Search Suggest

RajaBackLink.com

Memanfaatkan Internet untuk Pendidikan Lebih Baik Bersama IndiHome


Table of Contents

Perkembangan Internet untuk pendidikan menurutku adalah suatu hal yang sangat penting, sebelumnya perkenalkan saya irhan hisyam akan bereksplorasi tentang mengapa Internet penting untuk menunjang pendidikan yang pernah saya alami sampai saat ini.

Aku dan Internet

Saya bertempat tinggal di Dusun Tembakur, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Saya memulai mengenal internet sebenarnya ketika ayah saya bekerja di Koperasi dan Mempunyai Komputer di Rumah.

Komputer Dulunya saya hanya Pergunakan untuk Main game. yap mungkin teman - teman sudah tahu jika anak kecil diberikan Teknologi seperti Komputer pasti yang pertama di cari Game. waktu itu aku masih sekolah kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Saya mulai mengakses internet di kelas 5 MI saya gunakan untuk membuka situs - situs pembelajaran. membuka situs tersebut biasanya pada saat Guru memberikan Tugas seperti IPA, IPS dan Bahasa Inggris.

Ketika waktu itu aku pertama kali membuka situs Brainly. dengan situs tersebut saya terkadang menjawab soal-soal dari teman - teman yang diajukan. mungkin saya beruntung karena sudah bisa mengakses ketika waktu kelas 5 MI bahkan sudah memahami E-mail dan membuat akun brainly karena waktu itu ada akses punya komputer dan internet.

Bahkan Proses Belajar antara kelas 5 dan 6 meningkat. yang dulunya waktu kelas 3 aku pernah peringkat terakhir nomor dua. di kelas 6 saya mendapatkan peringkat tiga. menurutku itu adalah prestasi yang membanggakan pada waktu sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI)

Bukan sampai berhenti disitu saja, saya mendapatkan Ranking 1 di MTS Negeri 9 Banyuwangi pada kelas satu, waktu itu pertama kali saya mendapatkan ranking pertama di sekolah tentu itu adalah prestasi yang membanggakan. 

Internet sebuah Pisau Bermata Dua

 Kenapa saya Katakan seperti itu?

Ketika ayah saya memberikan Gadget pertama kali di kelas dua MTS prestasi saya benar - benar Drop. yang dulunya waktu kelas satu punya Ranking pertama. saya turun ke Ranking dua. ketika kelas tiga saya juga turun hingga Peringkat 4.

Setelah saya lulus MTS hingga Masuk ke Sekolah MAN prestasi saya benar - benar Drop. Peringkat saya Masih stuck di Peringkat 10 Besar. 

Apa Sih Penyebabnya?

salah satunya adalah kurangnya Manajement Waktu, Ketika di bangku kelas dua MTS saya pertama kali diberikan Smartphone adalah untuk bermain game online Karena asiknya game saya sampai lupa menjalankan kewajiban sebagai pelajar.

Di waktu MAN saya masih bermain game waktu itu masih tenar-tenarnya game MOBA. Jadi mau di rumah, di sekolah dan rumah teman intinya adalah bermain Game online. 

Waktu Kelas 3 MAN pun tiba, mungkin saya adalah sebagian orang yang masih bingung menentukan kemana akan saya pergi setelah kelas tiga. saya memilih melanjutkan Kuliah dengan mendaftar di SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan Jalur Mandiri.

saya mendaftar di Kampus yang berbeda dari:

  1. Universitas Jember
  2. Universitas Negeri Malang
  3. Universitas Gadjah Mada
  4. UIN Sunan Kalijaga
Dari keempat kampus tersebut tidak ada yang diterima mungkin di tahun 2020 merupakan tahun tersedih. Kurangnya Persiapan diri, kurang informasi Jalur masuk perguruan tinggi menjadi hambatan terbesar waktu tersebut.

Belajar dan Internet

 di tahun 2020 saya pergunakan untuk banyak evaluasi diri mungkin ini terlambat. tapi setidaknya saya mencoba mempelajari kegagalan saya yang telah lampau dan memperbaiki untuk masa depan. meskipun saya gagal SBMPTN pada tahun 2020 saya sangat bersyukur atas kejadian tersebut.

