Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 sahabat Nabi Muhammad yang mendapatkan penyiksaan


sahabat Nabi Muhammad Saw. yang mendapatkan tantangan dari kaum kafir Quraisy?
tantangan tersebut dapat berupa sebuah penyiksaan yang sangat luar biasa

Mereka adalah:

1.    Khadijah binti Khuwailid (istri Nabi Muhammad Saw.)

Dalam sejarah dakwah Nabi Muhammad Saw. peran Khadijah sangat penting. Khadijah selalu mendukung perjuangan dakwah Nabi dengan harta benda, jiwa, dan raga. Kaum kafir Quraisy menyuruh Khadijah agar mau membujuk Nabi Muhammad Saw. menghentikan dakwahnya. Namun Khadijah menolak bujukan itu. Kaum kafir Quraisy tak henti-hentinya menghina, mengolok-olok, dan mencaci maki Khadijah dalam berbagai kesempatan.

2.    Abu Bakar As-Shiddiq

Pada suatu hari ketika Nabi Muhammad Saw. beribadah di Ka’bah, Nabi didatangi beberapa orang kafir Quraisy. Mereka lansung menyerang Nabi hingga tidak berdaya. Beruntunglah ada Abu Bakar yang segera membantu Nabi Muhammad Saw. dan terjadilah perkelahian diantara mereka. Akhirnya Abu Bakar berhasil mengusir kaum kafir Quraisy itu. Namun Nabi Muhammad Saw. dan Abu Bakar juga mengalami luka yang cukup parah. Kejadian penyerangan terhadap Nabi Muhammad Saw. terjadi berulang-ulang. Abu Bakar selalu berusaha melindungi Nabi Muhammad Saw. dari serangan kafir Quraisy.

3.    Fatimah binti Muhammad (putri Nabi Muhammad Saw.)

Fatimah lahir pada tahun ke-5 masa kenabian, ia selalu menyaksikan Nabi Muhammad Saw. mendapat tentangan dari kaum kafir Quraisy. Fatimah juga selalu mendapatkan hinaan dan cacian dari kafir Quraisy. Ketika Nabi Muhammad Saw. dilempari kotoran oleh kaum kafir Quraisy, Dialah yang mencuci baju ayahnya. Suatu ketika cobaan yang berat datang menghampirinya. Yaitu ketika ibunda tercinta Khadijah meninggal dunia. Meskipun ia merasa sangat sedih dengan kematian ibunya. Ia tetap tegar dalam menghadapi cobaan hidupnya

4.    Ibnu Mas’ud

Ibnu Mas’ud adalah seorang pemberani. Ia juga memiliki kelebihan bersuara merdu. Pada suatu ketika ia memberanikan diri untuk membaca Al-Qur'an secara terang-terangan. Hal tersebut mengakibatkan ia mendapat siksaan dan pukulan dari kaum kafir Quraisy. Meskipun demikian ia tetap memegang teguh ajaran Agama Islam. Setelah kejadian itu ia diangkat menjadi saudara oleh Zubair bin Awwam yang selalu melindunginya. Sehingga ia tidak mendapat siksaan lagi dari kaum kafir Quraisy.

5.    Keluarga Sumayah

Penyiksaan keji lainnya dilakukan kafir Quraisy kepada keluarga Sumayah. Mereka disiksa dengan sangat kejam, mereka dipaksa untuk keluar dari Agama Islam. Namun mereka tetap teguh pendirian dalam mempertahankan Agama Islam.

6.    Arqam bin Abil Arqam

Arqam bin Abil Arqam memiliki rumah yang berada di pinggiran Kota Mekkah, di Bukit Safa. Rumah ini digunakan untuk berdakwah Nabi Muhammad Saw. pada masa dakwah secara sembunyi-sembunyi. Oleh karena itu ia tidak jarang menerima hinaan dan celaan dari kafir Quraisy. Meskipun demikian ia tetap setia menjadi pengikut Nabi Muhammad Saw. dan ikut hijrah ke Madinah.

7.    Bilal bin Rabah

Penghinaan dan penyiksaan juga terjadi kepada Bilal oleh majikannya yang bernama Umayyah bin Khalaf. Ia dijemur di tengah terik matahari di atas pasir panas tanpa mengenakan baju sambil dilempari batu. kemudian batu besar ditempelkan di dadanya. Maksud dari siksaan Umayyah itu supaya Bilal mau menyembah berhala kembali, tetapi dia tidak gentar sedikit pun. Akhirnya Abu Bakar membeli Bilal dari Umayyah dengan harga yang sangat tinggi. Setelah bebas dari Umayyah Bilal menjadi muazin.

Selain sahabat di atas, masih banyak sahabat-sahabat lain yang juga mengalami kekerasan dari kaum kafir Quraisy baik itu berupa hinaan, siksaan bahkan hingga kehilangan nyawa. Namun mereka tetap gigih mempertahankan kebenaran yang diyakininya, yaitu “Dinul Islam”.
irhan hisyam
irhan hisyam Perkenalkan guys nama saya irhan hisyam suka nonton film dan bermain game tapi untuk saat ini fokus buat kebahagiakan orang tua :)

Posting Komentar untuk "7 sahabat Nabi Muhammad yang mendapatkan penyiksaan"