Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Ekspor dan impor lengkap

zetsu13 - Mengapa berbagai negara melakukan perdagangan? Alasan yang paling nyata adalah karena setiap negara tidak dapat menghasilkan sendiri barang yang dibutuhkannya. Oleh karena itu hubungan perdagangan antarbangsa dimaksudkan untuk membeli dan menjual barang dari suatu negara. Atau proses pertukaran barang yang dilakukan antarnegara untuk memenuhi kebutuhan rakyat negara yang bersangkutan. Proses pertukaran barang dan jasa ini mempunyai tujuan antara lain:

a. untuk memenuhi kebutuhan masyarakat suatu negara, 
b. mempercepat pembangunan yang dilaksanakan oleh suatu negara, dan 
C. meningkatkan kesejahteraan penduduk suatu negara. 

Kegiatan pertukaran barang yang dilakukan antar bangsa ini menimbulkan kegiatan ekspor dan impor. Tahukah kalian yang dimaksud ekspor dan impor? Ekspor adalah kegiatan menjual barang dari dalam negeri ke luar negeri Contohnya pedagang Indonesia menjual jamu kepada pedagang jepang. Ini artinya pedagang Indonesia tersebut telah melakukan kegiatan ekspor. Adapun jamu yang dijual disebut barang ekspor Sementara pedagang Indonesia yang menjual jamu disebut eksport Sudah pahamkah kalian tentang  pengertian ekspor? Sekarang mari kita cari tahu tentang pengertian impor.
     Kegiatan impor adalah kebalikan dari kegiatan ekspor. Impor yaitu kegiatan membeli barang dari negara lain. Contohnya negara kita belum mampu memproduksi sendiri motor dan mobil. Oleh karena itu Indonesia perlu membelinya dari jepang. jadi motor atau mobil yang digunakan ayah bekerja dan mengantarkan kalian sekolah termasuk barang impor. Dengan demikian barang impor adalah barangbarang yang dibeli oleh suatu negara dari negara lain. Adapun pedagang Indonesia yang membeli motor dari jepang disebut importir. Dapatkah kalian memberi contoh barang barang buatan luar negeri yang lain di sekitar kalian?

irhan hisyam
irhan hisyam Perkenalkan guys nama saya irhan hisyam suka nonton film dan bermain game tapi untuk saat ini fokus buat kebahagiakan orang tua :)

Posting Komentar untuk "Pengertian Ekspor dan impor lengkap"