Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

pengertian ilmu kalam secara etimologi dan terminologi


1. Pengertian Etimologi

 Secara harfiah kata Kalam berarti pembicaraan. Dalam pengertian, pembicaraan yang bernalar dan menggunakan logika. Maka ciri utama Ilmu Kalam adalah rasionali￾tas dan logis. Sehingga ia erat dengan ilmu mantiq/logika. Istilah lain dari Ilmu Kalam adalah teologi Islam, yang diambil dari Bahasa Inggris, theology. Ilmu Kalam adalah Ilmu yang membicarakan bagaimana menetapkan kepercayaan￾kepercayaan keagamaan (agama Islam) dengan bukti-bukti yang yakin. Ilmu kalam disebut juga ilmu yang membahas soal-soal keimanan.

 Ada beberapa alasan kenapa ilmu ini dinamai dengan Ilmu Kalam, diantaranya

a. Sebagian para ulama ketika menjelaskan berbagai persoalan dalam hal-hal akidah Islam itu, yang biasa digunakan oleh para filosof. Para ulama menyebut metodenya itu dengan sebutan al-kalām, sehingga mereka disebut ahl-ul kalām, sedang para ϐilosof dapat disebut ahl-il mantiq.

 b. Pada abad ke dua Hijriah ada persoalan yang menggoncangkan umat Islam yaitu tentang persoalan kalāmullāh. Apakah kalamullah itu diciptakan atau bukan, baru (hadis) atau terdahulu (qadīm). 

2. Pengertian Terminologi 

Sedangkan pengertian Ilmu kalam secara terminologi adalah suatu ilmu yang membahas berbagai masalah Ketuhanan dengan menggunakan argumentasi logika dan filsafat. Selain itu,

 definisi Ilmu Kalam juga mempunyai banyak pendapat, antara lain 
a. Ibnu Khaldun mendeϐinisikan Ilmu Kalam adalah disiplin ilmu yang mengandung berbagai argumentasi tentang akidah imani yang diperkuat dalil-dalil rasional. 

 b. Musthafa Abdul Raziq berpendapat bahwa ilmu ini ( ilmu kalam) bersandar kepada argumentasi-argumentsi rasional yang berkaitan dengan akidah imaniah, atau sebuah kajian tentang akidah Islamiyah yang bersandar kepada nalar. c. Imam Abu Hanifah menyebut nama ilmu kalam ini dengan ϔiqh al-Akbar. Menurut persepsinya, hukum Islam yang dikenal dengan istilah ϐiqh terbagi atas dua bagian. Pertama, fiqh al-Akbar, membahas keyakinan atau pokok-pokok agama atau ilmu tauhid. Kedua, fiqh al-Ashghar, membahas hal-hal yang berkaitan dengan masalah muamalah, bukan pokok-pokok agama, tetapi hanya cabangan saja. Dengan demikian Ilmu Kalam adalah ilmu yang membahas berbagai masalah ketu￾hanan dengan menggunakan dasar-dasar naqliyah, maupun argumentasi rasional (‘aqli￾yah). 

Argumentasi naqliyah berupa dalil-dalil Al-Qur'an dan hadis sedang argumentasi rasional yang dimaksudkan adalah landasan pemahaman menggunakan metode ϐikir ϐilosoϐis. Atau ilmu yang membicarakan tentang wujud Tuhan, Allah SWT. Sifat￾sifat yang mungkin ada pada-Nya dan membicarakan tentang rasul-rasul Tuhan, untuk menetapkan kerasulannya dan mengetahui sifat-sifat yang mesti ada padanya, sifat-sifat yang tidak mungkin ada padanya dan sifat-sifat yang mungkin terdapat padanya.
irhan hisyam
irhan hisyam Perkenalkan guys nama saya irhan hisyam suka nonton film dan bermain game tapi untuk saat ini fokus buat kebahagiakan orang tua :)

Posting Komentar untuk "pengertian ilmu kalam secara etimologi dan terminologi"