Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proses Perkecambahan Pada Pertumbuhan


Hallo Sahabat pintar kali ini saya akan membagikan kepada kalian bagaimana sih proses perkecambahan itu ? penasaran ? baca artikel berikut ini 

 perkecambahan adalah proses munculnya plantula atau tanaman kecil dari dalam biji. Adapun perkecambahan dibagi menjadi dua bagian yakni dapat dijelaskan sebagai berikut :

Proses perkecambahan biji


  1. Proses perkecambahan diawali dengan masuknya air ke dalam biji. Biji yang kering akan menyerap air dari lingkungan sekitarnya, proses penyerapan air oleh biji ini disebut dengan istilah imbibisi.
  2. Setelah biji menyerap air, ukuran biji akan mengembang dan membesar menyebabkan kulit biji kadang menjadi pecah.
  3. Air yang masuk akan memicu aktifnya hormon giberelin pada embrio, hormon tersebut kemudian akan memicu sel-sel di lapisan aleuron untuk memproduksi enzim amilase. 
  4. Enzim amilase yang telah dihasilkan akan bekerja di endosperma (cadangan makanan) untuk mengubah pati menjadi gula.
  5. Kemudian gula yang telah dihasilkan akan ditransfer kepada embrio sebagai bahan untuk pertumbuhan embrio.


Jadi secara ringkas proses perkecambahan adalah sebagai berikut:

Air masuk à mengaktifkan giberelin à memicu produksi amilase à amilase memecah pati menjadi gula à gula sebagai bahan pertumbuhan embrio


Jenis / Tipe Perkecambahan

Perkecambahan biji ditandai dengan mulai memanjangnya batang, akar, dan daun yang keluar dari biji. Berdasarkan letak kotiledon-nya, perkecambahan dapat dibedakan menjadi 2 yaitu epigeal dan hipogeal.

perkecambahan epigeal dan hipogeal



  • Perkecambahan Epigeal


Merupakan perkecambahan dimana kotiledon biji terangkat dari tanah ketika biji berkecambah. Terangkatnya kotiledon ini karena di masa awal pertumbuhan embrio bagian hipokotil tumbuh lebih panjang daripada epikotil. Contoh biji yang mengalami perkecambahan epigeal adalah biji kacang merah, kacang hijau, dan biji kacang kapri.


  • Perkecambahan hipogeal


Merupakan perkecambahan dimana kotiledon biji tidak terangkat ketika berkecambah. Tidak terangkatnya kotiledon karena pada masa awal pertumbuhan embrio bagian epikotil tumbuh lebih panjang daripada hipokotil. Contoh biji yang mengalami perkecambahan hipogeal adalah biji padi, jagung, dan rumput-rumputan lain.

  •  macam / jenis pertumbuhan

Pertumbuhan dibagi menjadi dua bagian. Berikut ini adalah 2 macam pertumbuhan yang akan diuraikan secara lengkap sebagai berikut :

1. Pertumbuhan primer

Pertumbuhan primer adalah pertumbuhan yang terjadi karena adanya pembelahan dari sel-sel meristem apikal yang menyebabkan ujung-ujungnya memanjang.

2. Pertumbuhan sekunder

Pertumbuhan sekunder adalah pertumbuhan yang terjadi karena adanya aktivitas pembelahan sel-sel kambium yang menyebabkan akar dan batang membesar.
irhan hisyam
irhan hisyam Perkenalkan guys nama saya irhan hisyam suka nonton film dan bermain game tapi untuk saat ini fokus buat kebahagiakan orang tua :)

Posting Komentar untuk "Proses Perkecambahan Pada Pertumbuhan"