Search Suggest

RajaBackLink.com

Meraih Keuntungan dan Lebih Produktif dengan ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)


    Sudah sejak 2 tahun yang lalu pandemi belum juga berakhir. waktu itu masih teringat pada hari senin bulan maret 2020. kurang 2 minggu melaksanakan Ujian Nasional dan ujian Sekolah tiba - tiba semua dihapus. setelah 2 tahun berikutnya sekarang menjadi mahasiswa semester 2.

Kenapa Masih Semester 2?

saya mengambil Gap year  atau menunda kuliah selama  satu tahun. waktu satu tahun tersebut saya pergunakan untuk mengasah hard skill. dari desain grafis, programmer dan membuat video.

Terkadang ketika hanya mengikuti perkuliahan saja. saya sering banget mengalami yang namanya terkena rasa bosan. saya menghilangkan rasa bosan tersebut biasanya dengan mengikuti berbagai pelatihan dan lomba-lomba.

Kuliah masih Dirumah membuat saya terus berpikir bagaimana saya bisa menghasilkan uang hanya lewat rumah karena menurut saya sekarang adalah Era Informasi kita lebih mudah dalam mencari informasi apapun hanya dari di depan laptop.

Waktu Kuliah saya biasanya di laksanakan pada Hari senin sampai Jumat dan itupun masih terlalu banyak waktu luang oleh sebab itu saya mencoba mencari potensi dalam diri saya agar bisa terus mengembangkan skill baik itu Softskill dan HardSkill.

Berikut ini adalah beberapa hal - hal yang saya lakukan di depan Komputer saya:

1. Membuat Aplikasi AR Project Lens Studio

salah satu contoh membuat Aplikasi Augmented Reality

Sekitar bulan desember lalu saya mengikuti lomba dalam mengikuti pembuatan Efek Augmented Reality di Aplikasi Snapchat.

Lomba itu diselenggarakan oleh salah satu platform website dimana 50 Aplikasi AR Terpilih akan mendapatkan 2.500 Point dan 3 AR Aplikasi terpilih akan mendapatkan Iphone XR.

Karena Spesifikasi Komputer saya masih rendah jadi ketika membuat Aplikasi Augmented Reality di Lens Studio sering Keluar.

Itu Terjadi karena VGA saya kurang kuat untuk Membuka software Lenstudio dan sering terjadi software menutup sendiri.

Meskipun begitu dengan sedikit kesabaran saya berhasil memenangkan perlombaan tersebut dan alhamdulilah saya mendapatkan 2500 Point waktu itu saya tukar dengan Keyboard serta pembelajaran programming selama 30 Hari.


2. Mengikuti Lomba Film Pendek

Juara 1 Film Pendek tentang Desa Pancasila di Kabupaten Banyuwangi

Saya sering mengikuti lomba - lomba film pendek dan Video pendek di media sosial. yang perlu dibuat ketika membuat film bukan cuma cerita yang bagus dan menarik.

Melainkan harus ada namanya hardware penunjang untuk editing video saya sering menggunakan laptop saya untuk editing video menggunakan Filmora terkadang juga memakai Adobe Premiere Pro.

Untuk menjernihkan suara saya menggunakan software Adobe Audition. Karena menurut saya suara yang berasal dari smartphone masih kurang bersih sehingga perlu adanya software penunjang untuk menjernihkan suara.

Sehingga itu dalam pembuatan film pendek banyak aplikasi yang dibutuhkan dalam tahap editing. itulah sebabnya saya mencoba mencari  laptop yang cukup secara spesifikasi agar bisa menunjang di tahap editing.

3. Mengikuti Lomba Blog

Selanjutnya biasanya saya menggunakan laptop untuk mengikuti kegiatan lomba menulis. contohnya adalah saya biasanya mengikuti lomba menulis blog.

sehingga dalam mencari laptop saya biasanya memilih keyboard yang Empuk dan Backlit. dengan keyboard blacklit menurut saya bisa mengerjakan project tulis lebih nyaman.

Saya memilih laptop yang backlit karena ketika cahaya redup atau Mati lampu keyboard tetapi hidup.

saya masih kebayang ketika mati lampu dan keyboard belum backlit. saya harus menggunakan senter/ Cahaya dari smartphone untuk menerangi keyboard.

Memilih keyboard yang nyaman untuk beberapa tipe laptop menurutku suatu hal yang sepele tapi sulit untuk dicari karena ada beberapa brand keyboard nya seperti mechanic sehingga ketika malam hari terdengar lebih keras.

