Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang Saya Lakukan Ketika Gap Year Setelah SMA?

 


Assalamualaikum,

Sebelumnya saya ucapkan selamat datang di website yang sederhana ini. di website ini nantinya saya akan memberikan beberapa informasi terkait perkuliahan, beasiswa, tutorial, Tips Trick, Bisnis dan lain sebagainya. Perkenalkan dahulu saya Irhan Hisyam Dwi Nugroho. saat ini saya sedang menempuh pendidikan semestar awal di universitas Pendidikan Ganesha dengan Prodi Sistem Informasi.

oh ya dulunya saya sempat mengalami masa Gap Year. Apa itu Gap Year?

Gap Year merupakan mengambil waktu kosong sebelum masuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau dengan kata lain menunda waktu mengambil kesempatan menjalankan pendidikan di perguruan tinggi setelah jenjang SMA.

ada banyak alasan kenapa lebih memilih gap year

  • Kita bisa terhindar dari pilihan yang salah
  • Potensi untuk lulus tepat waktu lebih tinggi
  • Dapat mengembangkan Skill Baru
  • Waktu yang tepat untuk menemukan Passion
  • Punya Banyak waktu belajar untuk menaklukan ujian masuk kuliah selanjutnya

Tetapi dibalik gap year itu sendiri bisa menjadi momentum dalam diri kita untuk mengembangkan potensi diri kita sebelum memasuki Dunia Perkuliahan, buar kalian yang mengalami masa gap year jangan sedih, karena bisa jadi dengan menjalani gap year justru bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Pada masa Gap Year  ada beberapa yang saya Lakukan, Diantaranya:

1. Mengikuti Pelatihan Online


Kursus Online bisa menjadi alternatif kita untuk mengisi waktu luang. disamping memanfaatkan waktu kita juga bisa mendapatkan skill baru terkait suatu hal. adapun kelas yang pernah saya ikuti seperti:

  • Dicoding
Dicoding adalah sebuah perusahaan start up yang bertujuan mengembangkan ekosistem developer indonesia. Berdiri sejak 5 Januari 2015. dengan laman Dicoding.com.

Saya waktu itu melakukan pelatihan ini ketika ada beasiswa IDCamp Indosat Ooredo 2021. adapun mengenai beasiswa IDCamp mencangkup,antara lain: Android Developer, Front End Web Developer, Ios Developer, Machine Learnng Developer, multi platform App developer dan Back-End Developer.

Jadi saya bisa belajar bahasa pemrograman seperti Kotlin.juga belajar cara membuat aplikasi Android meskipun untuk saat ini saya masih kesulitan untuk membuat aplikasi android. nantinya saya akan belajar lagi untuk sampai bisa membuat sebuah aplikasi.

  • Sekolah Desain

Sekolah Desain adalah platform belajar online  desain di indonesia. dengan laman www.sekolahdesain.id.

Saya masih ingat mendaftar di sekolah desain pada bulan November. mulai pembelajaran pada bulan desember, lalu penutupan pada bulan Januari. saya memilih kelas Belajar Adobe Illustrator karena menurut saya Desain untuk saat ini seperti naik daun oleh sebab itu saya mencoba belajar desain. setidaknya saya bisa menggunakan Software Adobe Ilustrator beserta fitur-fiturnya.

terkadang hasil menggunakan Illustrator saya share di instagram.

  • Skill Academy
Skill Academ merupakan inovasi terbaru dari ruangguru, sebuah perusahaan teknologi yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan dan telah memiliki lebih dari 15 juta pengguna dan 100 bidang pelajaran dengan lama www.Skillacademy.com

Saya pertama kali mencoba untuk kelas belajar membuat blog untuk menghasilkan uang dan alhamdulilah ada banyak pelajaran yang dapat saya terapkan di blog ini. kelas tersebut dapat saya selesaikan mungkin dengan jangka waktu 2 hari.

Kalian juga bisa baca:

https://www.irhanhisyam.com/2021/07/review-kelas-skill-academy-by-ruangguru.html


2. Mengikuti Pelatihan Kerja

Foto waktu penutupan BLKK Al - Falah

saya mengikuti pelatihan kerja di Balai Latihan kerja di desa Buluagung, siliragung , Banyuwangi, Jawa Timur. pelatihan tersebut berisi materi tentang desain Grafis dengan waktu pelatihan sekitar 20 hari.

Banyak Fasilitas yang bisa di dapatkan oleh peserta seperti: Flashdisk, buku, pulpen, masker, hand sanitizer, dan map Plastik. untuk masalah makanan dan minuman semua sudah ditanggung oeh pihak BLKK Al - Falah. sehingga peserta tinggal berangkat saja dari rumah. untuk waktu pembelajaran sekitar dimulai pukul 07.30 dan selesai antara pukul 12.00 - 13.00 WIB. 

materi yang dibahas adalah mengenai teknik - teknik dasar Corel Draw dan Photo Shop. 

banyak teman - teman saya yang dari MAN jadi sekelas bareng di BLK Jadi seperti nostalgia waktu di sekolah. untuk peserta di batasi sampai 15 peserta saja memang dikarenakan komputernya juga terbatas.