Karena saya lebih bisa mematangkan diri untuk mendaftar SBMPTN tahun 2021 dan belajar banyak Hal untuk bisa menjadi orang yang bermanfaat.

Berikut adalah Kegiatan saya sewaktu gagal SBMPTN, Antara lain:

1. Belajar Persiapan SBMPTN

Saya Belajar Persiapan SBMPTN dengan hampir 85% menggunakan akses internet. mulai dari belajar lewat Video Pembelajaran seperti: Zenius dan Youtube. Banyak Channel untuk persiapan SBMPTN selain itu saya juga belajar tentang Mindset di Zenius.

Salah dua yang saya pelajari adalah The Law of Attraction dan Deliberate Practice. kalau dijabarkan The Law of attraction adalah Kepercayaan atau keyakinan bahwa alam semesta menciptakan dan menyediakan bagi kita apa yang menjadi fokus pikiran kita.

Simplenya jika kamu memikirkan hal - hal positif, maka hal - hal positif akan terjadi pada kita. dan sebaliknya, kalau kita memikirkan yang negatif - negatif yang terjadi pun akan negatif. Selain itu saya juga mempelajari Prinsip Deliberated Practice.

Deliberated Practise adalah sebuah Konsep Belajar dan Latihan secara terus menerus dengan cara yang benar. dengan Konsep belajar Deliberated Practice saya siap untuk mengarungi Lautan Ilmu.

Menurutku Belajar SBMPTN saja tidaklah cukup karena kita harus masih mengasah mindset atau cara berpikir kita mengenai suatu hal. Mindset pada awalnya berasal dari keluarga, teman dan lingkungan. dengan kita membaca Buku mengenai Self Development tentu cara berpikir dan Paradigma kita akan berubah.

2. Belajar Mobile Programing

Di lain sisi saya menyukai dunia Pemrograman, saya mempelajari Ngoding di Website Dicoding. dari Android, Web Development dan Augmented Reality (AR) saya Pelajari dan Memang benar kalau kita mempelajari ilmu pasti tidak ada habisnya.

Selalu ada update entah itu di Web Development dan Android. Menemukan Passion di Pemrograman adalah penting bagiku karena dengan itu saya lebih mantap untuk memilih Perguruan Tinggi dengan Program Studi Teknik Informatika.

3. Belajar Ngeblog

Ketika lulus dari MAN saya memiliki banyak waktu luang sehingga saya sempatkan untuk menulis Artikel di blog ini. konten yang saya tulis biasanya tentang Jalur Masuk Perguruan Tinggi, Informasi Beasiswa dan tentang Sbmptn.

Apresiasi Terbesar saya adalah saya mendapatkan Surat Cinta Google, Yang menandakan kalau saya siap menarik uang dari Pendapatan saya di Blog. tentu ini adalah kabar menggemberikan pada waktu itu.

Doc: Pribadi

Selain Belajar Menulis Artikel saya juga belajar mengenai SEO (Search Engine Optimizing)   mempelajari ilmu ini saya mencari website - website secara dalam membahasnya.

SEO adalah Teknik untuk Mengoptimasi Website agar mendapat Ranking teratas di hasil pencarian Google. Salah satu website favorit saya ketika mempelajari ilmu SEO dan Wordpress adalah di Website Panduanim. 

4. Baca Buku Online

Setelah saya meninggalkan Game Online saya memulai Mengganti Kebiasaan baru seperti membaca Buku. Pada Waktu itu membeli sebuah buku Original adalah hal mahal bagiku karena rata - rata buku Ori dijual dengan harga sekitar Rp70.000 - Rp120.000.

Karena Keterbatasan Biaya saya menggunakan Smartphone dan Laptop untuk membaca buku secara online salah satu aplikasi yang saya pakai adalah iPUSNAS.

iPUSNAS merupakan aplikasi yang diciptakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. anda bisa membaca segala macam Kategori Buku disini.

