Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah masuk islamnya umar bin khattab lengkap

Hai warga internet mumpung lagi ada waktu longgar saya mau post tentang Masuk islamnya umar bin khattab langsung aja tanpa harus bertele-tele ,sebelum masuk keislamannya umar bin khattab mari kita simak kepribadiannya.
1). kepribadian Umar bin Khattab
         Umar bin khattab merupakan sosok yang memiliki watak keras, berani, tidak mengenal rasa takut, dan disiplin. setiap musuh yang datang dibuat gemetaran olehnya. umar juga dikenal sebagai  salah seorang pembesar quraisy yang sangat di segani dan dihormati.
         Secara fisik, umar bin khattab adalah seorang pemuda yang memiliki postur tubuh tinggi tegap. Umar Bin Khattab dihormati karena mempunyai beberapa kelebihan, antara lain :
  • Tegas dalam pendirian sehingga mendapat gelar Abu Hafas.
  • Cerdas, anti berunding dan pengetahuan luas maka diberi gelar Abu Faiz.
  • Pandai berkelahi, penggulat di Pasar Ukaz. karena keperkasaanya, ia sering di sebut singa Gurun Pasir.
Karena keunggulan inilah, Rasulullah pernah berdo'a yg pernah didengar oleh Habab bin ars yang berbunyi "Ya Allah kuatkanlah islam dengan salah satu dari dua umar. maksudnya Umar Bin Kattab dan Amr Bin Hisyam (Abu Jahal)".
     Sebelum masuk islam Umar bin Kattab suka minum-minuman keras dan pernah membunuh anak perempuannya dengan jalan dikubur hidup-hidup.

2). Masuk Islamnya Umar Bin Khattab

           Para kaum Quraisy memanfaatkan Kebencian Umar terhadap islam dengan cara meminta Umar segera mungkin membunuh Nabi Muhammad saw. Pada hari yang telah disepakati, berangkatlah Umar Bin Kattab untuk melaksanakan niatnya untuk membunuh Nabi Muhammad saw. Dengan diliputi perasaan benci yang memuncak dan dendam yang sangat besar, umar melangkah menuju ke kediaman Nabi. 
          Di tengah perjalanan Umar bertemu dengan Naim bin Masud. Setelah ditanya apa tujuan yang akan dilaksanakan oleh Umar, Naim mena agar mengurungkan niatnya sebab adik Umar yang bemama Fatimah binti Khattab dan suami, Said bin Zaid telah masuk Islam. Mendengar berita dari Naim bin Masud yang adiknya sudah masuk lslam, kemarahan Umar makin memuncak. Dia berusaha mencari adiknya. Umar kemudian ke rumah Fatimah. Setelah dekat dengan rumah Fatimah, Umar mendengar suara seorang wanita sedang membaca Surah Taha ayat 1-8 (bisa kalian cari di alquran  kalian).
          Setelah diselidiki ternyata di dalam rumah Habab bin Ars yang sedang mengajarkan Al-Qur'an  kepada Fatimah. Umar dengan wajah murka  kemudian masuk. Melihat kakaknya datang, fatimah dan Said bin Zaid segera menyembunyikan lembaran yang tadi dibacanya. "Berikan kepadaku lembaran itu! Kata Umar sambil menampar Fatimah. "Tidak! Engkau najis jadi tidak boleh memegangnya,"Jawab Fatimah. "Aku telah mengetahui Engkau masuk lslam kata Umar. "Benar Kami sudah masuk Islam. Kami sudah beriman kepada Allah dan bersaksi bahwa Muhammad utusan Allah." Jawab Fatimah.
         Melihat keteguhan Fatimah dan Said, hati Umar lemah dan suaranya menjadi rendah. Lalu ia berkata, "Tolong berikan syair yang telah kau baca tadi biarkan aku membacanya a membacanya dan menyatakan "Sungguh indah apa yang tertulis disini." Mendengar apa yang diucapkan Umar tersebut Habab keluar sambil berkata, "Demi Allah semoga Allah memilihmu memenuhi doa Rasulullah yang pernah kudengar." Umar bin Khattab ingin masuk Islam di hadapan Nabi saw.
         Dengan diantar Habab, Umar kemudian mendatangi Rasulullah saw. yang saat itu sedang berada di rumah Arqam bersama beberapa sahabat Salah seorang sahabat mengintip untuk mencari tahu siapa yang datang. Mengetahui yang datang adalah Umar bin Khattab, maka ia memberitahukan kepada Nabi saw. Kemudian bangkitlah Hamzah seraya berkata, "Wahai Rasulullah, biarkan saya menemuinya. Jika dia bermaksud baik saya akan mempersilakan masuk. Namunjka maksudnya jahat maka biarkan saya yang membunuhnya dengan pedang ini." Nabi Muhammad diam sebentar kemudian berkata, "Berbahagialah kalian semua. Sesungguhnya Umar telah datang kepada kamu sekalian, sedangkan cahaya lslam terletak di antara kedua matanya.
Siapakah hamzah dirumah arqam ?
  • Sahabat sekaligus paman dan saudara sepersusuan Nabi Muhammad SAW. Ia memiliki julukan "Singa Allah" karena kepahlawanannya saat membela Islam.
  • Hamzah lahir diperkirakan hampir bersamaan dengan Muhammad. Ia merupakan anak dari Abdul-Muththalib dan Haulah binti Wuhaib dari Zuhrah.
        Umar bin Khattab kemudian masuk ke kediaman Arqam dan langsung menyampaikan keinginannya untuk masuk Islam. Ia kemudian membaca dua kalimat syahadat di hadapan Rasulullah saw. Setelah membaca sahadat, Umar telah resmi menjadi seorang muslim. Umar menyatakan keislamannya, yang diikuti oleh istri dan anaknya (Abdullah bin Umar dan Zainab binti Maz'an). Umar masuk lslam pada bulan Zulhijah pada tahun 608 M dalam usia 27 tahun.
   
Saat saya membaca ini saya  terharu karena umar sebelum masuk islam sangat membenci Nabi Muhaammad SAW dan pernah menyiksa kaum lemah supaya berubah keyakinan ke nenek moyang mereka. tapi dengan seizin Allah SWT akhirnya Umar bin Khattab masuk islam lewat keteguhan Fatimah dan Said.

Cuplikan Umar Bin Khattab Masuk islam
irhan hisyam
irhan hisyam Perkenalkan guys nama saya irhan hisyam suka nonton film dan bermain game tapi untuk saat ini fokus buat kebahagiakan orang tua :)

Posting Komentar untuk "Kisah masuk islamnya umar bin khattab lengkap"