4. Mulai Belajar Pemrograman

Salah satu tugas dalam Teknik informatika adalah membuat program 

Jurusan saya adalah teknik informatika sehingga dalam mengerjakan tugas informatika hampir berjam-jam.

oleh sebab itu saya sebisa mungkin mencari laptop layar yang dipandang mata lebih nyaman karena hampir tugas dari informatika mengenai bahasa pemrograman dan membuat program hampir memakan waktu berjam-jam di depan laptop.

Memilih keyboard juga penting disini karena proses mengetik setiap baris kode membutuhkan kenyamanan dalam mengetik.

Selain belajar Pemrograman dari perkuliahan saya juga belajar pemrograman secara Autodidak karena menurut saya skill Pemrograman harus ditingkatkan dimanapun.

Contohnya saya mencoba mempelajari Front End Developer dan Android Developer. untuk Front End Developer yang dipelajari secara basic adalah HTML, CSS dan Bahasa Pemrograman JavaScript. untuk Android Developer saya menggunakan bahasa pemrograman Kotlin.

Itulah Sebabnya saya memilih laptop yang benar-benar bisa menunjang saya dalam belajar bahasa pemrograman baik itu Procesor dan RAM kuat dalam membuka dan membuat Aplikasi atau Website.

5. Mengikuti Proses Belajar dari Rumah

Biasanya Setelah shalat subuh saya mulai belajar persiapan SBMPTN

    Kita berada di Tahun dimana semuanya harus dilakukan dirumah Baik itu bekerja, Sekolah dan Kuliah semuanya dikerjakan dari rumah.

dalam Mencari Laptop saat ini saya juga mencari laptop dengan webcam yang bagus karena untuk saat ini semua kegiatan belajar dan mengajar menggunakan Platform Video Conference seperti  Zoom dan Google Meet.

Selain itu sekarang dalam membuat catatan kuliah kebanyakan dari laptop karena lebih efektif dan efisien bisa dibuka dimana saja dan kapan saja bisa di Laptop dan di Smartphone. Sehingga saya tidak perlu membawa buku terlalu banyak.

Apalagi Kuliah saya di daerah Bali sehingga waktu pulang dan pergi tak perlu membawa buku terlalu berat. 

6. Membangun Channel Youtube

Channel youtube adalah Sebuah website untuk education sharing

Membangun channel Youtube menurut saya bisa digunakan untuk Education Sharing. Membagikan Suatu hal pendidikan kepada Banyak orang adalah suatu kesenangan bagi saya pribadi.

dengan Membangun Channel Youtube mengenai pendidikan Kita sama saja dengan ikut mencerdaskan lewat konten - konten yang bermanfaat.

Biasanya Koten mengenai perkuliahan saya sharing di Channel Saya.

dalam Membuat video Youtube Laptop Berperan besar bagi saya karena dari Script video, Editing Video dan Audio saya lakukan di laptop.

Mencari Laptop Dengan Processor dan Memory yang berkualitas penting menurut saya karena  dengan begitu saya bisa editing video tanpa gangguan dari laptop seperti Laptop sering autoclose aplikasi, Sering aplikasi Not Responding dan yang paling parah Project Video belum di save tiba - tiba aplikasi menutup sendiri.

7. Bisnis Desain Grafis untuk Lebaran

Bisnis Angpao Lebaran viral 2022

Bisnis Desain Grafis Menjadi andalan saya dalam berbisnis Rumahan. seperti Cetak Undangan dan Cetak angpao.

untuk bisnis cetak undangan di desa saya alhamdulilah mulai sedikit ramai. saya memilih berbisnis cetak undangan karena di desa saya banyak acara - acara hajatan, contohnya nya seperti: saat 3 bulan mengandung bayi (telon-telon) , 7 bulan mengandung bayi (piton-piton), peringatan 7 hari pasca melahirkan(Sepasaran) dll.

untuk sekarang ini yang lagi viral adalah berbisnis membuat angpao lebaran apalagi kurang beberapa bulan lagi akan merayakan hari raya Idul Fitri. Itulah menjadi kesempatan berbisnis saya.

Sebab itulah saya juga mencari Laptop dengan spesifikasi yang kuat dalam menjalankan bisnis saya karena dalam Desain Grafis saya menggunakan software seperti Adobe Illustrator, Corel Draw dan Photoshop.

Meraih Keuntungan Work Form Home dengan ASUS Zenbook 14X OLED

Itulah tadi beberapa hal yang saya lakukan di dalam laptop. dalam Hal Mencari Laptop ada beberapa kriteria yang harus dilewati.

