Search Suggest

Teori Abiogenesis Makhluk Hidup Berasal Dari Benda Tidak Hidup


pernahkah Anda berpikir bagaimana kehidupan di alam semesta ini  terjadi? Pernahkah Anda mendengar bahwa nenek moyang kita percaya jangkrik berasal dari rumput teki, lele berasal dari tikus, atau belatung timbul begitu saja dari hewan yang membusuk? Umat beragama, seperti Islam dan Nasrani, percaya bahwa alam beserta isinya tidak timbul begitu saja, melainkan diciptakan oleh Tuhan. Akan tetapi, manusia selalu tidak puas dan selalu ingin tahu. 

Oleh karena itu, sejak ratusan tahun sebelum masehi, ilmuwan atau filsuf zaman itu telah berpikir dan menganalisis bagaimana asal mula kehidupan di muka bumi Berdasarkan pemikiran para ilmuwan tersebut, muncullah berbagai teori asal mula kehidupan, seperti teori abiogenesis (generatio spontanea), biogenesis, panspermia, neoabiogenesis, dan teori penciptaan. Tentunya, Anda pernah mempelajarinya, bukan? Ya, tentu. Untuk lebih mengingat dan memahaminya kembali, marilah kita bersama-sama membahas teori tersebut. 

TEORI ABIOGENESIS (GENERATIO SPONTANEA) 

Teori ini tergolong paling awal berkembang dan berpendapat bahwa makhluk hidup timbul begitu saja dari benda tak hidup. Teori ini dipelopori oleh seorang filsuf Yunani yang bernama Aristoteles (384-322 SM). 

Hal ini sesuai dengan pemikiran saat itu yang belum ditunjang dengan teknologi modern dan cenderung melihat fakta tanpa melalui pembuktian secara ilmiah. Sama seperti Aristoteles, nenek moyang kita pun sering berpendapat tentang asal usul hewan tumbuhan yang timbul begitu saja dari benda tak hidup Bagus! Anda sudah mencobanya. 

Tentunya, jawaban Anda akan bervariasi, tergantung pada daerah dan budaya masing-masing. Para petani kita zaman dulu percaya bahwa jamur merang timbul begitu saja dari merang padi. Mengapa? Karena, keterbatasan pengetahuan mereka tentang pertumbuhan dan perkembangbiakan jamur. Apakah Anda setuju bahwa jamur merang timbul begitu saja? Pasti tidak, bukan? Jamur merang timbul karena adanya spora jamur yang tumbuh pada media merang padi yang sedang membusuk. 

Tidak hanya nenek moyang kita, ternyata nenek moyang bangsa Babilonia juga percaya bahwa cacing dan makhluk hidup lainnya timbul begitu saja dari lumpur. Teori ini memang kurang memiliki dasar yang kuat secara ilmiah, tetapi dapat bertahan sangat lama. Bahkan, 

Anthonie Van leeuwenhoek (abad ke- 17),

sang penemu mikroskop pun mendukung teori abiogenesis. Leuwenhoek mengamati air rendaman jerami dengan mikroskop buatannya, ternyata ditemukan protozoa. Ia pun berpendapat bahwa hewan tersebut timbul begitu saja dari air rendaman jerami.
Undergraduate at Sistem Informasi | Personal Finance | Business Development | SEO Specialist | S1 Sistem Informasi, Undiksha

Posting Komentar