Pada Aplikasi iPUSNAS saya sering membaca buku - buku secara bebas, Gratis dan tentu saja Legal. Mulai dari Kategori Biografi, Self Development hingga Saham dan Bisnis saya pelajari di Aplikasi ini selain menambah wawasan. Membaca Buku dapat menambah kosa kata saya ketika menulis sebuah artikel.

5.  Ikut Webinar/ Workshop Online

Ketika lulus MAN saya sering mengikuti Webinar dan Workshop salah satu webinar yang saya ikuti adalah Webinar tentang Baparekraf Developer Day yang selalu diadakan pada tanggal 2 April. 

Di Webinar Baperakraf Developer Day membahas seperti:

  • Blockchain
  • Cyber Security
  • Front-End Developer
  • Back End Developer 
  • Machine Learning
  • Android Developer
  • dan masih banyak lagi
dengan mengikuti webinar tersebut saya dapat menambah wawasan terkait dunia Internet Technology (IT). Selain itu saya juga mengikuti Workshop atau Pelatihan. Salah satu Workshop yang pernah saya ikuti adalah Sukses Online WordPress Pro Course 2021 by Niagahoster dengan waktu workshop kurang lebih 5 hari.

3 hari pertama membahas mengenai Design thinking dan Prototyping. dan hari 4-5 membahas mengenai Wordpress. untuk tugas akhir saya disuruh membuat website yang harus sesuai dengan permintaan website yaitu tentang Website Business Profile. setelah selesai pelatihan kita diberikan Sertifikat yang menjadi bukti bahwa telah lulus pelatihan tersebut.

Doc: Pribadi 

6.  Belajar Desain Illustrator

untuk pertama kalinya saya membeli kelas online untuk desain Illustrator menggunakan Adobe Illustrator. dengan harga kurang lebih Rp225.000,- Saya membeli kelas selama 2 bulan dengan sistem Daring melalui zoom 1x per minggu.

saya membeli kelas di Sekolah Desain mempelajari fundamental design, seperti:
  1. Mencari Color Palette
  2. Membuat Poster
  3. Membuat Kartu Nama
  4. Membuat Design Mandala
  5. dsb
Metode pengajaran yang diberikan menurutku cocok bagi saya yaitu Teori dan Praktek. jadi semisal minggu ini Teori setelah itu diberikan tugas. sehingga dengan cara tersebut saya tidak mudah lupa.

Manfaat Internet dalam Pendidikan menurutku suatu hal yang sangat penting bagiku karena mulai dari belajar persiapan tes Perguruan tinggi hingga membaca buku, mendaftar webinar, workshop menggunakan akses internet.

Internet dan Prestasi

Saya sudah mengatakan sebelumnya jika internet ibarat pisau bermata dua. apabila kita memilih mata pisau yang benar maka itu bisa menjadi jalan tercepat untuk meraih kesuksesan.

Memanfaatkan Internetnya Indonesia untuk meraih berbagai prestasi, belajar dari segala mata keilmuan dan mempelajari Hardskill dan Softskill.

1. Diterima  di 2 Kampus Berbeda 

Setelah saya mempelajari berbagai jalur masuk Perguruan Tinggi dan Menemukan Potensi Diri. Akhirnya saya memilih untuk mendaftar di dua jalur masuk yang berbeda yang pertama SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SBMPN (Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri).

Dalam Memilih perguruan tinggi aku banyak mencari referensi di internet dari mulai kampus, Program Studi, Prospek Kerja hingga Beasiswa. Akhirnya di SBMPTN saya sangat yakin untuk memilih dua kampus di SBMPTN yaitu:

  1. Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Sistem Informasi (S-1)
  2. Politeknik Negeri Jember Program Studi Teknik Informatika (D-4)
untuk jalur masuk SBMPN saya hanya memilih satu Politeknik Negeri, yaitu:
  1. Politeknik Negeri Banyuwangi Program studi Teknik Informatika (D-3)

Pengumuman pun tiba, pengumuman dari SBMPTN pada tanggal 14 Juni 2021, yang menyatakan saya Lolos Pilihan Pertama di SBMPTN.

