Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Ham harus Ditegakkan ?


zetsu13-Perhatikan sejenak kasus yang menimpa anak manusia yang bernama Kaspar Hauser, Kemala, dan Anna berikut ini (Sumber: Society An Introductovy Analysis, Mac Iver & Charles H. Page, McMilan and 00,1961).

1. Kaspar Hauser

Ketika berumur 17 tahun Kaspar Hauser dijumpai orang banyak di Nurenberg (Jerman) pada tahun l928. Ia tidak dapat berjalan seperti manusia biasa. Berbicara berStmgut-sungut seperti binatang dan pikirannya seperti kanak-kanak. Sebenarnya ia merupakan orang yang menjadi korbm pergolakan politik pada masa itu. Sejak bayi sampai selama enam belas tahun ia disekap di rumah dan tidak pernah berkomunikasi dengan orang lain secara wajar. Ketika ia mati kedapatan otaknya tidak normal.

2. Kemala, Anak Serigala

Pada tahta: l920, dua orang anak India ditemukan di dalam sarang serigala. Yang lebih muda meninggal beberapa bulan setelah ditemukan, sedangkan yang satunya lagi, yang kemudian diberi nama Kemala dapat hidup sampai tahun 1929. Tingkah laku Kemala seperti gerak-gerik serigala. Sewaktu berjalan ia menggunakan dua kaki dan kedua belah tangannya.

3. Anna

Anna adalah anak Amerika yang dilahirkan di luar perkawinan yang sah. Sejak umur 6 bulan ia dikurung disebuah ruangan dan terpencil sampai ia ditemukan orang lain 5 tahun kemudian, yaitu pada tahun l938. Ketika ditemukan Anna tidak bisa berjalan ataupun berbicara Ia sangat apatis dan  menampakan perasaan yang tidak peduli terhadap orang-orang yang datang manjumpainya. Selama dikurung, Anna cuma disuapi ala kadarnya la tidak mendapatkan pendidikan atau latihan kebiasaan seperti layaknya kanak-kanak dan tidak pernah berhubungan dengan orang lain. Anna meninggal dunia pada tahun I942.

     Kasus yang menimpa anak-anak di atas berkenaan dengan masalah kelangsungan hidup, kemerdekaan, dan perkembangannya. Kasus demikian dapat dikategorikan sebagai pelanggaran HAM. Perlakuan yang tidak manusiawi yang dialami Kaspar Hauser, Kemala, dan Anna mengakibatkan kelangsungan hidup mereka berakhir. Padahal kelangsungan hidup atau hak hidup itu melekat pada diri manusia. Tidak seorang pun berhak menghilangkan nyawa orang lain atau melakukan perbuatan yang dapat menghilangkan nyawa orang lain. Dengan maksud melindungi setiap nanusia dari pelanggaran HAM, maka ada upaya penegakan HAM.
Jangan lupa untuk comment dan kirimkan kritik, saran kaliam
irhan hisyam
irhan hisyam Perkenalkan guys nama saya irhan hisyam suka nonton film dan bermain game tapi untuk saat ini fokus buat kebahagiakan orang tua :)

Posting Komentar untuk "Mengapa Ham harus Ditegakkan ?"