Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Koligatif dan Jenis Sifatnya



Nelayan mengawetkan ikan menggunakan es baru. sejumlah garam ditambahkan pada es batu agar temparaturnya menjadi lebih dingin. Demikian juga pedagang es tungtung keliling menggunakan es batu dicampur garam. Mengapa es batu yang dicampur garam menjadi lebih dingin ? itulah salah satu contoh sifat Koligatif larutan. dalam hal ini, kamu akan menjelajahi segala sesuatu tentang sifat koligatif.
  1.  Apakah Sifat Koligatif Itu ? 
Kata koligatif berasal dari kata lain  colligare yang berarti "berkumpul bersama" Sifat koligatif larutan adalah sifat larutan yang tidak bergantung pada jenis zat terlarut, tetapi hanya bergantung pada jumlah partikel zat terlarut dalam larutan. Sifat koligatif larutan dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu sifat koligatif larutan nonelektrolit dan sifat koligatif larutan elektrolit.=

    2 . Sifat-sifat Apa Saja Yang Merupakan Sifat Koligatif ?
Pembentukan  larutan (zat terlarut + pelarut) hanya sedikit pengaruhnya terhadap sifat zat kimia zat terlarut . Akan tetapi, Jika zat terlarut tadi dicampur dengan pelarutnya untuk membentuk larutan, Sifat fisisnya akan berubah drastis.
    Adannya zat terlarut menyebabkan terjadinya penurunan tekanan uap (ΔP), kenaikan titik didih (ΔTb), dan penurunan titik beku (ΔTf). Sifat-sifat itulah yang kemudian disebut sebagai sifat koligatif larutan, selain itu, Tekanan osmosis () yang timbul akibat peristiwa osmosis antara dua larutan yang berbeda konsentrasi juga dimaksudkan dalam sifat koligatif larutan.
irhan hisyam
irhan hisyam Perkenalkan guys nama saya irhan hisyam suka nonton film dan bermain game tapi untuk saat ini fokus buat kebahagiakan orang tua :)

Posting Komentar untuk "Pengertian Koligatif dan Jenis Sifatnya"