Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Objek Studi Formal dan Objek Studi Material Geografi


hari ini zetsu13 akan  men-share objek studi geografi  dari akar-akarnya
Objek Studi Geografi ada dua macam, yaitu objek studi material dan objek studi formal.
  1. Objek studi Material Geografi
Objek studi material geografi  merupakan objek yg dipelajari dalam geografi, yaitu semua fenomena yang terdapat dan terjadi di geosfer, meliputi litosfer, hidrosfer, atmosfer, biosfer, dan antroposfer.
a. Litosfer
     Litosfer adalah lapisan kulit bumi yang terletak antara permukaan bumi sampai kedalaman 1.000 Km. Bagian padat dari litosfer dapat digolongkan menjadi 3, yaitu batuan, sedimen, dan tanah. Terdapat hubungan antara batuan dan tanah karena batuan merupakan sumber mineral bagi tanah yang penting untuk pertumbuhan tanaman.

Litosfer merupakan tempat bagi makhluk hidup berada, khususnya manusia yang tinggal dipermukaan bumi.
b. Hidrosfer
     Hidrosfer adalah lapisan air yang terdapat di dalam bumi, di permukaan bumi, dan di udara. Lapisan air meliputi laut, sungai, danau, rawa, dan air tanah. Air dalam berbagai bentuk merupakan komponen alamiah yang sangat penting bagi kehidupan di bumi.
    manusia selalu membutuhkan air dalam kehidupan sehari-hari ,misalnya untuk mandi, mencuci, dan memasak . demikian juga binatang dan tumbuhan membutuhkan air agar tetap hidup. 
c. Atmosfer
     Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti bumi. berdasarkan perbedaan suhunya atmosfer dibagi menjadi empat lapisan, yaitu troposfer, stratosfer, mesosfer, dan termosfer. Atmosfer yang terdiri atas bermacam-macam gas dan uap air sangat penting dalam ekosistem karena secara langsung mempengaruhi kehidupan organisme di bumi.
d. Biosfer
    Biosfer merupakan sistem kehidupan paling besar karena merupakan gabungan ekosistem yang ada di planet bumi. sistem itu mencakup seluruh makhluk hidup yang berinteraksi dengan lingkungannya sebagai kesatuan yang utuh.
e. Antroposfer
    Antroposfer adalah lingkungan manusia dan kehidupannya di permukaan bumi. Di dalam hal ini geografi mempelajari persebaran keanekaan budaya dan ragam fisik manusia dalam ruang (wilayah). Sebagai contoh, dapat diperhatikan bahwa permukaan bahwa di permukaan bumi terdapat berbagai macam ras yang menempati berbagai kawasan, antara lain Asia Timur, Asia Barat, Asia Selatan,Afrika Barat, Amerika, dan Australia.

2.  Objek Studi Formal Geografi

       Obyek studi formal geografi adalah sudut pandang atau cara pandang dan cara berpikir mengenai obyek material. Di dalam obyek studi formal itu geografi melihat fenomena-fenomena yang terjadi di permukaan bumi dari sudut pandang keruangan. Menurut Heslinga (1975), terdapat 3 hal pokok untuk mempelajari obyek formal dari sudut pandang keruangan, yaitu sebagai berikut :
a. Pola persebaran fenomena di permukaan bumi.
b. Interaksi dan integrasi antarfenomena
c. perkembangan yang terjadi pada fenomena tersebut, baik dalam wilayah sendiri maupun antar wilayah.

JANGAN LUPA LIKE,COMMENT DAN SHARE :) THANKS
irhan hisyam
irhan hisyam Perkenalkan guys nama saya irhan hisyam suka nonton film dan bermain game tapi untuk saat ini fokus buat kebahagiakan orang tua :)

Posting Komentar untuk "Objek Studi Formal dan Objek Studi Material Geografi"