3. Blogger dan Youtuber

Pada bulan April mendapat Surat Cinta dari Google

Siapa sih dari kalian yang tidak tahu Blogger dan youtuber ? pasti dari kalian sudah mengerti maksud diatas. yap saat waktu kosong saya sempatkan untuk menulis artikel atau terkadang saya juga membuat video youtube.

untuk youtube sendiri masih tahap membangun jadi masih sedikit yang saya uploud. oh ya kalian semua jangan lupa untuk subscribe channel saya hehehe.

 saya sering uploud postingan pada bulan oktober - februari 2021 setelah itu aku vakum ngeblog untuk fokus belajar sbmptn. dan kadang ada teman saya datang kerumah saya untuk belajar baren. dan alhamdulilah pada pengumaman SBMPTN 2021 Kemarin dia lolos di Universinas Negeri malang. wah saya jadi ikutan seneng mendengarnya hehehe.

untuk postingan di blogger terkadang acak - acakan maklum lah terkadang sulit menemukan ide - ide untuk menulis hehehe. 

Sedikit kisah ketika pada bulan April saya mendapatkan surat dari Google Adsense yang berupa kode pin. blog ini sebelumnya saya dirikan pada 2017 yaitu ketika kelas satu MAN 4 Banyuwangi.

Saya juga sempat membuat Podcast untuk pertama kali kalian bisa kunjungi podcast saya disini: https://open.spotify.com/episode/7LTSFGOAGficfYksKagNd0  Sebenarnya saya masih berkeinginan untuk membuat podcast agar bisa sharing mengenai ilmu pengetahuan.

4. Mengikuti Lomba - Lomba di Instagram

Menang Lomba Vlog Juara 1 Desa Pancasila


ini yang menurut saya paling menyenangkan karena saya bisa berkompetisi. saya memulai mengikuti berbagai lomba-lomba di instagram ketika saya sudah penutupan BLKK Al - Falah. waktu itu temen saya Andika menyarankan untuk mengikuti lomba vlog yang diadakan oleh PDIP Banyuwangi.

Waktu itu sebenarnya saya sempat pesimis karena pengetahuan mengetahui camera, acting masih cukup kurang. Tetapi karena paksaan dari teman, saya jadinya tetep melakukan rekaman. Rekaman video vlog tersebut dimulai Setelah dhuhur. Singkat cerita alhamdulilah saya mendapat Juara Pertama untuk Lomba Vlog desa Pancasila teman saya andhika mengikuti lomba orasi dan alhamdulilah lagi dia mendapatkan juara ke 2.

untuk lomba kedua saya mengikuti lomba ucapan Bawaslu kudus ke-3. waktu itu dengan 6 personil tadi membuat sebuah video ucapan selamat ulang tahun dan alhamdulilah kami mendapatkan juara ke - 4 sangat bersyukur sekali.

Terkadang Allah swt membuat sebuah rezeki yang tidak disangka - sangka.


5. NGARIT

Foto Lagi ngarit hehe

Kalo orang di desa mungkin sudah banyak yang tahu apa itu ngarit. Bapak saya punya peternakan kambing. untuk kandangnya sendiri terletak di belakang rumah. untuk kandangnya sendiri muat sampai 23 Kambing.

Biasanya mulai ngarit sore hari jam 3 sampai selesai, Jadi saya membantu ayah saya mengarit di sawah . untuk saat ini saya mencoba untuk membuat pakan dengan teknik fermentasi sehingga lebih ringan dalam pencarian pakan kambingnya.

6. Menyiapkan Belajar SBMPTN

Maaf  Kamar sangat Berantakan hehe

Meskipun saya banyak mengikuti pelatihan akan tetapi jangan sampai lupa tujuan utama, yaitu: menyiapkan SBMPTN lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. terkadang jadwal belajar saya tidak menentu.

dalam proses belajar saya membagi materi yaitu yang sering keluar. untuk belajar SBMPTN Saya menggunakan berbagai platform.

untuk platform belajar saya menggunakan Zenius, Pahamify, Channel Youtube Ko ben, Channel Chemistry Kita, dan beberapa platform Try out seperti Pahamify , Eduka dan Cerebrum. Nantinya saya akan share bagaimana strategi saya menghadi soal soal sbmptn dan Alhamdulilah saya mendapatkan Skor utbk 571 dan di terima di universitas Pendidikan Ganesha.

adapun buku sbmptn yang saya rekomendasikan adalah buku wangsit education, buku Sistem Kebut semalem, dan Buku The king Sbmptn.

***

Itulah beberapa hal yang saya lakukan ketika masa Gapyear Setelah SMA. Oh ya untuk kalian yang muslim lebih tingkatkan lagi taqwa kalian kepada Allah SWT. Buatlah Kurikulum sholat kalian sendiri sehingga kalian bisa memaksimalkan waktu luang kalian agar lebih bermanfaat.

mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan. apabila kalian punya kesan dan pesan silahkan kirimkan kedalam kolom komentar, terimakasih.

Wassalamualaikum.

irhan hisyam
irhan hisyam Saya Irhan Hisyam. Seorang Blogger, Suka membaca, dan Menulis Semoga memberikan manfaat luas.

Posting Komentar untuk "Apa yang Saya Lakukan Ketika Gap Year Setelah SMA? "