Search Suggest

RajaBackLink.com

Rahasia Orang bisa Sukses Berjualan dengan Dropshiping dan Tanpa Modal

 

Terkadang Ketika anda ingin memulai suatu usaha atau bisnis, pasti yang dipikirkan diawal adalah mengenai Modal. 

tidak bisa dipungkiri karena memang modal adalah suatu elemen yang terpenting dalam suatu usaha, alternatif terbaik ketika kamu ingin terjun ke bisnis akan tetapi masih mengalami keterbatasan modal? 

Dropshiping menjadi pilihan terbaik karena Dropshiping adalah sistem penjualan dengan relatif minim modal dan bisa dilakukan oleh semua orang.

Mungkin bagi kalian yang terbiasa berselancar di internet, pasti sudah tidak asing di telinga mengenai dropship. buat kamu yang belum mengerti.saya akan mencoba menjelaskan secara lebih sederhana agar lebih cepat dalam menangkap konsep dropship seperti apa? 

dan selanjutnya saya akan mencantum mengenai Dropship dalam pandangan islam serta cara sukses orang dalam berjualan secara dropship.


Apa Itu Dropship?

Jika anda mencari di google mengenai peluang usaha online di tahun 2021 pastinya dropship akan selalu muncul entah itu dipilihan 10 besar, 5 besar atau pertama.  jadi sebenarnya apa sih dropship itu ?

Konsepnya, Dropship artinya sistem penjualan di mana penjual hanya perlu memasarkan dan menjual barang milik orang lain.

bisa dibilang konsep bisnisnya sangat sederhana. akan tetapi, kamu bisa meraup penghasilan lebih tanpa harus memikirkan stok barang, apabila strategi marketing dan cara penjualan yang baik bisa saja kamu menjadi seorang jutawan muda.

Saat ini banyak orang mulai terjun di dunia bisnis dropship, dan banyak juga orang yang gagal di  dunia bisnis dropship. saya disini tidak menurunkan semangat anda tetapi inilah kenyataan. anda harus menerima dan memperbaiki. 

Kegagalan dalam bisnis seperti obat, obat memang pahit tapi bisa menyembuhkan anda dari namanya penyakit, dan obat itu bisa kamu bagikan kepada siapa saja.

anda bisa memanfaatkan teknologi saat ini, Dropshipper dilakukan secara online, bisa menggunakan media sosial seperti: Facebook dan instagram atau dengan menggunakan layanan e-commerce.

Seorang Dropshipper akan mendapat keuntungan dari selisih harga dari tangan pemasok dengan harga jual ke pembeli.


Mengapa Harus Dropship?

Karena Dropship adalah salah satu alternatif terbaik untuk anda dalam memulai suatu bisnis online. di dunia dropship akan ada banyak keuntungan jika anda memilih dropship, sebagai berikut:

  • Modal sangat minimal

anda bisa memulai usaha bisnis dropship dengan modal yang minimal, Alasanya adalah anda tidak perlu membeli di awal dan menstok barang diawal.

yang cukup kalian butuhkan adalah mencari pemasok yang baik.

  • Resiko yang sedikit

Resiko yang dihadapi relatif kecil. alasanya ketika ada suatu trend baru kalian tidak perlu membeli barang tersebut untuk digunakan stok barang. anda cukup mencari produk yang trend dan lansung menjualnya kepada konsumen.

  • Bebas menjual apa saja

saat anda memulai bisnis dropship. anda cukup memperhatikan strategis bisnis anda mengarah ke siapa atau ke apa ? 

bisa ke kebutuhan sehari - hari, kecantikan, perlengkapan olahraga, ibadah ataupun hobi.

  • Mudah Dijalankan

Bisnis Dropship bisa dijalankan oleh semua kalangan tanpa terkecuali. yang anda butuhkan hanya internet untuk bisa menjalankan bisnis dropship agar berjalan.

dan anda juga tidak dituntut memiliki keahliah yang lebih cukup anda memiliki keahli di bidang pemasaran / penjualan maka sistem penjualan dropship akan berjalan dengan optimal dan bisnis anda akan mendatangkan profit.

  • Bebas Menjual dari mana saja

Tidak seperti bisnis offline / fisik, bisnis offline harus memperhatikan secara benar letak lokasi bisnis mereka. itu sangat berbeda dengan bisnis dropship karena di bisnis ini  anda dapat menjual dari mana saja.



Dropship Dalam Perspektif Islam?

Seorang muslim sudah sepantasnya mengerti hukum dropship sebelum terjun kedalam bisnis dropship. agar kita bisa menghindari kesalahan - kesalahan dalam menggeluti bisnis dropship

Dikutip dari website islam nu,

Terdapat dua sistem dropshipping berdasarkan keberadaan izin yang dipegang oleh penjual.

  • Pertama, Dropshipping  tanpa seizin dari supplier/ penjual pemilik barang. hukumnya adalah haram menurut mayoritas ulama.
  • Kedua, dropshipping dengan izin menjual barang dari supplier. Akad yang terkandung dalam model ini adalah akad salam. ulama empat mazhab menyatakan status kebolehan hukumnya.

anda bisa mengecek website islam nu yang sudah saya taruh di bagian sumber/ referensi.


Bagaimana Sukses Berjualan Dropship Bagi Pemula?

Agar kita berhasil dalam suatu bisnis kita harus mempelajari bisnis dropship itu bekerja dan mekanismenya? caranya bagaimana?.

dengan mempelajari setiap tokoh yang berhasil dalam dunia bisnis setidaknya dalam benak kalian akan tergambar cara bagaimana mengembangkan bisnis yang anda miliki. Alasan itulah saya menuliskan beberapa tokoh yang berhasil dalam bisnis sehingga anda bisa mengambil dari setiap pelajaran yang saya tuliskan.