Jika memenuhi semua kriteria ini biasanya akan menjadi rekomendasi laptop karena di tahun 2022 banyak sekali baik pekerjaan dan perkuliahan yang dilakukan di depan laptop.

Jadi dalam memilih laptop saya mengusahakan sesuai dengan apa yang saya tekuni dan kekuatan dapur pacu sesuai dengan saya inginkan agar menjalankan suatu software tidak terlalu berat.

Berikut Ini adalah Beberapa Kriteria dalam Pemilihan Laptop, Antara Lain:

a). Penyimpanan SSD

Saya sudah mulai bermigrasi dari yang namanya HDD ke SSD. menurut saya antara HDD dan SDD memiliki perbedaan yang cukup besar.

Pasalnya HDD menggunakan Piringan sedangkan SSD menggunakan Chip. sehingga kinerja dari SSD lebih cepat.

contohnya dari Laptop ketika dihidupkan tidak perlu lagi menunggu hingga 1 menit lebih, Apalagi komputer saya harus minimal 5 menit baru bisa dipakai. saya memilih laptop dengan memiliki Storage SSD karena memang memiliki kinerja yang  baik.

oleh sebab itu setiap saya mencari laptop saya pasti hal yang saya cari terlebih dahulu apakah sudah SSD ataukah belum.


b). Mengetik yang nyaman

pada pemilihan laptop ke tiga adalah keyboard dalam laptop nyaman. itu dikarenakan dari tugas hingga freelance saya selalu menggunakan keyboard.

contoh dalam tugas kuliah seperti membuat resume, membuat program, membuat power point, dan mengerjakan tugas semuanya menggunakan keyboard.

selain keyboard yang nyaman saya juga mencari Keyboard Backlit yang artinya keyboard tersebut bercahaya jika dalam kegelapan.

ini berguna sekali ketika rumah saya mati lampu saya tetap bisa menggunakan laptop tanpa pencahayaan tambahan entah itu lewat LED smartphone atau lampu senter.


c). Layar Jernih

Saya sering mengerjakan beberapa freelance mengenai desain grafis seperti yang telah saya sebutkan diatas saya membuat bisnis angpau lebaran biasanya saya menggunakan Adobe Illustrator dan corel draw dalam membuat illustrator.

dalam pemilihan layar saya tidak main - main karena sangat berpengaruh dengan desain grafis karena kualitas warna yang dihasilkan akan berbeda jika tingkat akurasi dalam layar laptop kurang.

Apabila mencari laptop saya mencoba mencari suatu laptop dengan tingkat akurasi warna diatas 85% itu sudah cukup dalam desain grafis.


d). Processor 

yang opsi kelima adalah Processor.

Wah, kenapa Processor di urutan kelima?

Processor di urutan kelima bukan berarti tidak penting ya. biasanya dalam suatu daftar penomoran yang terakhir adalah yang paling penting hehehe.

Processor dan Ram sudah seperti kakak beradik dalam pemilihan laptop ini yang paling penting. membuka software berkali - kali sering saya lakukan membuka dan menutup aplikasi.

contoh nya setelah membuat angpau lebaran saya tutup aplikasinya saya buka aplikasi Android studio saya tutup lagi saya buka aplikasi editing video.

oleh sebab itu saya dalam mencari laptop hal yang sangat penting adalah memilih Processor dan RAM.

Spesifikasi Laptop Rekomendasi 2022


Memilih Laptop yang tepat?

Pilihanya Jatuh Kepada  ASUS Zenbook 14X OLED (UX 5400)

Melihat pertama kali lansung jatuh cinta ketika melihat Laptop ASUS Zenbook 14X OLED (UX 5400) Karena kualitas dari laptop ini patut di acungi jempol.

Alasan dari saya menyukai ASUS Zenbook 14X OLED (UX 5400) adalah sebagai berikut:

saya akan menyebutnya dari 

  1. Perkenalan Asus Zenbook 14X OLED (UX 5400)
  2. Kualitas Layar Asus Zenbook 14X OLED (UX 5400)
  3. Dapur Pacu Asus Zenbook 14X OLED (UX 5400)
  4. Keunggulan Asus Zenbook 14X OLED (UX 5400)
  5. Kesimpulan

Laptop ASUS Zenbook 14x OLED (UX 5400)

Laptop ASUS Zenbook 14x OLED (UX 5400)

Ketika pertama kali (First Impression) melihat Asus Zenbook 14X OLED (UX 5400) saya merasa ini adalah laptop impian bagi saya.

