Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Ilmu Tauhid,Akhlak dan Fikih

Hallo bung kali ini zetsu13   akan bagikan kepada kalian Pengertian Ilmu Tauhid, Akhlak dan Fikih semoga dengan saya membagikan ini agar bermainfaat untuk kita semua....amin....
   Didalam syari'at islam terdapat tiga bagian yang sangat urgen dan tidak dapat terpisahkan antara satu dengan yang lain yaitu:
Ilmu tauhid
     Pertama, Ilmu Tauhid  yaitu hukum atau peraturan-peraturan yang berhubungan dengan dasar-dasar keyakinan agama islam, yang tidak boleh diragukan dengan dasar-dasar keyakinan agama islam, yang tidak boleh diragukan dan harus benar-benar menjadi keimanan kita. misalnya, peraturan yang berhubungan dengan dzat dan sifat Allah SWT. yang harus iman kepada-Nya,  iman kepada Rasul-rasul-Nya, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan iman kepada hari akhir termasuk didalamnya kenikmatan dan siksa, serta iman kepada qadar baik dan buruk. ilmu tauhid ini dinamakan juga Ilmu Akidah atau Ilmu Kalam.
Ilmu Akhlak
    Kedua, Ilmu Akhlak yaitu peraturan-peraturan yang berhubungan dengan pendidikan dan penyempurnaan jiwa. Misalnya, segala peraturan yang mengarah pada perlindungan keutamaan dan mencegah kejelekan-kejelekan, seperti kita harus berbuat benar, harus memenuhi janji, harus amanah, dan dilarang berdusta dan berkhianat. Contoh jual beli, pernikahan, peradilan, dan lain-lain.
Ilmu Fiqh
   Ketiga, Ilmu Fikih yaitu peraturan-peraturan yang mengatur hubungan manusia dengan tuhannya dan hubungan manusia dengan sesamany. Ilmu Fiqh mengandung dua bagian: pertama, ibadah, yaitu yang menjelaskan tentang Hukum-hukum hubungan manusia dengan tuhannya. contoh ibadah adalah shalat, zakat, puasa, dan haji. kedua, muamalah , yaitu bagian yang menjelaskan tentang Hukum-hukum hubungan antar manusia dengan sesamannya.
jangan lupa kirimkan kiritik,saran atau tanggapan tentang artikel ini 
irhan hisyam
irhan hisyam Perkenalkan guys nama saya irhan hisyam suka nonton film dan bermain game tapi untuk saat ini fokus buat kebahagiakan orang tua :)

Posting Komentar untuk "Pengertian Ilmu Tauhid,Akhlak dan Fikih"