Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

✓ 40 Hadits Menerangkan Manfaat Shalat Lengkap


Assalamualaikum,


Shalat adalah tiang agama , dan merupakan salah satu rukun islam. oleh karena itu, cak han akan membagikan artikel tetang hadits yang menerangkan keutamaan shalat.

Sejak kecil kita  harus menanam kan kebiasaan shalat. dan ketika beranjak dewasa shalat akan menjadi suatu kewabjiban.

Ternyata dibalik shalat ada segudang manfaat yang kita  peroleh dilansir dari sehatq  yaitu

1. Baik untuk sistem pencernaan
2. Melancarkan aliran darah
3. membuat tubuh rileks
4. Pergerakan sendi
6. Peregangan tubuh
7. Mengendalikan otot perut
8. dan terapi psikologis

Banyak sekali ilmuwan diluaran sana yang sudah meneliti apa sih manfaat dari shalat untuk tubuh? 

Padahal itu masih dilingkup tubuh bukan di tambah lan-lainnya. saya buat artikel ini atas dasar ingin menumbuhkan agar lebih semangat lagi dalam beribadah terutama shalat yang saya tekankan ini.


Ada sebuah Kisah Bahwasanya Nabi muhammad Saw, melaksanakan sholat malam, Di masjid nabawi lalu ada seorang sahabat melihat Rasululloh saw. sedang shalat maka timbul keinginan dalam hati saya untuk ikut shalat. maka saya berdiri dibelakang beliau. Ketika itu beliau sedang membaca surat al-baqarah. saya pikir, mungkin beliau akan ruku' pada ayat keseratus, tapi ternyata tidak. maka saya berpikir mungkin akan berhenti ayat ke dua ratus. tetapi, sampai disini pun beliau belum berhenti. sehingga saya berpikir mungkin akan berhenti setelah membaca Al- Baqarah.

Kebitika beliau telah selesai membaca surat tersebut, beliau berkali-kali membaca., "Allahumma lakal-hamdu." Kemudian beliau melanjutkan surat Ali imran. saya pikir barangkali beliau akan ruku' setelah selesai membaca surat ini.

tetapi setelah selesai membaca surat ini, Beliau membaca lagi, "Allahumma lakal-hamdu." sebanyak 3 kali, dan meneruskan surat al-maidah.

Setelah menyelesaikan surat ini, barulah Nabi saw. Ruku' dan membaca Subhaaana rabbiyal-Azhiim Dan bacaan lainnya yang saya tidak pahami. lalu beliau sujud membaca Subhaana Rabbiyal A'laa, Kemudian membaca do' a lain yang tidak saya pahami. Setelah itu beliau memulai rakaat kedua

Dan membaca Surat Al-An'aam. Dan saya mulai malas mengikuti shalat beliau. sehingga saya terpaksa meninggalkan shalat beliau .

Padan rakaat pertama saja hampir 5 juz. Dapat dibayang Berapa lama rakaatnya, kaki beliau bengkak. Jika sesuatu telah benar-benar merasa kelezatannya, maka kesulitan dan halangan apa pun tidak akan terasa


syaqiq Balkhi rah.a., seorang  syaikh dan ahli sufi masyhur berkata,” Kita akan mendapat lima hal melalui lima cara:

1. Keberkahan rezeki diperoleh dengan sholat dhuha,

2. Cahaya kubur melalui tahajud,

3. mudah menjawab pertanyaan Mungkar dan Nakir melalui tilawah Al-quran,

4. Mudah melewati shirat melalui shaum dan sedekah,

5. Mendapat perlindungan Arsy Ilahi pada hari Hisab melalui dzikrullah.”(Nazhatul-majalis)



40 Hadits Menerangkan Keberkahan dan Keutamaan Shalat 


  1. Perintah pertama diwajibkan Allah SWT. terhadap umatku ialah shalat. dan yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat ialah shalat.

  2. takutlah kepada Allah swt. dalam melaksanakan shalat. Takutlah kepada Allah swt. dalam masalah shalat. takutlah kepada Allah swt. dalam masalah shalat.

  3. Pemisah antara seseorang dengan syirik adalah shalat.

  4. shalat adalah tanda islam. Barang siapa shalat dengan khusyu’, tepat pada waktunya, dan memperhatikan rukun serta sunah-sunahnya, pastilah ia seorang mukmin.

  5. diantara seluruh perintah Allah swt., iman dan shalat adalah kewajiban yang paling utama. jika ada sesuatu yang lebih baik daripada itu, Allah swt. akan memerintahkan para Malaikat-Nya, yang sebagian di antara mereka pada siang dan pada malam hari ada yang senantiasa ruku’ dan sebagian yang lain ada yang terus bersujud.

  6. shalat adalah tiang agama.

  7. Shalat menghitamkan wajah syaitan.

  8. shalat adalah nur bagi orang-orang beriman.

  9. Shalat adalah jihad yang paling utama.

  10. Selama seseorang memperhatikan shalatnya, Allah swt. tidak akan mengabaikannya. dan jika ia berpaling dari shalatnya, maka Allah swt. akan mengalihkan perhatian-Nya.

  11. Jika suatu musibah turun dari langit, maka orang yang memakmurkan masjijd pasti selamat.

  12. jika seorang muslim dimasukkan ke dalam neraka karena dosa-dosanya yang besar, maka api neraka tidak dapat membakar anggota tubuhnya yang telah bersujud ketika shalat.

