Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TlPS-TIPS MENJELANG SNMPTN MUDAH


Zetsu13.com - Siapa yang disini mau meneruskan ke perguruan tinggi ya pasti semuannya ingin termasuk saya sendiri apalagi perguruan tingginya sesuai dengan kita harapkan pasti akan senang berikut adalah tips - tips menjelang SNMPTN.

 One Month Before 


  •  Belajarlah metode "potong kompas". Waktu sebulan bisa dikatakan sebagai ”darurat perang'. Tidak ada waktu lagi untuk belajar secara mendetail. Belajarlah mulai dari konsep konsep yang terpenting saja. dan jika masih ada waktu barulah meluas ke hal hal lam secara mendetail. Hal penting yang harus diperhatikan dalam belajar sistem ini, yaitu pahamilah estimasi dan komposisi soal yang akan keluar. Untuk kepentingan ini, kamu bisa melihat komposisi dari soal soal tahun lalu. Kemudian pahamilah jenis-jenis soal seperti apa yang memiliki kemungkinan lebih besar untuk muncul. Kedua hal ini sering dilakukan oleh lembaga bimbingan belajar dalam masa persiapan SNMPTN. ini akan memberikan arahan strategi belajar efektif. 


  •  Targetkan dalam setiap 3 hari harus dapat menyelesaikan ! paket soal ujian dengan tata cara pengerjaan sesuai dengan petunjuk soal tersebut. Pertama kerjakan layaknya ujian tes beneran. lalu bedah soal hingga semua soal bisa kalian pahami. 
  •  Perbanyak model be|ajar dari soal ke teori. Artinya, kerjakan soal baru jika kalian tidak bisa mengerjakannya coba buka buku catatan kalian untuk membantu menemukan jawabannya. Untuk itu, miliki panduan materi, soal soal SNMPTN tahun sebelumnya, dan prediksi soal beserta pembahasannya. Soal SNMPTN biasanya jenis dan model soal nya sebagian memiliki kesamaan dari tahun tahun sebelumnya. Bahkan, biasanya ada Juga soal soal yang dikeluarkan kembali dari soal tahun sebelum sebelumnya. So, dengan menguasai pembahasan soal soal SNMPTN tersebut, maka kalian juga paham tingkat kesulitan kesulitan dalam soal SNMPTN. 
  • Berdasarkan jumlah soal dan waktu yang disediakan, maka bila dirata-rata waktu yang diperlukan adalah 60 detik per soal. So, latihlah untuk bisa menyelesaikan soal dengan benar dan tepat dalam waktu 60-90 detik per soal. 
  •  Ikuti Try Out yang diselenggarakan oleh bimbel dengan sebaik baiknya. Jangan sekali-kali mencoba untuk mencontek! Kerjakan sendiri sesuai kemampuanmu, karena dari situ kamu akan tahu mana yang masuh menjadi kekuranganmu. Kalian juga akan terbiasa menjawab dengan menggunakan UK sehingga akan terhindar dari kesalahan teknis pengisian UK pada saat SNMPTN nanti. 
  •  Catat perolehan nilai setiap kali latihan mengerjakan soal soal UMPTN pada tabel (terlampir) dan buat grafik. Usahakan mendapat graGk yang menunjukkan peningkatan dari waktu ke waktu. Bila perlu dapatkan skor total minimal 70% agar paling tidak secara kemampuan akademis merasa lebih siap. Tugas manusia adalah berusaha, Tuhanlah yang menentukan. Perbanyaklah berbuat baik dan berdoa. Mintalah doa dan restu dari kedua orangtua kalian. Bagi kalian yang beragama muslim, perbanyaklah ibadah sunnah, misalnya shalat qiyamul lail, puasa Senin Kamus, shalat dhuha, dll.

Two Weeks Before ! 
  •  ( Ini merupakan masa-masa untuk mengurusi pendaftaran. Dengan berbagai penimbangan, pastikan kamu sudah mantap memullh dua atau tiga jurusan terbaik untuk masa depan kamu. 
  • Berburulah informasi pendaftaran secara detail. Jangan sampai telat mendaftar. Pastikan kamu tahu cara atau prosedur mendaftar secara on line di sutus snmptn.ac.id, jangan sampai salah ! Bagaimana cara membayar, memasukkan PIN, dst. Dalam hal ini kamu harus tahu internet. Gmi hari klo sampe gak tau internet....capek dehhh!! Kalo sudah selesai semuanya, cetak kartu ujiannya dan tanda tangani, periksa foto dan segala kelengkapannya, cek kembali perlu tidaknya verifikasi. 
  •  Program try out harus terus kalian Ikuti. Kerjakan sendlri sesuai kemampuanmu untuk mengetahui sejauh mana peluang kalian lolos. 
  •  Berlatihlah menyelesaikan soaI soal SNMPTN atau soal prediksinya dan periksa sendiri jawaban kamu dengan mencocokkan kunci jawaban yang biasanya tersedia. Lanjutkan terus program belajat One Month Before. 
  •  Mulailah menyiapkan perlengkapan ujian yang kamu butuhkan, seperti pensil, mistar. dan penghapus. 
  •  Jangan keseringan tidur malam. Jaga kesehatan agar tetap m dengan berolah raga dan mengonsumsi makanan bergizi.


Two Days Before 


  •  Tentu pada hari ini semua kelengkapan ujian sudah di tangan kalian, utamanya nomor kartu peserta ujian. Cek lokasi ujian berdasarkan kartu ujian yang sudah kamu miliki. Usahakan kamu tahu jalan menuju Iokasi ujian, di mana toiletnya. di mana tempat parkirnya, di mana mushola, dan di mana tempat dudukmu.


