Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Impian Besar Ingin Kuliah Sampai Ke Luar Negeri

Kampus Lvy League

 Irhanhisyam.com - assalamualaikum, sudah lama sepertinya saya tidak menulis mengenai catatan pribadi di blog ini. ada suatu hal ingin saya bahas disini

"ya iyalah mana mungkin ngetik kalau tidak ada yang dibahas".

haha santai wahai netizen budiman. kita mulai dengan tulisan. "SEMUA ORANG PUNYA YANG NAMANYA TUJUAN".

waduh capslok ku jebol kawan hehe. tak terkecuali saya sendiri saya mempunyai keinginan untuk berkuliah sampai keliling dunia atau biar dibuat simpel aja kuliah ke luar negeri.

Kenapa saya berminat kuliah ke luar negeri? 

"Halah mungkin cuma ingin pamer ke negeri orang, foto sana sini, pergi kesana sini itukan ?".

Wah, tidak itu yang saya maksudkan bro, Saya mungkin akan sedikit menjabarkan mengenai kelebihan dan manfaat kuliah keluar negeri.

1. Mendapatkan Pendidikan Berkualitas Tinggi

    Pastinya dengan berkuliah ke luar negeri saya banyak belajar dari budaya, bahasa, dan pendidikan. menurut ku itu bukanlah beban sama sekali melainkan sebuah proses untuk bertumbuh.

saya berkinginan untuk dapat berkuliah salah satu dari negara Inggris, Amerika serikat dan Australia karena negera-negara tersebut memiliki pendidikan tinggi yang dikagumi oleh dunia. karena banyak universitas berperingkat tinggi ada di 3 negara ini.

2. Mempelajari Berbagai Perspektif Baru

setiap daerah pastinya memiliki budaya apalagi sudah beda negara menurutku inilah hal yang menarik bagi saya selain saya belajar untuk menempuh pendidikan disana. saya juga bisa belajar berinteraksi dengan bahasa, budaya dan adat mereka.

dan bisa saja saya ikut serta dalam memperkenalkan budaya indonesia di eropa sana hehehe. (I think this is the interesting thing for me).

3. Mengembangkan Berbahasa Asing

kalau saya disuruh memilih belajar bahasa mungkin banyak ingin saya pelajari seperti Bahasa Inggris, Bahasa Jerman dan Bahasa Arab.

Mengapa saya ingin belajar bahasa?

Karena saya ingin menambah wawasan. contohnya ketika saya menemukan buku A dalam bahasa inggris tentu saya harus menunggu ada buku yang menerjemahkan buku A tersebut. tetapi sebaliknya ketika sudah bisa mengerti dan memahami bahasa Inggris.

Saya tinggal membaca buku tersebut karena menurut saya.

language is the gateway to knowledge 

(bahasa adalah pintu gerbang pengetahuan)

dan pastinya masih ada banyak manfaat dan kelebihan dari berkuliah di luar negeri dan saya sebelum melakukan riset mengenai luar negeri memang ada banyak tantangan yang harus dihadapi.

contohnya: ketika kangen rumah, keluarga, dan teman-teman pastinya itu akan membuat sedih. 

oleh sebab itu saya mencoba membuat alternatif bagaimana agar tetap terhubung ke mereka meskipun saya berada di luar negeri.

salah satunya tetap berhubungan telepon, video call dan  menetapkan tujuan kita diluar negeri itu untuk belajar bukan hal lain.

meskipun saat ini saya masih berstatus mahasiswa semester satu, tetapi semangat saya begitu berkobar. dan saya sedikit - sedikit memikirkan kedepan bagaimana saya bisa diterima di kampus luar negeri dengan full beasiswa.

Salah satunya dengan cara saya mulai mencari informasi untuk belajar TOEFL dan IELTS serta mencoba untuk mendapatkan skor terbaik dari sana.

Menurut bukunya david J. Schwartz bermimpi saja tidak cukup harus ada namanya tindakan nyata.

keinginan saya adalah dapat berkuliah di Lvy League, adapun mengenai daftar Levy League tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Brown University di Providence, Rhode Island
  2. University Columbia di New York City
  3. Cornell University di ithaca, New York
  4. Universitas Darthmouth di hanover, new Hampshire
  5. Universitas Harvard di Cambridge, Massachussetts
  6. Universitas Princenton
  7. Universitas Pennsylvania
Selain mengejar Magister di Luar negeri saya juga berkiinginan untu melanjutkan Doktoral di dalam negeri, adapun kampus yang ingin saya tuju adalah sebagai berikut.

  1. Institut Teknologi Bandung
  2. Universitas Gadjah Mada
  3. Universitas Indonesia
  4. Institut Teknologi Sepuluh November

Mencoba suatu hal yang baru adalah menarik bagi saya karena manusia harus memiliki pemikiran Growth Minded yang artinya kita selalu berproses untuk tumbuh.

Allah Swt selalu bersama kita ada sebuah Firman Allah dalam surat Qaf ayat ke 16  yang mengatakan bahwa Allah itu dekat dengan kita lebih dekat dari pada urat leher. maka janganlah engkau bersedih karena kita selalu didekat Allah SWT.

semoga dengan tulisan ini teman - teman juga bisa mulai menyusun tujuan/cita-cita/visi  kalian. ingat jangan terlalu berpikir tidak bisa katakan diri anda berhak untuk itu.

Wassalamualaikum,

irhan hisyam
irhan hisyam Seorang Blogger, Content Writer, Content Creator, Videografer &Programer.