  13. Allah swt. mengharamkan api neraka ke atas anggota-anggota sujud.

  14. Amalan yang paling disukai Allah swt. adalah shalat pada waktunya.

  15. Orang yang paling disukai Allah swt. adalah orang-orang yang bersujud kepada-Nya dengan penuh perasaan hina.

  16. Allah swt. Paling dekat dengan hamba-Nya ketika ia bersujud kepada-Nya

  17. Shalat adalah kunci surga.

  18. Jika seseorang berdiri untuk shalat, pintu-pintu surga akan terbuka, dan Allah swt akan menyingkapkan hijab antar ia dengan Alla swt., selama ia tidak melakukan hal-hal yang dibenci dalam shalat.

  19. Orang yang sedang shalat ibarat, pintu-pintu surga akan terbuka, dan Allah swt. dan sebagaimana umumnya, pintu yang diketuk akan di buka.

  20. Kedudukan shalat dalam agama seperti kedudukan kepala pada badan.

  21. Shalat adalah nur hati. Barangsiapa ingin hatinya senantiasa bersinar, maka sinarilah dengan shalat.

  22. Barangsiapa berwudhu dengan sempurna, lalu shalat dua atau empat rakaat dengan khusyu’ dan khudhu’, baik fardhu atau sunnat dan ia ingin dosanya diampuni Allah swt., maka Allah swt. akan mengampuninya.

  23. Setiap bumi diatasnya didirikan shalat untuk mengigat Allahswt., maka tanah itu akan merasa bangga di antara tanah-tanah lainnya.

  24. Barangsiapa shalat dua rakaat lalu berdoá kepada Allah swt., Allah swt. pasti akan mengabulkan doanya. Adakalanya dipercepat  atau diperlambat, sesuai dengan kepentingannya. yang jelas, Doanya akan dikabulkan.

  25. Barangsiapa shalat dua rakaat (sunnat) sendirian, tanpa seorang pun yang melihatnya kecuali Allah swt. dan para malaikat-Nya, maka api neraka tidak akan menyentuhnya.

  26. Jika seorang muslim mendirikan shalat fardhu, maka Allah swt. akan mengabulkan salah satu do’anya

  27. Barangsiapa shalat lima waktu khusyu’; ruku,sujud,wudhu, dan sebagainnya dengan sempurna, maka wajib banginya surga dan haram baginya neraka.

  28. Seorang muslim yang benar-benar menjaga shalat lima waktunya dengan istiqamah, maka syaitan akan takut kepadanya. tetapi jika ia tidak mempedulikan shalat lima waktunya, maka syaitan akan beranikepadanya dan akan menyesatkannya.

  29. Amal yang paling utama adalah shalat pada awal waktu.

  30. Shalat adalah pengurbanan para muttaqin.

  31. Amal yang paling disenangi oleh Allah swt. ialah shalat pada awal waktu.

  32. Barangsiapa pergi pada pagi hari untuk shalat, berarti ia sedang membawa bendera iman ditangannya. dan barangsiapa pergi ke pasar pada pagi hari, berarti ia membawa bendera syaitan di tangannya.

  33. Empat rakaat qabla zuhur menyamai pahala empat rakaat tahajud

  34. Empat rakaat qabla zuhur sama dengan empat rakaat shalat tahajjud.

  35. Rahmat Allah swt. bercucuran ke atas orang yang berdiri dalam shalat.

  36. Sebaik-baik shalat (setelah shalat fardhu) adalah shalat malam, tetapi sangat sedikit orang yang mengerjakannya.

  37. jibril a.s. datang  kepadaku dan berkata, “Ya muhammad, berapa lama pun engkau hidu, engkau akan mati juga. Dan siapa saja yanng engkau cintai, Pada suatu hari engkau akan berpisah dengannya. dan apa pun yang engkau kerjakan. sesungguhnya engkau akan menerima balasan atas perbuatanmu (baik atau jahat).” tidak diragukan lagi bahwa kehormatan seorang mukmin ada pada tahajudnya, dan kemuliaan orang mukmin ada pada istigma (tidak meminta-minta kepada orang lain).

  38. Dua rakaat shalat malam lebih berharga daripada kekayaan di dunia ini. jika tidak memberatkan umatku, akan kuwajibkan shalat tahajjud.

  39. Jagalah shalat tahajjud, karena Tahajjud adalah amalan para shalihin, dan penyebab untuk mendekati Allah swt., menghentikan perbuatan dosa, penyebab diampuninya kesalahan, dan menyehatkan badan.

  40. Allah swt. berfirman, “Hai anak adam, janganlah kalian malas mengerjakan empat rakaat pada permulaan pagi, karena aku akan mencukupi pada hari itu.”


Banyak sekali Hadits yang menerangkan keutamaan dalam shalat. empat puluh hadits sekirannya sudah cukup. Jika ada yang menghafal  40 hadits ini, maka ia akan mendapat keutamaan menghafal empat puluh hadits Nabi saw.


Alhamdulilah sudah berada di penghujung artikel, jika dirasa artike ini bermanfaat kamu bisa like fanspage kami dan share artikel ini agar lebih bermanfaat akhirulkam.


SUMBER:

Buku Himpunan Fadhilah Amal: Maulana Muhammad zakariyya al- Kandahlawi Rah.a.

Wasalamualakum.

irhan hisyam
irhan hisyam Perkenalkan guys nama saya irhan hisyam suka nonton film dan bermain game tapi untuk saat ini fokus buat kebahagiakan orang tua :)

Posting Komentar untuk "✓ 40 Hadits Menerangkan Manfaat Shalat Lengkap "