yang paling mengesankan. Pada masa itu ada teman yang menyemangatin atau malah toxic hahaha ngajakin maen melulu.

saya mulai belajar sebenarnya mulai januari 2020. tapi masih belum serius karena pada masa itu saya cuma masih searching informasi dari info utbk, sbmptn dan seleksi yang lainnya.

Dibilang terlambat ? iya juga

Karena seharusnya saya mencari informasi tentang tes seleksi dari kelas 1 atau kelas 2 sma. malah pada kelas tersebut saya masih kebanyakan maennya. jadinya pada kelas 3 sma seperti keteteran kalau bahasa indonesia nya apa ya?.

Buat kalian yang membaca ini masih kelas 2 atau 1 sma. mulai sibuklah mencari-cari informasi tentang tes seleksi masuk perguruan tinggi. buat kalian yang sudah kelas 3 jangan patah semangat dulu tetap cari informasinya dan temukan caranya sendiri.


MULAI BELAJAR



Saya mulai belajar bulan februari saya membeli 2 buku SKS (Sistem Kebut Semalem) dan Buku wangsit Bekas di toko online tokopedia. memang benar saya mulai belajar tapi dalam tanda kutip tidak efektif sama sekali.

Saya cuma mengerjakan soal-soal sbmptn tahun lalu dan menghafal rumus ditambah saya fokus disaintek pada bulan maret ada pemberitahuan bahwa saintek dihapus dan cuma TPS. nyesak gak. 

apa pelajaran yang bisa diambil disini?

saya beri nomer aja biar enak dibacanya 

  1. Fokus konsep jika kalian sudah mengerti konsep dengan benar soal model apapun akan bisa kalian kerjakan. soal sbmptn dari tahun ketahun tidak akan sama. kadang materi yang gak pernah dipelajari malah muncul di sbmptn.
  2. Setelah kalian sudah mengerti konsepnya barulah coba kerjakan soal-soal sbmptn tahun lalu ingat ya ini cuma menguji. kalau bisa gunakan komputer buat simulasi sendiri persis seperti utbk
  3. Kalau bisa Gunakan Laptop untuk menampilkan soal. ingatnya buat kalian yang ikut utbk sekarang sudah menggunakan komputer bukan kertas lagi. 
  4. Cari waktu yang paling sesuai kalau belajar sendiri usahain hening tanpa gangguan ini metode saya ya setelah saya riset
Saya menemukan ini malah pada saat mendekati utbk h-2 bulan. ohnya saya juga mau share tentang beberapa teknik belajar yang sangat ampuh buat belajar.

1. pomodoro

Caranya kalian stel penghitung waktu 30 menit kalian fokus belajar tidak boleh makan, cek wa, cek nontifikasi dll kalian hanya fokus belajar baru setelah melewati 30 menit atau kalian mengolasikan 5 menit buat istirahat.

Cara ini banyak orang coba dan berhasil untuk waktu fokus tiap orang berbeda-beda ada yang 25 menit, 40 menit, 1 jam kalian bisa atur suka-suka.

ada lagi teknik belajar fenymen, dun&dan, membagi 4 kuadran sekitar, teknik kinestetik, teknik mendengarkan, teknik visual coba deh kalian searching di google, Bing atau yang lainnya. 

2. Catat Materi Yang Sering Keluar

Kalian bisa membeli buku folio kalau bisa 100 hlm. stabilo, dan polpen warna kalau bisa. saya dapat informasi ini dari buku wangsit jereonayam pemilik buku ini bernama Pak Muammar beliau lolos itb dengan menyusun materi yang sering keluar dan tidak.

3. Jangan Tergesa-gesa saat belajar

Memang benar tergesa-gesa sangat tidak baik. mungkin saat belajar dulu saya sering banget frustasi ketika saya belajar materi kimia atau fisika. hampir 0 yang saya dapatkan saat belajar saya tidak menerapkan dari konsep dulu saya lansung melihat soal fisika.

Saya seperti melihat pemandangan yang membuat saya hampir menangis buat ngerjainya wuhuwuhu.

 jadi, kalian jangan frustasi ketika melihat soal ya metodenya seperti ini

Materi/konsep => Soal 

Kalau mengerjakan soal masih belum bisa kalian bisa pelajari konsepnya lagi jadi gini

Materi/konsep => Soal => Materi

diulang-ulang terus hingga kalian bisa mengerjakan soalnya ingat usahain jangan pindah materi dulu sebelum kalian kuasai materi yang kalian pelajari.