Memang kenapa saya pertama kali lihat lansung menyukainya adalah karena ASUS Zenbook 14X dapat meningkatkan produktifitas penggunaanya.

Apalagi ditambah ScreenPad™ 2.0. Zenbook 14X OLED (UX5400) yang memang benar - benar dapat meingkatkan produktivitas penggunanya karena Performa dan desain yang lebih ringkas serta ringan.

Melalui Laptop Zenbook 14X OLED, ASUS tidak cukup hanya memberikan pengalaman - pengalama terbaik lewat laptop yang handal. yang diberikan ASUS Zenbook 14X OLED Sangat memudahkan, meningkatkan produktifitas, serta dapat menjaga kesehatan mata saya.



Kualitas Layar ASUS Zenbook 14X OLED (UX 5400)
Kalau saya amati memang ASUS Zenbook 14X (UX 5400) memiliki kualitas layar yang memang terbaik.

saya seorang desain grafis tentunya akan memilih laptop dengan kualitas layar terbaik untuk desain.

Apalagi ASUS Zenbook 14X (UX 5400) ini didukung berkat ASUS OLED. yang dimana ASUS OLED telah mendapatkan sertifikasi low blue-light dan anti-flicker dari TÜV Rheinland. 

yang Artinya Layar ini tidak hanya aman bagi kesehatan melainkan juga lebih nyaman ketika digunakan.

Saat membuat Program karena tugas dari teknik informatika. Zenbook 14X OLED dapat bekerja lebih lama karena memang tanpa membuat mata lelah.

ASUS OLED mampu memproduksi warna yang sangat tajam dan kaya dengan color gamut mencapai 100% pada color space DCI-P3. Tingkat Akurasi warna juga tinggi sudah berstandar industri serta mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated Display.

Fitur yang tidak kalah menariknya adalah pada Layar ASUS Zenbook 14X OLED, mengusung rasio layar 16:10 beresolusi 2.8K (2880x1800). yang lebih lebar dengan versi sebelumnya sehingga membuat ruang kerja semakin luas dan berpengaruh dengan produktivitas.


Dapur Pacu ASUS Zenbook 14X OLED (UX 5400)
Setelah sebelumnya saya menjelaskan mengenai perkenalan ASUS Zenbook 14X OLED (UX 5400) dan Kualitas Layar Zenbook 14X OLED

Sekarang saya akan membahas mengenai Dapur Pacu dari  ASUS Zenbook 14X OLED (UX 5400). memang dapur pacu dari laptop ini sangat membantu banget untuk lebih produktif.

Laptop modern ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics.  sehingga untuk membuka berbagai software sangat kuat (powerful) untuk multitasking.

Apalagi Laptop ini ditemani oleh chip Intel® Iris Xe Graphics dan juga NVIDIA® GeForce® MX450, sehingga membuat pemrosesan grafis ekstra yang sangat dibutuhkan oleh para content creator.

Di samping Processor dan Chip Grafis Laptop ini juga ditambah Memori yang berkapasistas 16GB. Tidak hanya itu penyimpanan sudah berupa PCle SSD yang sudah terkenal dengan performa yang tinggi. 

oleh sebab itu saya tidak terlalu mengkhawatirkan tentang kehabisan kapasistas karena menurut saya kapasitas 1TB Sudah sangat Cukup.

ada hal yang istimewa di laptop ini karena memiliki fitur ASUS Intelligent Performance Technology (AIPT) dimana fitur ini memiliki tiga mode performa yaitu performance mode, balance mode dan Whisper Mode.

Pada Performance mode, procesor dapat dipacu hingga dayanya 40W sehingga menghadirkan performa yang lebih kencang.


Keunggulan Asus Zenbook 14x OLED (ux 5400)

Pada Laptop Modern ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) memiliki banyak sekali keunggulan untuk membantu Penguna untuk lebih produktif.

Berikut beberapa keunggulan Lain dari ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) ini, antara lain:

  • Berat hanya 1.4 Kg
Sebelumnya saya telah menyebutkan bahwa saya mencari laptop dengan tidak lebih 1,5 Kg berat Laptop.

Kenapa saya memilih seperti itu?

agar ketika dibawa kemana saja tidak terasa berat di pundak. apalagi contohnya bagi anak SMA yang harus membawa laptop dengan bobot laptop 3 kg. 

kemungkinan akan terasa berat karena disamping membawa laptop harus membawa buku mata pelajaran jelas ini akan membuat pundak siswa secara terus menerus mengalami sakit.

dengan bobot sekitar 1,4 Kg lebih meringankan beban untuk dibawa. ditambah laptop ini meskipun ringan sangat bertenaga kalo bisa di bilang Kecil - Kecil Cabe Rawit lah hehe.