  • Perhitungkan jam berapa kalian harus berangkat ketika mau ujian. Cek berapa waktu yang diperlukan dari rumah menulu lokasi ujian, dan gunakan perhltungan apab||a jalan yang dilewati macet karena banyaknya peserta ujian. 
  •  Jangan terlalu memforsir dlri dalam belajar. Jika dituruti akan terasa ada materi yang belum dlkuasai. Kurangi kegiatan belajar kamu, cukup mengulangi kembali beberapa materi yang kamu anggap perlu. Bahkan jika perlu, hentikan saja kegiatan belajar kamu dan manfaatkan waktu untuk istirahat. 
  • Baca kembali petunjuk pelaksanaan SNMPTN, Paham: dengan jelas aturan aturan yang diberlakukan dalam seperti tata tertib pelaksanaan SNMPTN. Jangan sampan pikiran kalian stress. Ibarat pemain sepak bola, bermainlah tanpa beban. Perbanyak kegiatan hiburan dan kegiatan bersenang senang lainnya sehingga perasaan kamu menjadi rileks dan tidak terbebani. 
  •  Baca kembali jadwal ujian, dan periksa kembali perlengkapan belajar kamu. Jika ada yang belum lengkap segera lengkapi. 
  •  Siapkan pakaian yang akan dipakai esok hari lengkap dengan sepatu dan kaos kaki, jangan remehkan hal kecil ini karena bisa merusak konsentrasi saat mendadak mencari di pagi hari. Pasukan kondisi sepeda motor atau mobil yang kamu pakai dalam kondisi baik, mesin tidak masalah, bensin terisi dan ban tidak kempes, helmjuga siap. 
  •  Malam Sebelum ujlan, tidurlah |ebih cepat dari biasanya agar fisik kamu benar benar prima dan tidak mengantuk saat ujian berlangsung. Bagi kalian yang beragama muslim, jangan lupa bangun di malam hari untuk meminta petunjuk dan pertolongan Tuhan.


    The War ls Begin....! 

 Pertempuran pun akan segera dimulai, sudah siapkah kalian? Harus siap! Jangan grogi, tetap tenang, dan yakin menang. J Bangun pagi pagi. Jangan lupa sarapan dan meminta restu kedua orangtua sebelum berangkat ke sekolah. !
Cek kembali semua alat ujian saat akan berangkat, masukkan dalam kotak pensil!
a.  kartu peserta ujian,
b. pensil 2b (minimal 3 pensil dalam kondisi teraut siap pakai),
c. apan penggaris, .
d. papan pengalas,
e. penghapus (kondisi baru),
f. rautan, dan
g. jam tangan (jika ada) sebelum tidur.


  • Datanglah minimal 15 menit sebelum ujian dilaksanakan, tujuannya agar kalian punya waktu untuk mempersiapkan mental dan Gsikmu yang akhirnya akan membantumu untuk lebih berkonsentrasi selama mengerjakan ujian, namun jangan hadir terlalu lama (lebih dari 30 menit) karena akan membuat tegang. ! 
  • Jangan grogi, optimis. tenang, dan percaya diri. Sebelum mengerjakan ujian, biasakan untuk berdoa. Dengan berdoa kamu akan lebih percaya diri dan siap mengerjakan ujian. Santailah dalam mengerjakan setiap ujian. Sebab kondisi tegang saat ujian akan merusak konsentrasumu.


  • Baca peraturan dengan saksama. Sebelum mulai mengerjakan ujian, bacalah perintah soal ujian dengan balk dan tidak terburu-buru. Sebab sering kali perintah untuk menjawab tidak sesuai dengan ujian yang lainnya. Pada saat mengerjakan, pillhlah soal yang kamu anggap mudah/bisa dengan cepat menjawabnya. Hal ini akan membantumu mengurangi pemborosan waktu menjawab. 


Ingat, soaI-soal SNMPTN dirancang tidak untuk dikerjakan semua!

  •  Dalam menjawab, langsung abalkan Jawaban yang kamu tahu salah. Jika tidak yakin benar, jangan memaksakan diri untuk asal menjawab. Pilihan pertama akan jawabanmu blasanya benar, jangan menggantinya kecuali bila kamu yakin akan koreksi yang kamu lakukan. 
  •  Sekali lagi. ketlka menjawab soal. usahakan kalau benar benar tidak bisa menjawab, jangan diisi jawabannya. Namun, ka|au itu fifty-fifty (seperti banyak soal menjebak di Bahasa Indonesia). kalian boleh tetap mengisi jawabannya. Kalaupun harus mengawur, usahakan tak lebih dari nga soal di tiap jenis materi ujian. Sistem peni|aian SNMPTN memiliki bobot nilai jawaban +4 kalau benar, -1 kalau salah, dan 0 kalau tldak diisi. Oleh karena itu, berhati hatilah dalam mengisi setiap jawaban soal. Baca pilihan ganda terlebih dahulu, baru baca soalnya. So, sembari membaca soal kalian sambil membayangkan baglan mana yang menjadi jawabannya atau harus dikerjakan dengan cara apa soal tersebut. 
SUMBER :BUKU SBMPTN IPA 
irhan hisyam
irhan hisyam Perkenalkan guys nama saya irhan hisyam suka nonton film dan bermain game tapi untuk saat ini fokus buat kebahagiakan orang tua :)

Posting Komentar untuk "TlPS-TIPS MENJELANG SNMPTN MUDAH "