Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MOTIVASI BELAJAR DAN PENGHAMBATNYA


 Welcome to zetsu13 kali ini saya akan post Motivasi belajar dan penghambat belajar semoga yang saya share ini bermanfaat buat kalian..Selamat membaca.........

Motivasi belajar
Motivasi belajar adalah gaya penggerak seseorang untuk belajar. Individu termotivasi karena berbagai alasan yang berbeda, dengan intensitas yang berbeda. Motivasi belajar setiap orang satu dengan yang lainnya bisa jadi tidak sama. Biasanya, hal itu tergantung dari pada yang diinginkan orang yang bersangkutan. Motivasi belajar dapat dibedakan menjadi 2, yaitu sebagai berikut :
  • .Motivasi intrinsik (dari dalam) yaitu motivasi yang diperoleh siswa sendiri sehingga dapat mendorong melakukan kegiatan belajar. Hal ini disebabkan adannya sifat ingin tahu mengenai dunia yang lebih luas , adannya sifat yang kreatif yang ada pada manusia dan keinginan untuk selalu maju, ada perasaan senang pada materi pelajaran, adanya keinginan untuk memperbaiki kegagalan yang lalu dengan usaha yang baru, serta adanya kebutuhan di masa mendatang.
  •  Motivasi ekstrinsik (dari luar), yaitu keadan yang datang dari luar siswa yang juga mendorong untuk melakukan kegiatan belajar.

 Penghambat motivasi belajar
      Tidak semua siswa mempunyai motivasi belajar, penghambat motovasi belajar sebagai berikut:
  • lingkungan sekolah
  1. hambatan belajar bisa datang dari guru. Guru terkadang membawa masalah luar kedalam ruang kelas. Didalam kelas guru melampiaskan amarahnya, jika ini terjadi jelas berakibat fatal bagi para siswa yang belajar. Para siswa dipastikan tidak dapat menerima pelajaran dengan baik .
  2. bahan pelajaran yang terlalu sukar dapat menghambat kemampuan pemahaman atau penugasan bahan pelajaran sehingga menyebabkan siswa tidak mempunyai motivasi untuk belajar.
  •  Faktor keluarga yang timbul dari kurang kontrolnya orang tua dapat mengakibatkan gagalnya belajar siswa. Siswa yang tidak memiliki kesadaran sendiri untuk belajar perlu pengawasan dari orang tua.
  • Lingkungan masyarakat dapat menjadi penghambat belajar siswa, bila siswa dalam bergaul di masyarakat kurang mampu mengendalikan pergaulannya (tidak mampu memilih dan memilahnya).
irhan hisyam
irhan hisyam Perkenalkan guys nama saya irhan hisyam suka nonton film dan bermain game tapi untuk saat ini fokus buat kebahagiakan orang tua :)

Posting Komentar untuk "MOTIVASI BELAJAR DAN PENGHAMBATNYA"