Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGERTIAN PETA MENURUT PARA AHLI


Peta Dunia

Welcome to zetsu13 kali ini saya akan post pengertian peta dan juga menurut para ahli semoga yang saya share ini bermanfaat buat kalian..Selamat membaca.........
Peta merupakan alat bantu yang memiliki peranan penting dalam ilmu geografi. Peta digunakan sebagai alat bantu atau media yang akan memudahkan penyampaian gagasan atau informasi kepada orang lain. Secara umum, peta merupakan gambaran konvensional permukaan bumi yang diskalakan. Penggambaran kenampakan tersebut pada peta, dilakukan dengan menggunakan simbol. Simbol- simbol tersebut melambangkan kenampakan-kenampakan yang ada di permukaan bumi.
Beberapa definisi peta yang dikemukakan oleh para ahli kartografi adalah sebagai berikut.
Erwin Raisz
  1.  Peta merupakan gambaran keadaan permukaan bumi, termasuk unsur-unsur alamiah dan unsur-unsur  buatan manusia. Dalam penggambarannya, unsur-unsur tersebut diwakili oleh simbol simbol tertentu. 
  2.  Peta merupakan gambaran permukaan bumi yang diperkecil menggunakan skala (perbandingan) tertentu. 
  3.  Peta digambarkan pada permukaan yang datar (kertas, kain, atau kanvas). Peta yang digambarkan pada permukaan yang melengkung disebut globe. 
  4. Informasi yang ditampilkan pada peta merupakan informasi yang lebih rinci dibandingkan dengan globe. Informasi yang ditampilkan pada peta bersifat khusus (tematik) dengan keperluan. Peta digambarkan dengan menggunakan proyeksi tertentu. . ini dimaksudkan agar kesalahan yang mungkin terjadi dapat perkecil. Untuk menggambarkan kenampakan-kenampakan permukaan bumi pada peta, seorang pembuat peta harus menguasai beberapa bidang ilmu. Erwin Raisz menyatakan bahwa seorang kartografer harus menguasai 50% geografi, 30% seni, 10% matematika, dan 10% ilmu lainnya.
 
irhan hisyam
irhan hisyam Perkenalkan guys nama saya irhan hisyam suka nonton film dan bermain game tapi untuk saat ini fokus buat kebahagiakan orang tua :)

Posting Komentar untuk "PENGERTIAN PETA MENURUT PARA AHLI "