Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peristiwa dan kronologi terjadinya Andi Azis di Makasar

 Tanggal 5 April 1950 di Makasar terjadi pemberontakan yang dilakukan oleh kesatuan bekas KNIL di bawah pimpinan Kapten Andi Aziz, yang sebelumnya menjabat ajudan Wali Negara Bagian Timur. Beserta anak buahnya mereka menawan Pejabat Panglima Teritorium Indonesia bagian Iimur yakni Letkol Achmad Yunus Mokoginta beserta stafnya Andi Aziz menuntut agar pasukan-pasukan APRIS bekas KNIL saja 'yang bertanggung jawab atas keamanan di daerah NIT.
      Ia menentang dan manghalangi masuknya pasukan APRIS dari TNI yang sedang dikirim dari Jawa di bawah pimpinan Mayor Warong. Andi juga menyatakan bahwa NIT hams dipertahankan supaya tetap berdiri. Setelah batas waktu ultimatum yang diberikan oleh Pemerintah RIS kepada Andi untuk menghadap ke Jakarta guna mempertanggungiawabkan perbuatannya tidak dipenuhi, pemerintah mengirimkan pasukan ekspedisi untuk menumpas pemberontak itu,
            pasukan ekspedisi dipimpin oleh Koionel Alex Kawilarang. Terjadilah pertempuran sengit antara pasukan KNIL dengan pasukan APRIS di Makasar antara bulan Mei hingga Agustus 1950, sedangkan Andi Aziz sendiri teiah menyerahkan diri lebih dulu yaitu hulan April. Akhimya Makasar dan sekitamya dapat dikuasai kembali oleh pasukan APRIS.

SIAPAKAH ANDI AZIS ITU ?



Andi azis yang dikenal karena keterlibatannya dalam Peristiwa Andi Azis adalah seorang
 tokoh militer Indonesia
lahir : 19 september 1924 di simpangbinangal kabupaten barru 
andi azis adalah seorang keturunan dari bugis sulawesi selatan 
irhan hisyam
irhan hisyam Perkenalkan guys nama saya irhan hisyam suka nonton film dan bermain game tapi untuk saat ini fokus buat kebahagiakan orang tua :)

Posting Komentar untuk " Peristiwa dan kronologi terjadinya Andi Azis di Makasar"