1. Abdurrahman Bin Auf



mungkin di benak kalian pasti bertanya Mengapa Abdurrahman bin Auf ? karena beliau adalah salah satu sahabat Rasulullah yang pandai dalam berbisnis, sehingga setidaknya kita bisa mencontoh yang beliau lakukan.

  • Esensi Bisnis
Kata Abdurrahman bin Auf, "Saya tidak mau keuntungan yang banyak".

Abdurahman bin Auf lebih mementingkan Volume penjualan dibanding margin pendapatan. Beliau lebih mementingkan menjual produk Rp10,- tetapi terjual banyak dibanding Rp100 ribu hanya terjual satu.

  • Penjualan Secara Tunai
Abdurrahman akan lebih memilih keuntungan Rp100 ribu jika kontan dibandingkan dengan untuk 1 juta tapi kredit

  • Pasar
Abdurrahman bin Auf sangat Berfokus terhadap market atau pasar. Beliau langsung mempelajari kebutuhan market yang ada di pasar tersebut.

Ketika anda sudah mengetahui masalah pada pasar tersebut. maka anda bisa menciptakan solusi dalam bentuk produk.

  • Kualitas Produk
Prinsip dari Abdurrahman bin Auf adalah tidak pernah membeli produk yang jelek atau rusak, beliau pasti harus memilih produk yang memiliki kualitas bagus.

Karena Produk yang jelek akan sulit untuk dijual kembali. kalau kita berpikir, ketika produk kita itu bagus maka kosumen akan puas dan mengulangi order.
  • Keberkahan
Di dalam islam kita di ajarkan ketika berbisnis jangan hanya mencari keuntugan. tetapi Allah SWT harus ridho. Bagaimana Caranya? caranyanya adalah dengan menjual barang yang halal dan legal. tidak menipu dan harus jujur.

Jadi, Abdurrahman bin Auf mengajarkan kepada kita, jadikanlah sebuah bisnis untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt. Jadikan tujuan bisnis yang utama adalah kehidupan Akhirat.

2.  Michael Sugiharto - Youtube Teknobie

Michael Sugiharto

Ada 5 Tips Bisnis online untuk orang yang baru terjun kedalam bisnis pemula, antara lain:
  • Temukan Gairah Anda
anda terlebih dahulu harus mengetahui pada hal apa anda menjadi semangat dan begitu senang. sehingga ketika anda menemukan hal tersebut, dalam berbisnis apapun jika sesuai gairah anda maka akan terasa ringan.

Dengan begitu, anda akan dapat bekerja tanpa merasa bekerja.

  • Cari Role Model Anda
Anda harus memiliki tokoh yang bisa dijadikan panutan. tentukan siapa tokoh yang dapat menuju kesuksesan.

Sehingga kalian akan memiliki metode ATM (Amati Tiru Modifikasi).

  • Pilih Custumer Anda
Carilah Customer yang paling Comfortable. Pilih bisnis yang banyak disukai oleh orang - orang disekitar anda.

  • Pilih Kategori
Kenapa Kategori? sebab, jika anda telah melakukan suatu bisnis online di satu jenis, dan kemudian bisnis itu naik, anda dapat melakukan ekspansi bisnis tersebut ke jenis yang lainnya. namun masih kedalam satu kategori.

  • Pilih channel penjualan
Anda harus memilih satu channel penjualan saja. kosentrasi kedalam satu channel itu, jangan terlalu cepat dalam membagi cabang

3.  Hani Permata (23 tahun)


Pada November 2019 lalu ia mencoba memulai bisnis usaha tanpa modal yaitu menjadi seorang Dropshipper.

dengan menjual perabotan unik dan kekinian ,seperti: heatlh care, blender dan lain sebagainya. meskipun berusaha tanpa modal Hani mampu menghasilkan Rp8 - 10 Juta per bulan. ia menuturkan memang penjualan barang sebelum pandemi stabil.

  • Kebutuhan Masyarakat
Saat ini hani sedang berusaha untuk memenuhi kebutuhan apa yang sedang di butuhkan dimasyarakat pada masa pandemi ini. maka dari itu ia giat mengelola strategi marketing dari sisi promosi.

Trik dalam marketingnya adalah dengan menggunakan promosi bisa lewat influencer atau selebgram atau melalui tiktok, instagram ads, hingga facebook ads. yang membuat kita bertahan adalah memiliki kualitas dan pelayanan yang baik.

    Bagaimana apakah anda tertarik dengan bisnis dropshipping?  jika iya kamu juga bisa untuk gabung di website Dropsip mangdropship karena produknya sangat lengkap seperti fashion wanita, pria dsb. ada berbagai produk dropship yang tersedia di mangdropship.

Supaya lebih jelas, anda juga bisa menonton video mengenai Dropshiping berikut:



Sumber/Referensi:

https://islam.nu.or.id/post/read/95584/hukum-jual-beli-sistem-dropship-dan-reseller

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4385064/tengok-kisah-sukses-dropshipper-yang-kini-punya-usaha-sendiri

***

Itulah tadi mengenai pembahasan dropship semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat bagi pembaca.

Dan apabila terjadi kesalahan pengetikan dan ejaan kami mohon maaf, jika ada pertanyaan, kritik serta saran bisa anda tambahkan di kolom komentar dan insyallah akan saya jawab terimakasih.

Perkenalkan Nama saya irhan hisyam dwi nugroho saat ini menjadi mahasiswa di program studi Sistem Informasi di Universitas Pendidikan Ganesha

1 komentar

  1. Mantap mas artikelnya