  • Memiliki ScreenPad™ 2.0

Pada ASUS Zenbook 14X OLED Ada Fitur yang bernama ScreenPad™ 2.0 ,Fitur inilah yang membedakan dengan laptop premium lainnya.

ScreenPad™ 2.0 Berfungsi sebagai Layar Kedua dan Touchpad sehingga membuat meningkatkan produktivitas sehari-hari.

Selain itu di dalam ScreenPad™ 2.0 Memiliki fitur Quick Key misalnya memungkinkan untuk pengguna dalam mengakses berbagai macam shurtcut sehingga saya tidak perlu menghafal kombinasi shutcut keyboard.

saya menggunakan Adobe Illustrator sangat terbantu banget apabila ada fitur seperti itu karena saya tidak perlu menghafal shurtcut satu demi satu.

  • 180˚ ErgoLift hinge

Pada Asus Zenbook 14X OLED (UX 5400) sangat nyaman untuk digunakan karena telah mengusung mekanisme 180˚ ErgoLift hinge.

Oleh karena itu Laptop ini dapat dibuka hingga 180˚ ,sehingga memudahkan untuk melakukan kolaboratif baik dengan tim atau Client.

Desain dari laptop ini ketika di buka laptopnya posisinya akan mengangkat sedikit mengangkat bodi utama ,sehingga ini yang membuat nyaman pada mode penggunakan diatas meja.

Spesifikasi Lengkap ASUS Zenbook 14X OLED 


Spesifikasi Zenbook 14X OLED (UX5400)
CPU Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
Operating System Windows 10 Home
Memory 16GB LPDDR4X
Storage 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Display 14" (16:10) OLED 2.8K (2880x1800) 90Hz 400nits DCI-P3:100% NanoEdge display, PANTONE Validated Display, VESA TrueBlack HDR, TÜV Rheinland eye care certified, 92% screen to body ratio
ScreenPad™ 2.0 (FHD+ (2160 x 1080) IPS-level Panel)
Graphics Intel® Iris Xe Graphics,
NVIDIA® GeForce® MX450, 2GB GDDR6
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display and power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader
Camera 720p HD camera
Connectivity Wi-Fi 6 (802.11ax) + Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
Audio Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified
Battery 63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension 31.12 x 22.12 x 1.69 ~ 1.69 cm
Weight 1.4Kg
Colors Lilac Mist, Pine Grey

oo00oo

Kesimpulan

Menurut saya ASUS Zenbook 14X OLED (UX 5400) adalah suatu pemilihan terbaik untuk lebih produktif entah itu anda pekerja kantoran, Content Creator, Freelencer dan Mahasiswa.

Laptop ini di samping Ringan dengan bobot hanya 1,4 Kg, mempunyai kelebihan di dapur pacu serta layar yang sudah OLED membuat mata menjadi tidak lelah berlama-lama menatap layar Laptop.

Fitur - Fitur dari  ASUS Zenbook 14X OLED (UX 5400) membuat kita lebih nyaman dan lebih produktif seperti: ScreenPad™ 2.0, layar ASUS OLED dan 180⁰ ErgoLift Hinge membuat kita lebih cepat mengerjakan suatu project dengan lebih cepat.

Itulah tadi Artikel mengenai Meraih Keuntungan dan Lebih Produktif  dengan ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) Apabila teman - teman memiliki komentar yang lain silahkan tuliskan kedalam kolom komentar.

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) Writing Competition bersama bairuindra.com

Perkenalkan Nama saya irhan hisyam dwi nugroho saat ini menjadi mahasiswa di program studi Sistem Informasi di Universitas Pendidikan Ganesha

7 komentar

  1. Semakin terasah bgt ya gaya penulisan mu. Btw udh sekian lama punya akun blog tp blm sempet produktif, bagi tips ya di blog selanjutnya mungkin...
    Bener sih setuju bgt misal kita punya perangkat yg mendukung tu kerjaan ataupun tugas kuliah semua bisa cepat terselesaikan juga.
    1. Terimakasih Na'ala Atas tanggapan yang telah diberikan
  2. Semoga artikel mu kali ini membawa keberuntungan.. tapi parah sih bagus banget
  3. Tetap semangat bro, semoga mimpi mimpinya tercapai semua.
    1. amin mas terimakasih
  4. Halo, terima kasih ya sudah mengikuti ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) Writing Competition. Semoga mendapatkan hasil yang terbaik ya!
    1. Amin mas, terimakasih