Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli dan KBBI Lengkap

pengertian budaya
sekaten merupakan bagian dari budaya
 Welcome to zetsu13 tempatnya sharing Ilmu imtaq dan iptek kali ini saya akan post pengertian budaya menurut para ahli dan KBBI (kamus besar bahasa indonesia )
 1). Pengertian Budaya 

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sanskerta buddayah yang berarti budi atau akal. kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Berikut ini terdapat beberapa pendapat tentang kebudayaan. 
Koentjaraningrat

A). Koentjaraningrat
Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia belajar. 
Edward B. Taylor

B). Edward B. Taylor 
     Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat-istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat oleh seseorang sebagai anggota masyarakat.
Ki Hajar Dewantara
C).Ki Hajar Dewantara
     Kebudayaan berarti buah budi manuusia. kebudayaan adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran di dalam hidup dan penghidupanya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.

   Dari berbagai definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa kebudayaan adalah sistem pengetahuan yang meliputi ide gagasan yang terdapat di dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni dan lain-lain, yang kesemuanya ditunjukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan masyarakat.

   Jadi, yang dimaksud budaya islam adalah keseluruhan sisem yang kompleks, meliputi ide, gagasan, moral, dan pengetahuan yang didalamnya terdapat nilai-nilai islam. kedatangan agama islam tidak serta merta mengubah nilai-nilai baru yang islami terdapat budaya yang sudah ada, sehingga setiap perilaku budaya itu bernilai ibadah di mata Allah SWT.

# Menurut KBBI budaya/bu·da·ya/ n 1 pikiran; akal budi: hasil --; 2 adat istiadat: menyelidiki bahasa dan --; 3 sesuatu mengenai kebudayaan yang sudah berkembang (beradab, maju): jiwa yang --; 4 cak sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan yang sudah sukar diubah;-- global budaya yang salah satu atau sejumlah unsurnya memiliki kemiripan atau serupa antara satu wilayah budaya (biasanya mengacu pada batas wilayah kedaulatan negara) dan wilayah budaya yang lain;
-- malu 1 cak sikap bawahan yang kurang berani mengatakan keadaan yang sebenarnya terhadap atasan; 2 sikap pegawai (karyawan dan sebagainya) yang merasa malu jika berbuat tidak terpuji atau tidak senonoh;
-- pemilikan kecenderungan manusia mencari, memperoleh, menggunakan, dan menyimpan barang;
-- politik pola sikap, keyakinan, dan perasaan tertentu yang mendasari, mengarahkan, dan memberi arti kepada tingkah laku dan proses politik dalam suatu sistem politik, mencakup cita-cita politik ataupun norma yang sedang berlaku dalam masyarakat politik;
-- wilayah kecenderungan manusia mendapat ruang hidup yang sepadan, baik yang berbentuk fisik, psikologis, maupun keorganisasian
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANYA
irhan hisyam
irhan hisyam Perkenalkan guys nama saya irhan hisyam suka nonton film dan bermain game tapi untuk saat ini fokus buat kebahagiakan orang tua :)

Posting Komentar untuk "Pengertian Budaya Menurut Para Ahli dan KBBI Lengkap"