Doc: Pribadi
tentu hal ini sangat membuat saya senang karena proses belajar yang dulu sudah terbayarkan dengan pernyataan Lolos dari SBMPTN.

Tidak Berhenti sampai disana pengumuman SBMPN Pada 18 Juni 2021 saya lolos di Pilihan pertama untuk Program Studi D-3 Teknik Informatika.

Doc: Pribadi

Waktu itu rasanya sudah tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, akhirnya proses yang panjang sewaktu gap year membuahkan hasil. 

Akhirnya dengan pertimbangan yang cukup dalam saya memilih universitas Pendidikan Ganesha dengan program studi sistem informasi. mungkin bisa dibaca di sini suka duka kuliah di bali.

2. Lomba Hacking Game dari UNJ

Perjuanganku tidak berhenti sampai masuk kuliah saja, masuk kuliah berarti adalah awal untuk saya belajar dan meraih prestasi. Pada semester pertama saya sudah mengikuti Perlombaan seperti Hacking Game dari Universitas Negeri Jakarta.

Lomba tersebut dilaksanakan Daring menggunakan Zoom meeting, Peserta yang mengikuti lomba berasal dari Berbagai Perguruan tinggi yang berbeda. Saya berlatih dengan maksimal agar bisa memenangkan perlombaan tersebut.

saya bersyukur mendapatkan Juara Harapan II untuk Lomba Hacking Games ini merupakan prestasi yang pertama di Universitas Pendidikan Ganesha.

Doc: is.undiksha.ac.id

Internet menghapus gap antara pendidikan desa dan kota

Sejak Indonesia Merdeka 1945 hingga saat ini, mungkin pendidikan hanya dinikmati oleh segelintir orang saja. terdapat Gap yang cukup besar antara pendidikan desa dan kota.

Masih banyak permasalahan - permasalahan mengenai pendidikan yang masih belum terselesaikan dan ditangani secara tuntas oleh pemerintah. Permasalahan tersebut terdiri atas Input, Proses dan Output yang berpengaruh terhadap mutu pendidikan.

secara eksternal, komponen Input yang dimaksud menurut (Suryana,2017) antara lain:

  1. Ketersediaan pendidik & Tenaga Kerja yang memadai
  2. Sarana & Prasarana belajar tersedia dan dapat didayagunakan secara optimal
  3. Pendanaan pembelajaran yang efektif dan efisien
  4. adanya proses pembelajaran yang efektif dan efisien
Kurang meratanya ketersediaan sarana dan prasarana serta tenaga pendidik mengakibatkan adanya kesenjangan yang dirasakan. jika dilakukan analisa antara pendidikan di desa dan kota, maka akan memiliki perbedaan yang cukup besar.

Bahkan Tingkat Literasi Indonesia berada di peringkat 71 dari 77 negara di dunia menurut studi Programme for International Student Assessment (PISA) pada 2018 lalu. Belum lagi kesenjangan pada akses pendidikan yang mendorong terjadinya Matthew Effect, dimana orang yang mengalami kesulitan membaca akan lebih rendah performanya dan gap antara pembaca yang baik dan buruk akan terus meningkat.

di negara asia timur seperti seperti korea, Jepang dan China memiliki rata -rata 20 Buku Baru setiap orang tiap tahun. Standar UNESCO bahwa minimal memiliki 3 buah buku baru setiap satu tahun sekali.

Hampir sebagian orang beranggapan bahwa buku adalah hal sekunder bukan primer. banyak orang pasti akan berpendapat. Memikirkan untuk makan sehari -hari saja sudah bikin mumet (Pusing) apalagi membaca buku.

ditambah lagi biaya seperti sekolah anak, pajak, listrik bulanan sehingga banyak yang melupakan manfaat membaca buku. Ketika saya Masih Sekolah MI, MTS dan MAN saya jarang membaca buku.

