Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Jurusan Agar tidak menyesal


zetsu13.com - Tips Memilih Jurusan Haruskah kita kuliah di PTN favorit jurusan favorit? Memang jawabannya tidak harus. Tapi ingat, di mana kita kullah dan jutusan apa yang kita pilih akan menentukan masa depan kita. Setidaknya. kualitas keilmuan dan pengajaran, serta iklim belajar dl PTN favorit akan menjadikan kita menjadi “leblh spesial" bila dlbandmgkan kuliah di universitas biasa. Harapannya kita bisa jauh lebih sukses, dan memang sudah banyak yang membukukannya! Dalam menghadapi SNMPTN, setlap siswa dihadapkan pada masalah pemilihan jurusan yang terkadang sering dllematis. Hal ini terjadi karena banyak dari siswa yang tidak tahu bagaimana strategi memilih jurusan. ldea|nya, dalam persuapan menghadapi SNMPTN, sejak dini siswa harus menentukan jurusan apa yang akan dipilnh dan di PTN mana.

Dalam hal memiluh jurusan harus disesuaikan dengan bakat dan minat, namun dengan tetap mempertlmbangkan kemungkinan untuk diterima di jurusan tersebut. Strategi yang perlu dilakukan adalah:


  •  Pertama, Ukurlah sejauh mana kemampuan yang dimiliki, baik kemampuan finansial maupun kemampuan akademlk. Misalnya. fakultas kedokteran memang jurusan yang menjanjikan. tapi ingat masa studi rata-ratanya mencapai 5-6 tahun dan biaya praktlkum relatif lebuh mahal. Persaingan memasukmya pun sangat ketat. Jika daya dukung ekonomi ortu paspasan, tentu akan mendapat banyak masalah, lain cerita jika ortu Anda mampu untuk membiayainya. Untuk mengetahui seberapa besar kemampuan akademlk yang dimiliki, lakukan try out secara berkala, atau melakukan simulasi di rumah. Setelah mengetahui nilai yang dapat dicapai. barulah dltentukan Jurusan dan PTN yang tepat. 


  •  Kedua, Kenali jurusan jurusan yang ada di PTN, terutama jurusanjurusan yang diinginkan. Pertimbangkan passing grade nya, daya tampung serta banyaknya peminat pada jurusan jurusan yang diinginkan. 
  •  Ketiga, Tempatkanlah jurusan impian (optimistis) pada pilihan 1. Dan pilihlah pilihan kedua di jurusan yang aman, tetapi masih merepresentaslkan keinginan. 
  •  Keempat, Mintalah dukungan dari orangtua, saudara, teman dekat. atau seseorang yang teramat spesial untuk memberikan dorongan semangat demi terwujudnya impian ka|ian. Selain itu perlu juga di pertimbangkan tentang biaya hidup, tempat tinggal, keadaan lingkungan/ sistem pergaulan, dsb. Perbesar peluang kalian untuk lolos SNMPTN dengan cara melakukan penempatan urutan pilihan jurusan secara benar. 
irhan hisyam
irhan hisyam Perkenalkan guys nama saya irhan hisyam suka nonton film dan bermain game tapi untuk saat ini fokus buat kebahagiakan orang tua :)

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Jurusan Agar tidak menyesal"