(Break dulu yang ngopi disruput dulu hehehe)

Platform Menunjang Belajar Utbk

Meskipun saya belajar utbk cuma 6 bulan dan itu rasanya masih kurang banget tapi mungkin kalau dimaksimalin masih bisa. kadang kala belajar itu melelahkan juga dan ngebosenin kalian bisa ambil satu hari untuk istirahat bisa jalan-jalan atau yang lainnya.

Saya juga mengumpulkan beberapa platform yang sangat menunjang belajar utbk terutama untuk yang belajar sendiri.

Saya rangkum dibawah ini kalian juga bisa menambahkan di kolom komentar jika ada yang direkomendasikan.

1. Twitter

Saya mulai menggunakan twitter kelas 3 sma kayak gaptek banget ya hehe. Kenapa saya kasih nomer 1 disini karena di twitter saya bisa list aktivitas belajar, cari informasi utbk, motivasi, dan catatan-catatan bimbel.

Catatan: Ketika sudah dilaksanakan utbk hari pertama  ada saja yang seperti menyebarkan soal, kisi-kisi soal saya harap kalian jangan grogi dan saranin jangan kalian membuka kayak begini karena ini sangat menyesatkan. 

dan terbukti apa yang di bilang twitter tentang utbk sangat berbeda dengan apa yang saya kerjakan.  "alih - alih dibilang pencerahan tapi hati terus merasa bersalah".

2.  Zenius Education

yap ini webste dan aplikasi belajar terkeren yang pernah saya coba  anehnya saya menemukan aplikasi ini sekitar 3 bulan menuju utbk. 

Diaplikasi tersebut kalian bisa mengerjakan soal + video pembahasan, kadang di website tersebut menggadakan Try Out secara gratis. di website tersebut ada video ampuh yang bernama Zenius Learning kalian coba deh menontonnya insyallah sangat menambah wawasan.

3. Lulus Negeri

Lulusnegeri.com, untuk kalian mengkin sangat jarang, atau malah belum tahu website ini. dan anehnya lagi saya menemukan website ini sekitar H-3 Menuju utbk (HADUHH).

kalian bisa mengerjakan soal sepasnya karena ini GRATIS. Coba kalian searching di internet tentang ini.

Untuk Platform Try Out saya sangat merekomendasikan seperti EdukaSystem, Pahamify,  dan Masukkampus. carilah try out yang berkualitas .

Mungkin cuma 3 diatas yang saya saranin kalian juga bisa memakai youtube. itu lah beberapa platform yang sangat membantu kamu dalam belajar.

Untuk buku saya hanya ngasih 2 rekomendasi buku yang pertama adalah buku wangsit dan yang ke-2 untuk rumpun soshum lebih baik beli buku sks kuning.

Mungkin inilah yang akan saya share kepada kalian, saya gak mau kalian menjadi gap year karena cuma keteledoran gak belajar, malas, kurang motivasi/dukungan, banyak maen.dan banyak lagi. 

Jangan sampai kalian mendapat seperti ini

Mau tahu rasanya gap year dibilang kuliah ya belum, di bilang kerja ya nganggur, susah lah kalau di ungkapkan. sangat sangat tidak enak untuk dicoba. buat kalian terus beljar

Mungkin cukup sekian artikel ini apabila ada kesalahan kata atau pemakaian kata saya mohon maaf, Dan terimakasih

Update 12/09/2020

 sudah lama gak update artikel ini. setelah saya gagal lolos di utbk saya mencoba untuk daftar mandiri menggunakan nilai utbk saya.

saya memilih uin sunan kalijaga tepatnya di jogjakarta, waktu itu biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000,-. saya memilih ini bukan karena alasan

Alasanya karena saya ingin belajar teknik Informatika dibarengi dengan belajar islam, menurut saya agama islam sangat dalam banget kita tidak cuma melakukan shalat tetapi dibarengi dengan akhlaq belajar tasawuf dll saya ingin mendalami itu. 

Pengumuman pun tiba yaitu pada tanggal 09/09/2020, tapi pengumuman ini kita hanya diberi link pdf untuk mengecek nama saya  jadi kalau tidak ada nama saya berarti gak lolos.

dan benar saja nama saya tidak tercantum disini. meskipun begitu saya tidak pernah bersedih, mungkin masih bukan jalanyakan  saya harus belajar lebih maksimal dan lebih mendekatkandiri kepada Allah swt. agar diberikan petunjuk.


La TahzanInnallaha Ma'ana

Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita 

wassalamualaikum.

irhan hisyam
irhan hisyam Perkenalkan guys nama saya irhan hisyam suka nonton film dan bermain game tapi untuk saat ini fokus buat kebahagiakan orang tua :)

Posting Komentar untuk "Hasil Belajar Selama ini pada UTBK 2020, Gagal bukan akhir segalanya"