Bahkan ketika aku meminta dibelikan buku oleh ayah malah dilarang karena dengan alasan bukunya tidak dibaca. kalau kita berpikir ulang itu merupakan cara pandang yang salah. ditambah biaya buku original sekitar 70rb - 120rb.

uang saku saya waktu MTS sebesar Rp2.000,- dan MAN sebesar Rp5.000,- tentu untuk mengumpulkan uang dan membeli sebuah buku itu sangat sulit bagi saya. jika dihitung waktu MTS  mungkin 1 bulan belum cukup untuk membeli sebuah buku karena masih terkumpul Rp60.000,-.

Kalau mau kerja anak kecil biasanya akan dilarang dengan alasan Anak kecil sekolah dulu baru setelah lulus boleh bekerja. jadi waktu dulu membeli sebuah buku adalah suatu barang mahal bagiku. ditambah lagi akses untuk membeli buku harus ke perkotaan.  Rumah saya di desa sehingga harus pergi ke Kota untuk membeli sebuah buku.

Harapan Meningkatnya Pendidikan dengan Internet

awal kebiasaan membaca mulai muncul ketika saya lulus MAN, pertama kali membaca buku lewat Aplikasi iPusnas. di Aplikasi tersebut banyak Kategori Buku yang dapat kita baca secara gratis mulai dari Biografi, Bisnis, Sejarah dan masih banyak lagi.

Dari Kebiasaan Membaca tersebut Rasa Keingintahuanku semakin besar dan mulai mempertanyakan segala bidang keilmuan.

Apa sih Manfaat Internet untuk Pendidikan?

1. Pendidikan akan lebih Efektif dan mudah diakses

Mencari ilmu di sekolah menurutku masih belum cukup terkadang ketika mendengarkan seorang guru menjelaskan, kita cenderung mudah lupa. dengan adanya Pendidikan dengan Berbasis Online memudahkan kita untuk mereview dan menambah catatan materi sekolah.

Banyak Platform untuk mendapatkan Pendidikan berkualitas seperti Ruangguru, Pahamify dan Zenius. bahkan tryout online utbk tersedia online saya pribadi juga menggunakan platform tersebut untuk melatih soal - soal SBMPTN.

Bahkan kita bisa melakukan curi start misal pada liburan semester Ganjil dan Genap pasti terdapat liburan entah 1 minggu atau 2 minggu. waktu tersebut sangat pas untuk mempelajari materi yang belum diajarkan oleh guru. sehingga kita sudah siap sebelum waktunya.

2. Bertukar Wawasan Lebih Mudah

Dengan internet Pendidikan akan lebih mudah diakses oleh siapa saja dan dimana saja. contohnya Waktu Pandemi Covid 19 kita diharuskan untuk social distancing atau menjaga jaga jarak aman ketika berkomunikasi dengan orang lain.

Meskipun kita menjaga jarak bertukar wawasan masih bisa dilakukan dengan Meeting Online, Webinar, Video Online bahkan Podcast.  Perkuliahanku selama dua semester ini dilaksanakan secara full online mulai dari pembelajaran, pengumpulan tugas, dan presentasi dilakukan di depan laptop. Meskipun online saya tetap bisa melaksanakan kewajiban sebagai seorang mahasiswa.

3. Informasi Lebih Cepat Tersebar

Manfaat internet yang lainnya adalah lebih mudahnya informasi tersebar dengan cepat. contohnya informasi mengenai beasiswa hanya kita melakukan searching di Beranda Google kita sudah mendapatkan berbagai informasi beasiswa.

dari informasi beasiswa S1 hingga S3 dan Dalam Negeri sampai Luar Negeri tersedia di Google. mencari Jalur masuk perguruan tinggi pun lebih mudah kita cukup mengakses website yang kita ingin masuk ke sana. maka biasanya informasi Jalur masuk akan tersedia.

Hambatan mengenai internet saat ini adalah masalah kecepatan Internet. Ketika kita sedang kuliah online, Webinar dan Workshop pastinya membutuhkan akses internet yang harus stabil dan cepat. Tapi Tenang karena ada IndiHome yang sudah menghadirkan Internet Fiber sehingga koneksi internet yang didapatkan stabil dan dilengkapi dengan kualitas terbaik.

