Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teori masuknya agama islam di indonesia dan buktinya

1. Teori Gujarat 
Zetsu13- Teori ini dikemukakan oleh Snouck Hurgronje, W.F. Sutterheim, dan B.H.M. Vlekke. Menurut teori .ini, agama Islam yang ada di Indonesia bukanlah berasal dari Arab, melainkan dari Gujarat, India.

bukti : batu nisan Malik aI-Saleh, Sultan Samudera Pasai (meninggal tahun 1297 M), yang bercorak Gujarat. 

Selain itu, berdasarkan berita Marco Polo)saudagar Venesia yang dalam perjalanannya pernah Singgah di Perlak (Peureula) pada 1292, banyak terdapat penduduk lokal yang beragama Islam. Para pedagang India berperan dalam penyebaran agama tersebut.

2. Teori Arab

Zetsu13 - Teori ini dikemukakan oleh J.C. Van Leur, T.W. Arnold, dan Groeneveldt. Menurut teori ini, agama Islam yang berkembang di Indonesia dibawa oleh para pedagang Arab pada abad VII M. Buktinya adalah adanya permukiman Islam tahun 674 di Baros, pantai barat Sumatra.
      Menyangkal teori Gujarat, teori Arab meyakini Islam yang berkembang di Samudera Pasai menganut mazhab Syafi'i, mazhab besar di Mesir dan Mekkah pada itu. Adapun daerah Gujarat menganut mazhab Hanafi. Selain itu, para sultan Pasai menggunakan gelar aI-malik, gelar yang lazim dipakai di Mesir pada saat itu.

Bukti : 
Makam Fatimah binti Maimun (berangka tahun 1082) yang ditemukan di Gresik, Jawa Timur, juga menjadi petunjuk bahwa Islam telah berkembang di Nusantara sebelum abad XII.

3. Teori Persia

Zetsu13 - Teori ini didukung oleh Husein Djajadiningrat. Menurut teori ini, Islam di Indonesia dibawa masuk oleh orang-orang Persia sekitar abad XIII.

bukti : adanya aliran Syiah di Nusantara. Beberapa tradisi Syiah juga dilakukan di Indonesia,
seperti peringatan Tabut/Tabuik setiap tanggal 10 Muharam atau 1 Asyura untuk memperingati wafatnya Hasan dan Husein, cucu Nabi Muhammad SAW, di Sumatra Barat dan Bengkulu. Upacara ini juga merupakan ritual tahunan di Persia.

irhan hisyam
irhan hisyam Perkenalkan guys nama saya irhan hisyam suka nonton film dan bermain game tapi untuk saat ini fokus buat kebahagiakan orang tua :)

Posting Komentar untuk "Teori masuknya agama islam di indonesia dan buktinya"