Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

✓ Jenis-Jenis Bayam dan Khasiatnya Bermanfaat bagi Tubuh


Irhanhisyam.com - siapa yang tidak tahu yang sayur yang satu ini ? dari kecil kita sering melihat acara kartun favorit di televisi yang memperlihatkan khasiat dari daun bayam. Konon, dengan memakan bayam kita bisa menjadi kuat dan bertenaga karena zat besi dan berbagai vitamin serta mineral yang terkandung di dalamnya. 

Bayam merupakan salah satu dari sayuran hijau yang sangat mudah dijumpai di sekitar kita. Bayam, yang memiliki nama latin Amaranthus spp., dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Bayam biasanya diolah menjadi sayur bening.


tiap 100 gramnya antara lain :

1. protein ( 3,5 mg ) 
2. lemak ( 8,5 mg )
3. karbohidrat ( 6,5 mg )
4. 36 kalori

Tapi taukah kalian bahwa bayam terbagi menjadi dua jenis?

  1. Bayam cabut (Amaranthus tricolor L.)

Batang bayam cabut atau biasa disebut bayam sekul ada yang berwarna kemerah-merahan (bayam merah) dan ada yang hijau keputih-putihan (bayam putih). Bayam sekul berbunga pada ketiak daun. Jenis bayam ini biasa dijual dengan akarnya dalam bentuk ikatan sebesar lingkaran dua jari. Adapun jenis bayam cabut yang dianjurkan ditanam ialah giti hijau dan giti merah.
2. Bayam tahun (Amaranthus hybridus L.)


Bayam tahun yang biasa disebut bayam sekop atau bayam kakap ini berdaun lebar. Amaranthus hybridus memiliki dua varietas, yaitu varietas caudatus dan varietas paniculatus. Varietas caudatus berdaun agak panjang, berujung runcing, dan berwarna hijau atau merah tua. Bunganya merangkai panjang di ujungujung batang. Sementara itu, varietas paniculatus memiliki dasar daun yang lebar dan berwarna hijau. Rangkaian bunganya panjang dan tersebar di ketiak daun atau cabang, tetapi lebih teratur daripada varietas caudatus.

DI samping itu semua, lalu apa sih manfaat dari sayur bayam ini ? apakah membuat kita sangat kuat seperti kartun  popeey ?  berikut adalah manfaaat nya :

1. Mencegah Penyakit Diabetes

Bayam mengandung antioksidan yang dikenal sebagai Alpha-lipoic-acid. Antioksidan ini mampu menurunkan kadar glukosa dalam tubuh. Selain itu, antioksidan ini juga mampu meningkatkan sensitifitas insulin sehingga dapat menghilangkan stres oksidatif pada pasien diabetes.

2. Melindungi Tubuh Dari Radikal Bebas
Sayur bayam banyak mengandung flavonoid. Setidaknya terdapat 13 senyawa flavonoid yang terkandung dalam bayam. Flavonoid inilah yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas karena bersifat antioksidan. Flavonoid juga merupakan zat antikanker.

3. Dapat Mencegah Penyakit Kanker
Bayam dan sayuran hijau lainnya mengandung klorofil yang terbukti ampuh mencegah efek karsinogenik amina heterosiklik yang dapat menyebabkan kanker.

4. Mengurangi Risiko Terserang Asma
Betakaroten memiliki manfaat salah satunya adalah untuk mengurangi risiko terserang penyakit Asma. Bayam mengandung betakaroten yang cukup tinggi sehingga mengonsumsi bayam secara rutin mampu mengurangi risiko terserang penyakit Asma.

5.Mampu Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi biasanya disebabkan karena tubuh terlalu banyak menyerap natrium. Untuk mengurangi efek natrium tersebut adalah tubuh harus menyerap kalium dengan jumlah yang cukup. Salah satu sayur yang mengandung kalium adalah sayur bayam. Oleh karena itu, bayam mampu menurunkan tekanan darah karena bayam mengandung kalium dengan jumlah yang cukup banyak.
memang banyak sekali manfaat dari sayur bayam ini tapi jangan terlalu banyak mengonsumsinya ini dia efek dari kebanyakan makan bayam 

1. perut kembung

Bayam memang kaya serat yang baik untuk mendukung kesehatan pencernaan tubuh. Namun tubuh juga membutuhkan waktu untuk menyerapnya. Jika kamu terlalu banyak makan bayam, maka serat yang ada akan sulit terserap dan malah menyebabkan perut kembung.

2. Diare


Terlalu banyak makan serat ternyata bisa mengganggu sistem pencernaan, lho.

3. Batu ginjal


Kandungan asam oksalat dalam bayam sangatlah tinggi. Kemudian purin di dalam bayam yang diserap tubuh akan membentuk asam urat dan jika terlalu banyak bisa mengendap dan menjadi penyebab dari pembentukan batu ginjal.

4. Asam urat


Peningkatan jumlah asam urat karena banyak makan bayam bisa menyebabkan nyeri sendi dan radang sendi.

5. Penyerapan mineral dalam tubuh tak maksimal


Lagi-lagi tingginya asam oksalat dalam tubuh bisa mengikat kalsium dan zat besi yang menyebabkan penyerapan mineral ini tak maksimal.




KESIMPULAN

Meski sehat, terlalu banyak mengonsumsi bayam juga tidak baik bagi tubuh, maka konsumsilah secukupnya dan tidak berlebih lebihan karena sesuatu apapun kalau berlebih - lebihan akan tidak baik
irhan hisyam
irhan hisyam Perkenalkan guys nama saya irhan hisyam suka nonton film dan bermain game tapi untuk saat ini fokus buat kebahagiakan orang tua :)

Posting Komentar untuk "✓ Jenis-Jenis Bayam dan Khasiatnya Bermanfaat bagi Tubuh"