Internet dengan IndiHome

Mengenal IndiHome

Indonesia Digital Home atau lebih kita kenal dengan IndiHome adalah salah satu produk Layanan dari Telkom Indonesia. Indihome merupakan layanan digital yang menyediakan seperti internet, Telepon Rumah dan TV Interaktif dengan beragam pilihan paket serta layanan tambahan yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Pada Saat ini, Jaringan IndiHome sudah tersebar di seluruh wilayah indonesia dan IndiHome Berkomitmen untuk terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan internet terbaik bagi masyarakat. 

IndiHome sendiri sudah menghadirkan Internet Fiber yang sudah tentu memiliki Koneksi internet yang stabil. Sebagai Provider internet terbaik, Internet fiber melalui jaringan fiber optik memiliki kualitas jauh lebih stabil apabila kita bandingkan dengan kabel koaksial atau kabel tembaga saat dilakukan akses internet secara bersamaan.

IndiHome Pertama kali diluncurkan pada 2015. sebelumnya, Telkom Indonesia memiliki layanan Speedy sebagai penyedia internet. Sejak diluncurkan IndiHome, Pelanggan yang berlangganan internet Speedy satu per satu diminta untuk beralih menggunakan IndiHome.

Layanan dan Harga IndiHome

Internet

Internet menjadi salah satu layanan IndiHome yang menggunakan jaringan Fiber optic yang sudah tersebar ke berbagai daerah di indonesia. Kecepatan yang ditawarkan oleh IndiHome tidak tanggung-tanggung pilihan kecepatan unlimited hingga 300 Mbps.

Selain cepat, akses internet dari IndiHome lebih stabil dan tahan terhadap cuaca. Aktivitas seperti bekerja, bermain games, belanja online mengikuti perkuliahan online di rumah menjadi lebih praktis dan lebih nyaman.

Harga

Indihome menyediakan layanan 1P (Internet) dengan beragam pilihan kecepatan yang bisa ambil Rinciannya sebagai berikut:

Televisi

IndiHome selain menawarkan akses internet. IndiHome juga menawarkan layanan TV Interaktif pertama di indonesia. Pada sisi Pengguna IndiHome bisa menonton Film, TV Favorit dan berita terkini dengan memberikan banyak channel pilihan yang berkualitas.

Fitur Unggulan IndiHome TV
  • Playback, Pause and rewind
anda dapat melakukan mundur, pause, dan putar ulang tayangan TV anda secara bebas
  • TV Storage
merekam tayangan TV anda kedalam Hard drive s/d 600 menit untuk ditonton lagi nanti. ini cukup banget buat anda yang sedang menonton bola harus diganggu dengan suatu hal.
  • TV on Demand
Tayang ulang acara live sampai dengan 7 Hari ke belakang.
  • Video on Demand
Kontrol penuh video yang Anda putar di IndiHome TV
  • Karaoke
Hiburan di kala senggang dengan fitur karaoke di IndiHome TV
  • UseeTV GO
Tayangan IndiHome TV dan Konten premium bisa otomatis ditonton juga melalui aplikasi UseeTV GO.

Selain itu dengan Hybrid Box (STB) anda dapat melakukan Streaming & Browsing sekaligus. Perangkat Set-Up-Box (STB) yang dapat memberikan 2 jenis layanan sekaligus, yaitu IPTV dan Layanan OTT.  Anda dapat mengakses berbagai tayangan IndiHome TV dan Layanan OTT Video Streaming, sampai browsing internet

Telephone

dengan memiliki telepon rumah anda akan jauh lebih dekat dengan kerabat anda yang jauh. Kualitas suara yang jernih dan Harga lebih hemat. Telepon rumah biasanya digunakan untuk urusan bisnis dan perbankan.

Biaya Telepon

mengenai Biaya Telepon IndiHome membagi ke dalam beberapa kategori mulai dari Lokal, Interlokal, Seluler dan SLI

Tentang Aplikasi myIndiHome


Transaksi untuk saat ini semakin mudah karena cukup menggunakan Android atau iOS kita sudah bisa melakukan transaksi dengan Indihome.

Mulai dari berlangganan IndiHome, aktivasi OTT Video Streaming, berlangganan fitur tambahan, lapor gangguan, cek dan bayar tagihan, cek poin myIndiHome, Info Pemakaian, serta layanan lainnya. cukup menggunakan smartphone.

Fitur Bantuan

Selain itu juga terdapat Fitur Bantuan yang berfungsi untuk melakukan pengaduan kendala pada layanan IndiHome atau chat langsung dengan IndiHome hingga dapat mengetahui lokasi Plasa Telkom terdekat di wilayah anda.

Yuk unduh sekarang juga Aplikasi myIndiHome untuk mendapatkan kemudahan dalam bertransaksi dengan IndiHome.

Penutup

Internet Jika dapat dianalogikan dengan sebuah pisau Bermata Dua. yang maksudnya Internet bisa digunakan untuk hal Positif dan Negatif.

Hal negatif yang pernah saya rasakan adalah menggunakan internet untuk bermain game sampai lupa waktu hingga prestasi dari MTS hingga MAN turun bahkan hingga tidak mendapat ranking sewaktu MAN.

Hal Positif yang dapat saya ambil adalah ketika lulus dari MAN saya mempelajari berbagai bidang keilmuan yang mungkin dulu belum pernah saya coba, mulai dari belajar pemrograman, mencari informasi perkuliahan hingga bisa mendapat prestasi pertama kali seewaktu semester satu di universitas pendidikan ganesha.Bahkan saya bisa diterima di dua kampus yang berbeda.

Manfaat Internet untuk pendidikan yaitu: Pendidikan akan lebih efektif dan mudah diakses, bertukar wawasan lebih mudah dan Informasi lebih cepat tersebar.

Hambatan yang kita alami saat ini adalah masalah kecepatan internet. tapi tenang dengan IndiHome Produk Layanan dari Telkom Indonesia. anda bisa mendapatkan layanan internet secara cepat, stabil dan terjangkau.

Anda dapat mengunduh Aplikasi myIndiHome untuk mempermudah transaksi. bisa melalui Smartphone Android maupun iOS.

Source:
https://is.undiksha.ac.id/berita/2021/mahasiswa-sifors-raih-juara-harapan-ii-lomba-hacking-games-2021/
https://journal.uny.ac.id/index.php/efisiensi/article/view/3905/3376
https://id.wikipedia.org/wiki/IndiHome
https://indihome.co.id/
http://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/view/13533/0

Perkenalkan Nama saya irhan hisyam dwi nugroho saat ini menjadi mahasiswa di program studi Sistem Informasi di Universitas Pendidikan Ganesha

8 komentar

  1. good job mas irhan, perjuangan yang tidak mudah. jangan cepat puas. Internet membuat gap antara pendidikan diperkotaan dan desa semakin tipis bahkan hilang.
    1. terimakasih mas amir, dengan internet maju pendidikan indonesia juga pasti akan maju
  2. Manfaat Internet memang banyak sekali, salah satunya emang untuk kita belajar akan banyak hal yang belom kita ketahui. Semoga akses Internet di Indonesia semakin rata bahkan bisa menjangkau pelosok negeri, agar gap yang ada saat ini terselesaikan.
  3. Emang seseru kann itu berselancar dan belajar dari internet.
  4. Kereen..
    Masih muda, penuh semangat dan artikelnya sangat lengkap sekali menjelaskan manfaat dari jaringan internet indiHome.

    Salut dengan semua pencapaiannya.
    Semoga sukses selalu dan menjadi maba yang tangguh!
  5. Dengan internet kita bisa tahu banyak di seluruh di dunia tanpa harus kemana2
  6. Dapat surat cinta dr google kayanya bikin tambah semangat nge blog ya kak. Tp keingat dlu jaman SMA saat internet jarang dan lamban, sekarang alhamdulillaah sudah sat set..
  7. Sangat setuju, bahkan sekolah kami sudah mulai memberdayakan internet' untuk sumber literasi yg lebih luas... Walaupun tetap perlu pengawasan..